SMKN 9 Bandung

SMKN 9 bandung – untuk anda siswa – siswi di daerah kota bandung dan sedang sekolah lanjutan khususnya untuk sekolah menengah kejuruan, ada salah satu sekolah yang dapat anda pilih yaitu SMKN 9 Bandung. Jurusan apa saja yang ada di sekolah ini? Simak pembahasan berikut. 

Jurusan yang ada

Ada beberapa jurusan yang tersedia di sekolah menengah kejuruan negeri 9 bandung ini.   jurusan ini yaitu : 

Usaha perjalanan wisata

Program keahlian usaha perjalanan wisata (UPW) merupakan program keahlian yang mempelajari tentang kegiatan bersifat komersial yang mengatur, menyediakan, dan berhubungan dengan penyelenggaraan pelayanan.

Penyelenggaran pelayanan ini berhubungan dengan perjalanan dengan tujuan wisata. Jurusan ini akan berhubungan dengan bagaimana mengatur pelayanan untuk wisatawan, mulai dari pembuatan itinerary sampai keperluan budgeting kegiatan wisata.

Pembelajaran nantinya juga berhubungan dengan melakukan penelitian untuk keperluan pembangunan daerah wisata dan program pemberdayaan masyarakat sekitar.

Sehingga terdapat juga pembelajaran tentang pelestarian budaya dan dapat menjadi daya tarik turis lokal dan mancanegara. 

Perhotelan

Jurusan perhotelan adalah salah satu jurusan yang tersedia di jenjang SMK. program keahlian ini akan belajar tentang komunikasi industri perhotelan, sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja. Room division dan lainnya. 

Tata boga

Ada juga jurusan di SMK yang belajar tentang penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi.

Baca Juga :  SMK Tridaya Bekasi

Jurusan ini bernama jurusan tata boga. Di sini siswa akan belajar tentang pengolahan berbagai hidangan daerah dan dari berbagai negara. 

Tata kecantikan rambut dan kulit

Ada juga jurusan tentang tata kecantikan rambut dan kulit di program keahlian SMK.

Program ini akan berfokus pada bidang pembuatan busana dalam pengelolaan dan penyelenggaraan usaha busana serta bisa berkompetisi dalam rangka pengembangan sikap profesional dalam tata busana. 

Tata busana

Jurusan ini akan berfokus pada ilmu perancangan busana. Siswa yang masuk di jurusan ini akan belajar bagaimana mendesain, seluk beluk produksi busana atau fashion, pembuatan pola pada busana, dan menjahit. 

Desain komunikasi visual

Jurusan desain komunikasi visual atau DKV merupakan jurusan yang termasuk dalam cabang ilmu desain yang belajar tentang ungkapan kreatif, teknik dan media dengan pemanfaatan elemen visual.

Elemen visual atau rupa nantinya akan dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu. 

Alamat

SMKN 9 Bandung

SMKN 9 Bandung terletak di jalan soekarno-hatta KM 10 RT 009, RW 006 kelurahan jatisari, kecamatan buahbatu, bandung jawa barat.

Lokasinya dapat anda akses dengan mudah menggunakan kendaraan darat seperti sepeda, mobil, sepeda motor, atau menggunakan kendaraan darat lainnya.

Sekolah ini dapat anda mudah ditemukan karena posisinya tidak terlalu jauh dari samsat kawaluyaan. 

Visi Misi sekolah

Sekolah menengah kejuruan ini memiliki visi terwujudnya sekolah SMK juara sebagai center of excellent (pusat keunggulan) yang menghasilkan berwawasan yang kompetitif, kreatif, inovatif, berwawasan nasional, dan berbudaya lingkungan berdasarkan iman dan taqwa (IMTAQ) pada tahun 2023. 

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Depok

Untuk mencapai visi tersebut, Sekolah menengah kejuruan Negeri 9 bandung memiliki misi yaitu : 

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang adaptif terhadap perubahan zaman
  2. Meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik pendidik melalui program magang guru, in house training (IHT), workshop di dalam dan luar negeri.
  3. Mewujudkan pembelajaran berbasis kurikulum industri, mengacu pembelajaran abad 21.
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah berbasis industri dan industri 4.0.
  5. Meningkatkan kompetensi kebekerjaan peserta didik melalui praktek kerja lapangan (PKL) minimal 6 bulan. 
  6. Meningkatkan kompetensi kewirausahaan peserta didik melalui kegiatan production house (PH 9) dan teaching factory (TEFA). 
  7. Meningkatkan pengelolaan berbasis data IT. 
  8. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui kegiatan kerohanian bagi peserta didik. 
  9. Meningkatkan kedisiplinan, kemandirian dan kepemimpinan melalui kegiatan OSIS dan ekstrakurikuler bagi peserta didik.
  10. Membudayakan literasi 3S (senyum, sapa, salam) dan 3R (reduce, reuse, dan recycle) kepada seluruh warga sekolah
  11. Mengoptimalkan sertifikasi kompetensi melalui LSP P1 dan CATC untuk peserta didik.
  12. Mengoptimalkan sertifikasi kompetensi melalui uji kompetensi berbasis produk dan jasa dari IDUKA bagi peserta didik.
  13. Optimalisasi dana BOS, BOPD, dana masyarakat dan corporate social responsible (CSR) dari IDUKA, untuk biaya operasional sekolah dengan pengelolaan yang transparan dan akuntabel. 

untuk info tentang SMK lainnya silahkan kunjungi https://pklsmk.com.

Related Article…