Keunggulan Dan Kelemahan Jurusan Pemasaran SMK

Keunggulan Dan Kelemahan Jurusan Pemasaran SMK – Pemasaran merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK. Sesuai dengan namanya, di jurusan pemasaran ini anda akan belajar mengenai strategi pemasaran, dan lainnya yang berkaitan dengan pemasaran.

Apakah anda menjadi salah satu yang minat untuk masuk ke jurusan ini? Sebelum memutuskan, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan pada jurusan pemasaran di SMK. Simak ulasan berikut ini.

Keunggulan Dan Kelemahan Jurusan Pemasaran SMK

Keunggulan Dan Kelemahan Jurusan Pemasaran SMK

Apa Itu Jurusan Pemasaran SMK?

Jurusan Pemasaran atau yang sekarang lebih dikenal menjadi jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BPD), merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK. Jurusan ini fokus untuk mempelajari keilmuan dan praktek di bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui internet atau media social.

Siswa akan belajar mengenai bagaimana cara untuk menganalisa pasar dan menemukan peluang bisnis yang ada di dalamnya. Dengan masuk ke jurusan pemasaran ini, siswa juga akan mampu menggunakan media social seperti situs web dan juga media social lainnya, dan diharapkan siswa mampu untuk menggunakannya sebagai e-commerce.

Berikut merupakan materi yang diajarkan pada jurusan pemasaran SMK:

  1. Penataan Produk

Membahas tentang cara mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kegunaannya. Pengelompokkan tersebut juga harus memperhatikan keindahan untuk menarik minat konsumen, dan siswa juga harus paham dengan spesifikasi produk yang ditawarkan.

  1. Bisnis Online

Mata pelajaran ini membahas tentang bagaimana cara pemasaran melalui internet, bisa melalui situs web atau memanfaatkan media social yang ada.

  1. Pengelolaan Bisnis Ritel

Mempelajari bagaimana pengaturan keseluruh factor yang berpengaruh dalam proses perdagangan ritel, misalnya seperti factor yang mempengaruhi perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.

  1. Administrasi Transaksi
Baca Juga :  Jurusan SMK Elektronika

Dalam mata pelajaran ini, siswa dibekali agar mampu melakukan pencatatan keuangan secara rapi dan terstruktur, sehingga pencatatan tersebut mudah dipahami.

  1. Produk Kreatif Kewirausahaan

Mata pelajaran ini akan mengajarkan siswa untuk menjadi pribadi yang siap kerja, dengan materi pembahasannya adalah bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, dan proses pengajuan ha katas kekayaan intelektual.

 

Di era yang serba digital seperti saat ini, transaksi jual beli pun dilakukan secara online. Barang-barang yang dijual juga sangat beragam, mulai makanan, pakaian, elektronik, kosmetik, dan masih banyak lagi. Dengan ini tentu lulusan SMK jurusan pemasaran akan sangat dibutuhkan.

Prospek kerja untuk lulusan SMK jurusan pemasaran ini juga luas, berikut diantaranya:

  1. Tenaga Pemasarab
  2. Pramuniaga (Tenaga Penjual)
  3. Tenaga Pembelian
  4. Pengelola Gudang
  5. Kasir
  6. Tenaga Administrasi Penjualan dan Pembelian
  7. Perantara Dagang
  8. Sosial Media Marketing
  9. Wiraswasta

Kelebihan Jurusan Pemasaran SMK

Jurusan pemasaran SMK ini memiliki banyak kelebihan, yang menjadikan alasan mengapa anda harus memilih jurusan ini, berikut diantaranya:

  1. Prospek Kerja Yang Cukup Luas

Prospek kerja untuk lulusan jurusan pemasaran cukup luas, karena hamper semua perusahaan terutama perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang atau jasa pasti membutuhkan tenaga pemasaran.

  1. Mendapatkan Gaji Dan Bonus

Sebagai tenaga pemasar anda bekerja sesuai dengan target tertentu, dan jika anda mencapai atau bahkan melampaui target tersebut, anda tidak hanya mendapatkan gaji tetap tetapi akan mendapatkan bonus yang besar sesuai target yang diselesaikan.

  1. Mendalami Ilmu Marketing dan Bisnis

Dengan ilmu pemasaran yang sudah didapatkan di sekolah, anda bisa membuka bisnis sendiri, karena sudah paham dengan strategi pemasaran dan tips lainnya. Dengan hal ini bisa menjadi peluang untuk anda menjadi wirausahawan muda.

  1. Melatih Kepercayaan Diri
Baca Juga :  Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Saat memasarkan dan menawarkan produk, anda harus bisa percaya diri agar konsumen tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Dengan hal seperti inilah secara tidak langsung mengajarkan dan melatih anda untuk percaya diri.

  1. Relasi Yang Luas

Saat bekerja di bidang pemasaran ini, tentunya anda akan bertemu dengan banyak orang denga berbagai latar belakang sehingga membuat anda memiliki relasi yang luas.

  1. Tempat Kerja Yang Fleksibel

Sebagai tenaga pemasar, anda akan melakukan berbagai perjalanan untuk bertemu klien dan memasarkan produk atau jasa. Pekerjaan ini tidak selalu dilaksanakan di dalam ruangan.

Kelemahan Jurusan Pemasaran SMK

Dengan banyaknya kelebihan, jurusan ini juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu:

  1. Kerja Pemasaran Harus Sesuai Target

Saat bekerja dibidang pemasaran, anda harus bekerja sesuai target yang diberikan. Jika anda tidak dapat menyelesaikan target tersebut anda tidak akan mendapatkan bonus.

  1. Semua Orang Bisa Belajar Pemasaran

Semua orang bisa belajar mengenai ilmu pemasaran tanpa harus duduk dibangku sekolah, hal ini menjadikan anda memiliki banyak pesaing.

  1. Memperhatikan Penampilan

Anda akan dituntut untuk selalu berpakaian rapi dan menarik, karena ini merupakan salah satu strategi agar konsumen tertarik melihat produk yang ditawarkan.

  1. Profesi Tenaga Pemasaran Masih Dipandang Sebelah Mata

Anda harus siap dengan stigma bahwa tenaga pemasaran masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

  1. Materi Yang Tidak Relevan Dengan Kebutuhan Industri

Materi yang sudah didapat dan dipelajari di sekolah mungkin tidak relevan dengan fakta pada dunia kerja. Jadi, anda harus memperbanyak pengalaman seperti terjun langsung ke lapangan daripada hanya fokus pada teori saja.

 

Itulah ulasan mengenai pengertian, kelebihan dan kelemahan jurusan pemasaran SMK. Semoga dapat memberi manfaat dan informasi kepada pembaca, terutama untuk anda yang ingin masuk jurusan pemasaran.

Untuk artikel lebih lengkap mengenai jurusan pemasaran SMK, bisa kunjungi artikel berikut https://pklsmk.com/smk-jurusan-pemasaran/

Related Article…