SMK Jurusan Farmasi Di Bandung

SMK JURUSAN FARMASI DI BANDUNG – bidang masih menjadi salah satu bidang pekerjaan yang banyak digeluti oleh orang.

Mengingat perannya di masyarakat yang sangat penting dan penghasilan yang lumayan membuat banyak orang yang tertarik untuk bekerja di bidang yang satu ini. Termasuk juga salah satu yang banyak orang pilih sebagai pekerjaannya adalah di farmasi.

Untuk mendukung hal tersebut akhirnya banyak Sekolah menengah kejuruan (SMK) yang menyediakan jurusan Farmasi tak terkecuali di bandung.

Dengan menyediakan SMK jurusan Farmasi ini maka sekolah sudah ikut serta dalam menciptakan generasi unggul di bidang farmasi. Supaya lebih jelas mari simak penjelasan berikut.

Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi merupakan jurusan yang berfokus untuk mempelajari tentang obat – obatan. Ilmu farmasi adalah terapan dari bidang ilmu yaitu kedokteran, kimia dan biologi. Bukan hanya mempelajari tentang pembuatan obat jurusan farmasi juga mempelajari cara penyimpanan, penyediaan dan penyalurannya. Ilmu farmasi akan terus berkembang seiring perkembangan manusia, penyakit dan obat obatan. Oleh karena itu jurusan farmasi akan sangat dibutuhkan.

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Beberapa pros[el kerja yang bisa di tuju oleh lulusan jurusan farmasi antara lain :

SMK Jurusan Farmasi Di Bandung

Apoteker

Yang pertama setelah lulus nanti kamu bisa bekerja sebagai apoteker, tugas apoteker adalah mengeluarkan obat yang sudah diresepkan oleh dokter sekaligus memberikan informasi pada pasien tentang penggunaan obat.

Farmasi industry

Dimulai dari proses pengabdian dibidang industri, kamu akan ditempatkan pada bagian research and development, tugasnya yaitu menentukan formula, teknik pembuatan dan menentukan spesifikasi bahan baku yang digunakan dalam pembuatan obat.

Baca Juga :  SMK Jurusan Teknik Sipil

Pekerja swasta

Prospek kerja yang selanjutnya kamu bisa bekerja di sektor swasta, karena lulusan farmasi juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan nasional yang bergerak pada industri obat obatan.

Bagian administrasi rumah sakit

Tugas seorang bagian administrasi yaitu melayani pendaftaran pasien sebelum mendapat perawatan, menyiapkan tanda terima atau rincian biaya perawatan pasien, melayani pasien di loket, mengatur jadwal dokter dan sebagainya.

Farmasi komunitas

Farmasi komunitas yaitu farmasi yang memberikan pelayanan disarana kesehatan seperti puskesmas, apotek ataupun klinik. Nantinya lulusan jurusan farmasi bertugas memberikan pelayanan yang berkaitan dengan obat obatan.

Kompetensi Keahlian Jurusan Farmasi

Di jurusan farmasi ini ada beberapa kompetensi keahlian yang akan didapatkan oleh para siswa. Tentunya kompetensi ini akan akan membantu siswa dalam melaksanakan tugasnya ketika sudah lulus nantinya. Beberapa kompetensi yang akan siswa dapatkan seperti :

  1. Pelayanan Farmasi
  2. Mempelajari tentang pelayanan kefarmasian.
  3. Farmakognosi
  4. Merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagian bagian tanaman atau hewan yang dapat digunakan sebagai obat yang telah melewati uji farmakodinamik, uji toksikologi dan uji biofarmasetika.
  5. Kimia farmasi
  6. Teknik pembuatan sediaan obat
  7. Pengujian dan pengendalian mutu produk
  8. Manajemen produk obat

Alasan Memilih Jurusan Farmasi

  1. Prospek kerja yang cukup luas
  2. Profesi dan gaji yang cukup menjanjikan
  3. Tertarik pada bidang kesehatan
  4. Ingin menjadi apoteker
  5. bisa menolong orang lain
  6. bisa meracik obat
  7. Cocok bagi yang suka ilmu kimia
  8. Lulusan farmasi dibutuhkan oleh instansi pemerintah seperti BPOM

SMK di Bandung yang memiliki jurusan farmasi

Beberapa sekolah di bandung yang memiliki jurusan farmasi antara lain :

SMK Negeri 7 Bandung

Sekolah yang pertama adalah SMK negeri 7 bandung. Di sekolah ini tersedia jurusan farmasi yaitu farmasi klinis dan komunitas, serta farmasi industry. Selain jurusan ini ada juga jurusan seperti kimia industry, kimia tekstil, dan analis pengujian laboratorium.

Baca Juga :  Teknik Pemesinan

SMK Bhakti Kencana Bandung

Yang selanjutnya adalah SMK bhakti kencana bandung. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang berfokus pada farmasi dan kesehatan yang ada di bandung. Di sekolah ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang layak seperti laboratorium, perpustakaan dan fasilitas lainnya.

SMK Bina Sarana Cendekia Bandung

Sekolah Selanjutnya yang menyediakan jurusan farmasi di bandung adalah SMK Bina sarana cendekia bandung. Di sekolah ini tersedia beberapa jurusan mulai dari farmasi, teknik kendaraan ringan, Teknik computer jaringan, dan berbagai jurusan lainnya. Jurusan yang tersedia juga sudah didukung dengan berbagai fasilitas yang mumpuni sehingga proses pembelajaran bisa berjalan maksimal.

SMK Farmasi Bumi Siliwangi Bandung

Yang selanjutnya adalah SMK Bumi siliwangi. Di sekolah yang satu ini tersedia beberapa jurusan antara lain seperti farmasi, Desain komunikasi visual dan juga akuntansi. Sekolah yang satu ini termasuk salah satu yang direkomendasikan karena sudah bekrjasma dengan beberapa lapangan kerja yang bisa membantu siswa mendapatkan pekerjaannya.

SMK Nusa Bhakti Bandung

Sekolah selanjutnya adalah SMK Nusa Bhakti Bandung. SMK yang satu ini menyediakan beberapa jurusan seperti farmasi, analisis kimia, dan program keperawatan. Sekolah ini sudah menyediakan fasilitas yang mumpuni untuk mendukung pembelajaran siswa. Selain itu, staff pengajar yang berpengalaman dibidangnya juga membantu sekolah bisa menciptakan siswa yang berkualitas.

SMK YPF Bandung

Ada juga sekolah di bandung yang bernama SMK YPF bandung. Sekolah yang satu ini menyediakan kompetensi keahlian seperti analis kimia, farmasi industry, dan juga farmasu klinis dan komunitas. Fasilitas yang tersedia juga sudah bisa mendukung kegiatan pembelajaran mulai dari laboratorium, kantin, E-library, apotek simulasi, taman herbal dan lainnya.

Sekian sedikit penjelasan tentang SMK Jurusan farmasi di bandung. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi untuk anda yang ingin mencari SMK jurusan farmasi di bandung. Kunjungi juga Website kami untuk mendapatkan informasi lainnya seputar SMK.

Related Article…