SMK Akuntansi

Hai… sobat !!! Sebelum membahas SMK Akuntansi, di sini saya mau kasih tau. Bagi kalian yang mau masuk SMK lalu bingung mau milih jurusan apa, nih saya kasih saran jurusan Akuntansi. Eeiittss jangan pusing dulu .. Kalau jurusan ini bakalan pusing karena bersahabat dengan angka. Jika dari SMP kalian suka dengan hitungan, maka jurusan ini cocok.  Jikalaupun tidak, asalkan kalian enjoy, why not?

Eehhh sebelumnya, saya mau mengucapkan selamat membaca yaaa ….

Pengertian Jurusan Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Jurusan akuntasi ialah jurusan yang di mana memahami bagaimana caranya memelihara uang dengan adanya prinsip – prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak. Waahh keren banget bukan?

Akuntasi ini merupakan sarana yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi keuangan. Karena itu lah, orang – orang menyebutnya dengan “Bahasa Bisnis” bagi individu yang fasih dalam bahasa ini.

Orang yang bekerja dalam bidang Akuntansi disebut Akuntan, yang di mana tugasnya adalah melakukan pencatatan keuangan dalam sebuah peruhaan, dan hasil akhir dari pencatatan dijadikan laporan keuangan perusahaan.

 

Referensi Mata Pelajaran Akuntasi

Referensi Pelajaran Akuntansi

Referensi Pelajaran Akuntansi

Bagi kamu yang akan memilih jurusan ini, berikut beberapa materi yang dipelajari  di jurusan Akuntansi SMK :

  1. Akuntansi Dasar

Dengan kata “dasar”, maka tentu pada pelajaran ini mempelajari ilmu dasar seperti konsep debit – kredit, neraca keuangan, atau menyajikan laporan keuangan.

  1. Perbankan Dasar

Di sini Kalian akan mendapatkan materi seperti sejarah uang, sejarah bank, fungsi bank, serta sistem operasional lembaga perbankan.

  1. Aplikasi Pengelolah Angka

Untuk mempermudah proses pengelolaan proses kerja Akuntansi, maka Kalian akan membutuhkan bantuan sistem computer. Kalian akan diperkenalkan dengan materi aplikasi pengelolah angka yang di mana software – software khusus yang dibuat untuk mempermudah proses kerja Akuntansi.

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital

Ilmu komunikasi digital harus dikuasai pada anak Akuntansi, karena pada materi ini Kalian akan mempelajari bagaimana caranya mengemukakan konsep gagasan dalam sebuah presentasi digital beserta peralatan dan teknologi yang dibutuhkan.

  1. Ekonomi Bisnis

Pelajaran ini merupakan cabang terapan dari ilmu ekonomi yang mempelajari materi – materi seperti keuangan, organisasi, dan kegiatan bisnis lainnya yang diterapkan dalam bisnis sebuah perusahaan.

  1. Administrasi Umum

Kalian akan mempelajari ilmu – ilmu administrasi dengan konsep dasar, pekerjaan –pekerjaan pada bidang administrasi, dan berbagai hal yang berhubungan dengan administrasi dan manajemen.

  1. Komputer Akuntansi

Pada computer Akuntansi akan memberimu materi mengenai sistem computer dengan menggunakan aplikasi – aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan proses pengelolaan keuangan.

  1. Administrasi Pajak

Kalian akan mendapatkan materi – materi seperti pengertian pajak, fungsi pajak, kedudukan pajak, jenis – jenis pajak, tata cara pemungutan pajak, dan hal – hal lainnya yang berkaitan dengan pajak.

  1. Etika Profesi

Materi yang akan mengajarkan Kalian bagaimana bertika dalam profensi Akuntan. Seperti, kode etik dan hal – hal linnya.

  1. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Di jurusan ini Kalian akan mempelajari ilmu kewirausahaan dengan memperkenalkan berbagai produk kreatif yang bisa menjadi peluang wirausaha.

Baca Juga :  SMK Jurusan Tata Boga Di Bandung

 

Jika Kalian mempelajari ilmu Akuntansi di sekolah, maka akan melakukan praktik kerja lapangan atau yang disingkat dengan PKL. Untuk penjelasannya, keep reading yaaaa….!!!

 

PKL SMK Akuntansi

PKL SMK Akuntansi

PKL SMK Akuntansi

siswa PKL SMK Akuntansi akan dikirim sekolah masing – masing ke perusahaan yang telah bekerja sama dengan sekolah mereka untuk melakukan magang. Namun, sebelum melakukan proses magang, siswa akan dibekali terlebih dahulu oleh guru mereka tentang bagaimana bersikap saat kerja, peraturan kerja, hingga sistem PKL nantinya.

Setelah guru menyampaikan serangkai persiapan terhadap siswa, maka saatnya siswa terjun langsung dalam dunia PKL. Di perusahaan yang mereka tempati, mereka akan dikirim ke divisi masing – masing pada perusahaan tersebut. Siswa yang baru datang akan disambut oleh kaka tingkat yang telah PKL terlebih dahulu dan kaka tingkat tersebut wajib mengajarkan siswa yang baru datang selama dua hari. Nantinya oleh kaka tingkat akan diajarkan hal apa saja yang dilakukan oleh siswa baru selama PKL berlangsung.

Baca Juga :  SMK Jurusan Perminyakan

Setelah itu, siswa baru PKL akan menegerjakan pekerjaannya sendiri. Walaupun,  pada awalnya akan merasa kesulitan, tapi lama – kelamaan akan terbiasa. Inilah kenapa PKL diadakan. Siswa akan berpikir untuk memecahkan masalah saat ada kesalahan yang mereka alami. Seperti masalah pembukuan keuangan, pengiriman file ke odner manajer, hingga masalah audit.

Siswa yang telah menjalankan PKL dengan waktu yang telah ditentukan oleh sekolah masing – masing, maka siswa wajib menyerahkan laporan.

 

Tujuan Adanya PKL

Tujuan PKL

Tujuan PKL

Tujuan Umum

  1. Dapat menjalin hubungan kerjasama antara Lembaga Pendidikan dengan perusahaan atau intansi tempat siswa – siswi PKL.
  2. Sebagai sarana publikasi mengenai kualitas sumber daya manusia.
  3. Menambah relasi kerja.
  4. Perusahaan bisa membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  5. Perusahaan bisa menciptakan tenaga kerja professional.

Tujuan Khusus

  1. Sebagai acuan bagi siswa – siwa untuk mendalami apa yang mereka pelajari saat PKL.
  2. Menambah wawasan kerja di lingkungan masyarakat yang khususnya bidang Akuntansi.
  3. Menambah pengalaman kerja untuk bekal siswa di masa yang akan mendatang.
  4. Sebagai sarana pengembangan potensi dan kreativitas yang dimiliki siswa – siswi.
  5. Meltih untuk bekerja secara professional.

Waaahh kira – kira menurut Kalian bahwa Akuntansi itu seru tidak? Selain cara belajarnya yang seru, ternyata jurusan ini banyak memiliki prospek kerja lho… yang diantaranya sebagai, akuntan perusahaan, Forensic Accountant, Financial Advisor, dan masih banyak lagi.

Sekian penjelasan dari saya, saya harap tulisan ini dapat membantu Kalian dalam mengupas jurusan Akuntansi. Selain itu, saya pun minta maaf jika pada tulisan ini masih banyak yang kurang. Sooo… bye!!!

Related Article…