SMK Jurusan Tata Boga Di Bandung

SMK jurusan tata boga di bandung – Jika anda berada di daerah bandung dan sedang mencari kompetensi keahlian lanjutan untuk anak setelah lulus smp, tidak perlu khawatir lagi. Di pembahasan kita kali ini akan kita ulas SMK apa saja yang memliki jurusan tata boga khususnya di kota bandung. Penasaran apa saja? Mari langsung ke artikel di bawah ini.

Jurusan tata boga

Tata boga merupakan mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk Jurusan tata boga.

Pengertian Tata boga sendiri adalah salah satu ilmu pengelolaan masakan yang mempelajari teknik penyajian makanan dan minuman dengan memperhatikan estetika, kualitas rasa dan keutuhan nutrisi.

Dibidang ini kamu juga bisa mencakup bagaimana cara makanan dan minuman disiapkan menjadi sebuah hidangan regional dan nasional. Dijurusan ini memang identik dengan dunia kuliner.

Mata pelajaran jurusan tata boga

Ada beberapa mata pelajaran dijurusan tata boga. Berikut ini adalah daftar lengkap mata pelajaran Jurusan Tata Boga diantaranya :

  1. Ilmu Gizi
  2. Tata Hidang
  3. Keamanan Pangan (Sanitasi, Higienis dan Keselamatan Kerja)
  4. Pengetahuan Bahan Makanan
  5. Boga Dasar
  6. Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia dan Kontinental
  7. Produk kreatif dan kewirausahaan
  8. Produk Cake dan Kue Indonesia
  9. Produk Pastry dan Bakery
  10. Kepariwisataan
  11. Simulasi dan Komunikasi Digital

Prospek kerja

SMK Jurusan Tata boga Di Bandung

Dijurusan Tata Boga ini memiliki prospek kerja yang luas. Berikut ini ada beberapa prospek kerja untuk lulusan jurusan tata boga diantaranya :

Koki

Setelah kamu lulus dari jurusan tata boga, kamu juga bisa memilih pilihan utama karirmu yaitu menjadi seorang koki. Koki sendiri memasak makanan dengan baik untuk disajikan kepada pelanggan.

Seorang koki juga sangat dibutuhkan di perusahaan atau prinsip organisasi yang bergerak dibidang jasa dan kuliner, seperti hotel, villa, restoran, dan katering.

Apalagi pada saat ini dengan perekonomian yang terus berkembang.

Konsultan Gizi dan Pangan

Dijurusan ini Kamu bisa mengalirkan ilmu tata boga dengan bekerja sebagai konsultan gizi dan pangan, baik untuk individu maupun perusahaan di bidang pangan.

Baca Juga :  Keunggulan dan Kelemahan Jurusan OTKP SMK

Untuk mendapat karier di profesi ini, kamu harus memiliki pengetahuan mendasar seputar ilmu gizi, teknik pengolahan makanan, permasalahan konsumsi gizi, standar kelayakan produk pangan, serta pengetahuan mendalam seputar tren konsumsi pangan dan kamu juga harus memiliki kemampuan berbicara di tempat umum, keahlian sosial, serta mampu menyampaikan gagasan sesederhana mungkin agar dapat menjangkau banyak orang.

Asisten Koki

Jika Kamu belum merasa percaya diri untuk menjadi seorang chef profesional, maka Kamu bisa mendalami karir menjadi seorang asisten koki. Nantinya Kamu juga bisa belajar dengan koki profesional dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari mereka.

Pelayan Restoran Di Hotel

Jika Kamu tertarik untuk bekerja di hotel, maka Kamu bisa menjadi pelayan restoran di hotel. Peluang kerja ditata boga yang satu ini juga menjanjikan dan tugasnya pun relatif mudah.

Wirausaha

Prospek karir berikutnya adalah sebagai wirausaha. jadi dijurusan ini Kamu dapat membuat berbagai usaha kuliner sesuai dengan kemampuan serta bakat dan prinsip ilmu yang diperoleh dari Persia jurusan Tata Boga.

Barista

Di Jurusan Tata Boga ini juga memberikan ilmu untuk menghidangkan dan mengelola minuman. Tidak hanya berhubungan dengan makanan, Namun Kamu juga bisa berkarir menjadi seorang barista. pekerjaan ini Kamu akan berhubungan dengan meracik minuman.

Jadi itulah sedikit gambaran mengenai prospek kerja dari jurusan Tata boga. Tapi sebenarnya masih banyak sekali profesi yang sejalan dengan jurusan tata boga ini, namun tidak mungkin saya sebutkan semuanya.

SMK Jurusan Tata Boga Di bandung

Berikut ini adalah daftar Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri maupun Swasta yang mempunyai Jurusan Tata Boga / Jasa Boga di Kota Bandung, yaitu :

SMK Negeri 9 Bandung

Sekolah yang pertama adalah SMK Negeri 9 Bandung. Untuk di sekolah ini tersedia beberapa jurusan seperti tata boga, perhotelan, tata kecantikan rambut dan kulit, tata busana, dan juga desain komunikasi visual.

Untuk masalah fasilitas tidak perlu diragukan. Karena sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang memiliki fasilitas memadai untuk kegiatan belajar mengajar mereka.

SMK Negeri 15 Bandung

Sekolah selanjutnya adalah SMK Negeri 15 Bandung. Salah satu sekolah unggulan ini memiliki beberapa kompetensi keahlian seperti pekerjaan social, perhotelan, tata boga dan juga multimedia.

Sekolah ini memfasilitasi siswanya dengan berbagai fasilitas pendukung mulai dari laboratorium computer, teaching factory dan fasilitas lainnya. Sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara maksimal.

SMK BPP Bandung

Ada juga sekolah bernama SMK Balai perguruan putri bandung.

Baca Juga :  Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Sekolah ini memiliki beberapa kompetensi keahlian mulai dari tata boga, OTKP, perhotelan, rekayasa perangkat lunak, dan juga tata busana.

Jika anda memiliki seorang putri yang sudah lulus sekolah maka anda bisa memasukkannya ke dalam sekolah yang satu ini.

SMK Bahagia Bandung

Sekolah selanjutnya yang memiliki jurusan tata boga adalah SMK Bahagia Bandung. Di sekolah ini selain jurusan tata boga ada juga jurusan lainnya seperti teknik kompter jaringan dan juga perhotelan.

Sekolah yang terletak di jalan kliningan III no. 11 bandung ini, tentunya bisa anda jadikan sebagai salah satu pilihan untuk meneruskan jenjang pendidikan siswa anda.

SMK ICB Cinta Wisata Bandung

Sekolah berikutnya yang menyediakan jurusan tata boga adalah SMK ICB Cinta Wisata Bandung.

Di sekolah ini menggunakan proses belajar yang interaktif sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.

Sekolah ini Menyediakan beberapa jurusan lain seperti usaha perjalanan wisata dan akomodasi perhotelan.

SMK RA Kartini Bandung

Selanjutnya adalah sekolah yang bernama SMK RA Kartini Bandung.

DI sekolah ini terdapat jurusan yang cocok dipilih sebagai pilihan melanjutkan sekolah seperti tata boga dan juga tata busana.

Setelah lulus nantinya siswa bisa terjun ke dalam dunia kerja seperti berwiraswasta ataupun masuk di lingkungan kerja yang sesuai dengan program keahlian yang mereka ambil.

SMK SMIP YPPT Bandung

Ada juga sekolah bernama SMK SMUP YPPT Bandung. Sekolah ini termasuk sekolah pariwisata pertama di inonesia yang pada saat itu didirikan pada tahun 1978.

Untuk program keahlian yang tersedia di sekolah ini seperti usaha perjalanan wisata, akomodasi perhotelan, dan juga tata boga tentunya.

Jurusan  yang ada di sekolah ini tentunya sudah terakreditasi A sehingga kualitas yang diberikan sudah tidak perlu diragukan lagi.

SMK Tadika Puri Bandung

Dan yang terakhir tapi bukan paling akhir adalah SMK Tadika Puri Bandung. Sekolah ini berlokasi di jalan Soekarno hatta No.729 Bandung.

Sekolah ini memiliki kompetensi keahlian seperti teknik computer dan jaringan, akomodasi perhotelan, jasa boga, dan juga rekayasa perangkat lunak.

Tentunya akreditasi kompetensi keahlian yang ada sebagian sudah terakreditasi A. Sehingga kualitas pendidikannya sudah terjamin.

Dan masih banyak sekolah lainnya yang memiliki jurusan tata boga ini.

Sekian dulu pembahasan kita tentang SMK Jurusan Tata boga di Bandung. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari informasi tentang SMK Jurusan tata boga di bandung.

Jangan lupa kunjungi website pklsmk.com untuk mendapatkan informasi lainnya seputar dunia SMK.

Related Article…