SMK Jurusan Tata Boga

Hai Readers dan Eaters! Siapa sih yang di sini tidak suka makan? Apalagi sekarang itu sedang maraknya makanan dengan variasi baru. Apabila, Kalian yang tertarik dengan dunia kuliner dan ingin masuk sekolah kejuran. Maka, SMK Jurusan Tata Boga adalah solusi yang tepat untuk mengasah minat Kalian.

Dunia perkulineran seperti jalan tak berujung. Dengan arti lain, akan selalu berkembang yang disesuaikan dengan selera manusia.

Untuk memantapkan niat Kalian untuk memilih jurusan ini, keep reading ya!

Pengertian SMK Jurusan Tata Boga

Pengertian Jurusan Tata Boga

Pengertian Jurusan Tata Boga

Tata Boga adalah ilmu seni mengelola masakan yang di dalamnya termasuk ruang lingkup makanan. Mulai dari persiapan, pengelolahan, hingga dengan tahapan menghidangkan makanan, baik makanan tradisional dan modern.

Di jurusan tata boga akan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan memasak, penyajian masakan, serta pemahaman yang komperhensif tentang kandungan gizi / nutrisi yang ada pada setiap masakan.

Dalam Tata Boga terdapat beberapa prinsip dan teknik dasar pengelolaan makanan. Diantaranya, yaitu blanching, poaching, boiling, steaming, braising, roasting & baking, grilling & broiling, pan frying, sauteing, deep frying, dan lain sebagainya.

Materi di SMK Jurusan Tata Boga

materi Tata Boga

materi Tata Boga

jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus, maka harus menyajikan ilmu yang tepat pula. Yuk simak materi yang akan didapatkan ketika masuk SMK Jurusan Tata Boga.

  1. Kewirausahaan

Tak jarang dari lulusan ini untuk memilih jalur wirausaha. Maka dari itu, ilmu ini perlu untuk dipelajari.

  1. Sanitasi, Higiene, dan Keselamatan Kerja

Seorang chef dan kitchen crew sudah sepatutnya mengerti cara menjaga keselamatan. Selain itu, menjaga higienitas dan menggunakan sanitasi dengan benar juga perlu dikuasai.

  1. Boga Dasar

Berbagai seluk – beluk tentang dasar boga akan Kalian pelajari di sini.

  1. Ilmu Gizi

Tidak hanya soal kelezatan dan estetika saja. Akan tetapi, dalam Tata Boga gizi juga perlu diperhatikan. Untuk itulah, seorang ahli Boga harus paham tentang ilmu gizi.

  1. Tata Hidang

Tata hidang ini merupakan ilmu tentang keestetikan hidangan. Di sini akan diajarkan bagaimana platting dan serving yang baik dan menarik. Kemudian, Kalian akan merasakan betapa menegangkannya saat menyajikan hidangan dalam sebuah program adu masak.

  1. Pengelolahan dan Penyajian Makanan Kontinental

Mulai dari Carpaccio, Pasta, hingga Roast dan Pudding harus Kalian kuasai.

  1. Pengelolahan dan Penyajian Makanan Indonesia

Sebagai warga Nusantara, Kalian harus menguasai cara pembuatan masakan tradisional. Bahkan, bila perlu sudah di luar kepala.

  1. Pengelola Usaha Boga

Manajemen mengelola usaha akan Kalian pelajari di sini. Sebagai pembekalan ketika Kalian hendak buka usaha Boga.

  1. Pengembangan Produk Kreatif

Seorang ahli Boga harus paham bagaimana mengembangkan produk kreatif sebagai keunikan ciri khas bangsa.

  1. Pelajaran Umum

Pelajaran umum layaknya pelajaran SMA, seperti Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, hingga Pendidikan Agama akan Kalian dapeti pula.

Baca Juga :  Jurusan Analis Kesehatan

 

PKL SMK Jurusan Tata Boga

PKL SMK Tata Boga

PKL SMK Tata Boga

Di SMK, pemahaman ilmu secara materi saja tidak cukup. Maka dari itu, mengimplemtasikan materi dalam praktik merupakan hal yang wajib. Bentuk penerapan ini akan dilakukan ketika PKL kepanjangan dari praktik kerja lapangan. Pelaksanaan PKL berbeda pada setiap sekolah tergantung pada kebijakan masing – masing. Begitu pula dengan lama waktu pelaksanaannya.

Sebelum siswa berangkat ke tempat magang, sekolah akan memberikan pembekalan. Tujuan dengan adanya pembekalan ini adalah supaya siswa mempunyai gambaran ketika masuk dalam dunia magang. Setelah itu, barulah siswa dikirim sekolah untuk magang ke tempat yang sudah ditentukan.

Untuk siswa Tata Boga, biasanya akan dikirim ke restaurant, hotel, atau toko makanan. Ketika melaksanakan PKL, siswa akan menerapkan ilmu yang mereka sudah pelajari. Namun, tak dapat menutup kemungkinan bahwa mereka akan mendapatkan ilmu yang di sekolah tidak diajari. Contohnya, siswa yang mendapatkan tugas PKL di hotel dan penempatan di mainkitchen buffet. Di sana siswa akan belajar cara membuat prepare alacarte. Selain itu, mereka juga diajarkan membuat hidangan – hidangan sup dan hidangan utama. Di sana mereka bertemu dengan orang baru, hal itu lah yang dapat mereka pelajari tentang kerasnya dunia kerja.

Baca Juga :  Jurusan Agribisnis Pertanian

Setelah melaksanakan tugas PKL, maka setiap siswa wajib hukumnya menyerahkan hasil jurnal magang dalam bentuk laporan. Sistem penyusunan laporan pun harus rapih dan tepat.

Berikut susuan laporan PKL yang benar:

  1. Cover
  2. Lembar pengesahan
  3. Kata pengantar
  4. Pernyataan otentik
  5. Daftar isi
  6. Daftar gambar dan lampiran
  7. Bab pendahuluan
  8. Bab isi laporan
  9. Bab penutup
  10. Daftar pustaka

 

Prospek Kerja SMK Jurusan Tata Boga

Prospek Kerja Jurusan Tata Boga

Prospek Kerja Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga pada dasarnya memiliki prospek kerja yang bagus dan luas lho. Mengingat bahwa dunia kuliner tidak akan habis trandnya dan akan terus berkembanng. Maka, jurusan ini memiliki peluang besar di masa yang akan datang. Baik menjadi pembisnis ataupun tenaga kerja.

Berikut propek kerja pada SMK jurusan Tata Boga

  1. Pengusaha Kuliner

Skill yang sudah diasah ketika SMK, tidak sedikit orang terjun untuk membuka usaha makanan.

  1. Asisten Koki

Pekerjaan ini akan cocok untuk lulusan Tata Boga. Dengan kemampuan yang matang dalam kuliner, tentunya lulusan Tata Boga akan menjadi asisten koki yang baik.

  1. Waiters atau Pelayan Restaurant

Jika Kalian menyukai dunia perhotelan, maka tidak salahnya untuk mencoba pekerjaan ini.

  1. Baker

Selanjutnya, Kalian dapat menjadi seorang beker di toko roti.

  1. Staff Catering

Saat ini sudah banyak perusahaan membutuhkan staff catering untuk memenuhi kebutuhan pasar. Bahkan dengan gaji yang tidak kalah besar. Maka dari itu, staff catering mungkin akan cocok untuk Kalian.

Alhamdulillah sudah di akhir pembicaraan kita saat ini. Semoga artikel ini dapat membantu Kalian untuk menemukan informasi ya.

Dan juga saya ucapkan terimakasih untuk Kalian yang telah membaca.

Untuk informasi lebih lanjut seputar SMK, Kalian dapat mengeceknya di website kami ya.

Related Article…