SMK Jurusan Pemasaran

Hai Readers…!! Pada sebagian orang bahwa berjualan itu seru. Hal itu disebabkan,ketika berjualan kia akan menemukan sebuah kreativitas dan mengasah kita untuk mempelajari menguasai pasar. Seperti halnya dengan SMK jurusan Pemasaran, yang di mana siswa akan di ajak untuk mengenal dunia pasar dan mengasahnya dengan matang.

Keren bukan? Zaman sekarang apapun bisa dijadikan uang, asalkan barang tersebut legal dan bermanfaat ya hehe.

Bagi Kalian yang sedang bingung untuk memilih jurusan ketika masuk SMK, jurusan Pemasaran mungkin dapat dijadikan referensi. Untuk penjelasan lebih lanjut, keep reading ya!

Pengertian SMK Jurusan Pemasaran

Pengertian SMK Jurusan Pemasaran

Pengertian SMK Jurusan Pemasaran

Jurusan Pemasaran pada SMK ialah ilmu yang mengajarkan tentang seluk – beluk pasar. Di dalamnya termasuk cara menciptakan produk berkualitas. Jurusan ini memiliki banyak peminat karena pelajarannya berhubungan dengan bisnis. Tentunya sekarang ini dunia bisnis sedang berkembangnnya dengan pesat. Maka dari itu, skill dalam berbisnis sangat penting di masa yang akan mendatang.

Dalam belajar di jurusan Pemasaran, akan mempelajari mulai dari riset, buat produk, strategi pemasaran, hingga penyaluran dan penyluran prima.

Apabila Kalian pada dasarnya sudah memiliki minat dalam berbisnis, maka jurusan ini akan membuat kalian have fun selama mempelajari ilmu tersebut.

Materi di SMK Jurusan Pemasaran

Materi Jurusan Pemasaran

Materi Jurusan Pemasaran

Kalian sebagai calon agen pemasaran yang handal, maka pentingnya memperdalam ilmu pemasaran. Di jurusan tidak hanya belajar tentang pemasaran. Akan tetapi, Kalian akan mendapatkan materi relevan sesuai dengan kemampuan siswa.

Baca Juga :  SMK Jurusan Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan

Berikut materi yang dipaparkan dalam SMK jurusan Pemasaran:

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital

Sebuah mata pelajaran terkait dengan aplikasi dan teknologi digital untuk mendukung melakukan pemasaran.

  1. Ekonomi Bisnis

Simplenya, Kalian akan belajar tentang bisnis bedasarkan teori ekonomi.

  1. Administrasi Umum

Bukan hanya di jurusan administrasi perkantoran saja, di sini Kalian akan mendapatkannya.

  1. Marketing

Inilah bagian terpenting. Di sini Kalian akan mendapatkan materi muali dari dasar ilmunya hingga penerapan secara umum.

  1. Perencanaan Bisnis

Kalian akan memahami bagaimana merencanakan sebuah bisnis dengan baik dan juga cara mengelolanya.

  1. Komunikasi Bisnis

Sudah pastinya Kalian akan diajarkan tentang komunikasi yang baik saat berbisnis.

  1. Penataan Produk

Untuk mengetahui bagaimana mendisplay atau menata barang took, maka Kalian harus belajar ini.

  1. Bisnis Online

Sekarang yang sedang gencarnya bisnis online, maka kita tidak boleh kalah saing. Maka dari itu, jurusan Pemasaran akan mengajarkan Kalian tentang berbisnis online.

  1. Pengelola Bisnis Ritel

Kegiatan berusaha ada berbagai macam, salah satunya adalah ritel. Demi memenuhi kebutuhan industri, maka Kalian akan belajar bagaimana cara mengelola bisnis ritel.

  1. Administrasi Transaksi

Dalam berbisnis tidak melulu tentang berjualan saja. Namun, pencatatan transaksi juga penting. Administrasi ini lah yang akan mengajarkan Kalian untuk mencatat dengan rapih dan tepat.

PKL SMK Jurusan Pemasaran

PKL SMK Pemasaran

PKL SMK Pemasaran

Di SMK bukan hanya materi saja yang diajarkan, namun penerapan materi pada dunia kerja pun harus dilaksanakan. Penerapan ini akan diimplementasikan melalui praktik kerja lapangan atau yang disingkat dengan PKL.

PKL merupakan tugas seorang siswa SMK sebagai syarat kelulusan. Pelaksanaan PKL tergantung dengan sekolah yang menentukan. Akan tetapi, pada biasanya dilaksanakan pada semester IV/V dan kurun waktunya pun berbeda – beda. Sebelum melaksanakan PKL, siswa akan mendapatkan pembekalan dari sekolah. Tidak hanya itu, orang tua murid pun akan diundang ke sekolah untuk rapat mengenai biaya dan aturan pelaksanaan PKL.

Siswa yang khususnya di jurusan Pemasaran, biasanya akan ditempatkan di perusahaan atau toko – toko. Kemudian, di sana mereka akan belajar dan menerapkan secara langsung ilmu pemasaran. Hal yang dapat dilakukan oleh siswa PKL Pemasaran ialah, membantu kariyawan toko dalam berjualan, melayani pembeli, hingga display barang. Namun, tidak menutup kemungkinan saat PKL akan mendapatkan ilmu tambahan. Seperti, melatih mental dalam menghadapi sebuah masalah.

Baca Juga :  SMK Jurusan Farmasi Surabaya

Setelah melaksanakan PKL, tentunya siswa wajib membuat laporan untuk diserahkan kepada sekolah. Isi laporan tersebut merupakan jurnal kegiatan mereka ketika magang. Kemudian, disusun dengan format yang rapih. Berikut susunan laporan PKL siswa SMK:

  1. Cover
  2. Lembar pengesahan
  3. Kata pengantar
  4. Pernyataan otentik
  5. Daftar isi
  6. Daftar gambar dan lampiran
  7. Bab pendahuluan
  8. Bab isi laporan
  9. Bab penutup
  10. Daftar pustaka

Alasan Memilih SMK Jurusan Pemasaran

Keunggulan Jurusan Pemasaran

Keunggulan Jurusan Pemasaran

Setiap jurusan pastinya mempunyai keunggulan, begitu pula pada jurusan pemasaran. Berikut hal yang harus Kalian ketahui tentang keunggulan jurusan Pemasaran.

  1. Dapat Mendalami Ilmu Marketing

Ilmu marketing dan strategi promosi dapat Kalian pahami dengan mendalam sebagai modal skill ketika berbisnis nantinya.

  1. Peluang Kerja yang Luas

Untuk menjadi pembisnis tentunya tidak memandang latar belakang seseorang. Jika Kalian sudah mengasahnya sejak dini, maka di masa yang akan datang Kalian akan sudah lebih terampil.

  1. Masa Depan Karir

Hingga kapanpun setiap perusahaan akan membutuhkan seorang yang ahli marketing. Maka dari itu, jurusan ini akan berguna sampai jangka panjang.

  1. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

Skill berkomunikasi dalam dunia bisnis tentunya penting. Di sini lah Kalian akan dilatih dalam berkomunikasi yang baik.

  1. Dapat Melatih Percaya Diri

Ketika hendak memasarkan sebuah produk, percaya diri adalah salah hal yang wajib dimiliki. Karena, hal tersebut dapat menarik konsumen untuk membeli.

Prospek Kerja SMK Jurusan Pemasaran

Prospek Kerja Jurusan Pemasaran

Prospek Kerja Jurusan Pemasaran

Dengan bekal ilmu dan bekal yang matang di jurusan pemasaran, tentunya akan membawa Kalian untuk mendapatkan referensi pekerjaan sesuai jurusan Pemasaran.

Berikut prospek kerja pada SMK Jurusan Pemasaran

  1. Pengusaha
  2. Tenaga pemasaran
  3. Pramuniaga
  4. Pengelola gudang
  5. Kasir
  6. Tenaga administrasi penjualan dan pembelian
  7. Perantara dagang
  8. Sosal media marketing

Wah sudah di penghujung pembicaraan ni. Bagaimana? Apakah Kalian sudah tertarik masuk jurusan Pemasaran? Jika iya, let’s do it!

So demikian lah artikel seputar SMK Jurusan Pemasaran. Semoga informasi yang telah Kalian dapatkan menjadi bermanfaat ya. Dan terimakasih juga telah membaca.

Untuk info lebih lengkap mengenai dunia SMK, Kalian bisa cek di website kami ya.

 

Related Article…