SMK Jurusan Farmasi

Haii Sobat readers….!!! Di sini pasti kalian pernah merasakan sakit. Setelah itu, Kalian pasti akan periksa ke dokter bukan? Tapi, kalian sadar tidak sih? Setelah periksa, dokter akan memberi selembar kertas yang bertuliskan resep obat. Kemudian, resep tersebut diberikan kepada apoteker. Nah.. di situ lah tugas apoteker untuk meracik obat – obatan. Seorang apoteker tidak tiba – tiba mengerti berbagai jenis obat, tentunya mereka perlu belajar tentang semua itu. Seperti halnya dengan siswa SMK jurusan farmasi.

Siswa jurusan farmasi ini akan mendalami tentang dunia kesehatan. Wah.. Keren bukan?

Lalu, apabila di antara Kalian merupakan seorang siswa farmasi. Saya ucapkan, bahwa Kalian keren.

So untuk pemahaman lebih dalam tentang SMK Jurusan Farmasi, Kalian keep reading ya!!

Pengertian SMK Jurusan Farmasi

Pengertian SMK Jurusan Farmasi

Pengertian SMK Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi merupakan ilmu yang mempelajari obat – obatan. Seperti bahan kimia yang terkandung di dalamnya, proses pembuatannya, proses pengemasan, fungsi, hingga kegunaan masing – masing obat. Tidak hanya itu, di sini pun mempelajari bagaimana distribusi dan pengelolaan stok obat.

Seseorang yang ahli dalam bidang farmasi akan bertanggung jawab untuk memberikan obat dengan takaran yang tepat sesuai dengan resep dokter. Ahli farmasi seharusnya lebih banyak paham tentang obat daripada dokter. Sehingga, tidak jarang ketika dokter memberi obat, sang ahli farmasi akan memberikan saran obat yang berbeda dengan takaran yang berbeda pula. Namun, tentunya dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

 

Materi yang dipelajari SMK Jurusan Farmasi

Materi SMK Farmasi

Materi SMK Farmasi

Berikut materi  yang akan Kalian dapatkan ketikan masuk jurusan Farmasi.

Muatan Nasional

  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. Sejarah Indonesia
  6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
Baca Juga :  JURUSAN DESAIN INTERIOR SMK

 

Muatan Kewilayahan

  1. Seni Budaya
  2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 

Muatan Perminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Biologi

C2. Dasar Program Keahlian

  1. Dasar – dasar Kefarmasian
  2. Perundang – undangan Kesehatan
  3. Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkup Hidup
  4. Farmakognosi Dasar

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)

  1. Pelayanan Farmasi
  2. Farmakognosi
  3. Farmakologi
  4. Kimia Farmasi
  5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Untuk kalian yang tertarik dalam dunia sains, jurusan ini akan sangat cocok buat Kalian. Apalagi, jika khususnya Kalian menyukai biologi. Maka, kalian akan enjoy saat belajar.

Fakta yang Akan Membuat Kamu Terkejut di SMK Jurusan Farmasi

Fakta Jurusan Farmasi

Fakta Jurusan Farmasi

Wooww jurusan ini ternyata menyimpan keunikan. Mungkin, setiap siswa Farmasi pernah atau mungkin akan merasakannya.

Berikut fakta tentang SMK Jurusan Farmasi

  1. Mayoritas Muridnya Adalah Perempuan di SMK Farmasi

Ketika ada murid laki – laki di jurusan ini, mungkin mereka akan terlihat tampan. Karena, pastinya kebanyakan siswa Farmasi adalah perempuan. Maka dari itu, sudah menjadi cerita umum seorang murid laki – laki di sini menjadi rebutan kaum hawa siswi Farmasi.

  1. Mengira – ngira Takaran Zat Ketika Praktikum

Jika waktu sudah kepepet, banyak loh kalangan siswa Farmasi tidak menimbang takaran zat. Wah hayo ngaku siapa yang pernah melakukan ini?

  1. Siap Sedia Dalam Melayani dan Mengobati

Kerena sudah dibekali ilmu tentang pengobatan, maka dalam hal ini siswa Farmasi akan siap dalam mengobati.

  1. Seragam Putih Adalah Kebanggan

Seragam putih pada sekolah Farmasi sudah menjadi ciri khasnya mereka. Tanpa disadari, para siswa akan mengeluarkan aura berbeda ketika mengenakan seragam ini.

  1. Bukunya Tebal

Kalian sudah pasti paham bahwa belajar tentang obat itu tidak lah sedikit. Maka dari itu, tentunya buku mata pelajaran mereka akan tebal.

  1. Jurnal Tidak Lulus / TL

Jurnal ini merupakan mimpi buruk bagi siswa Farmasi. Bagaimana tidak? Tentunya jurnal ini merupakan tulisan serangkaian kegiatan ketika praktikum. Di sini, para siswa dituntut untuk tidak melakukan kesalahan dalam membuat obat, karena akan berakibat fatal dengan kondisi tubuh pasien.

 

PKL SMK Jurusan Farmasi

PKL SMK Farmasi

PKL SMK Farmasi

Sebelum menjelaskan PKL di jurusan farmasi, di sini saya akan menjelaskan secara singkat apa itu PKL? PKL merupakan praktik kerja lapangan yang di mana nantinya seorang siswa SMK akan dikirim sekolah untuk belajar secara langsung ke perusahaan atau sebuah intansi. Kurun waktu yang ditentukan tergantung pada sekolah masing – masing. Tujuan PKL ini ialah untuk mengasah kemampuan siswa dan sebagai syarat kelulusan siswa sekolah kejuruan.

Baca Juga :  SMK Jurusan Teknika Kapal

Begitu pula untuk siswa jurusan Farmasi. Mereka akan mendapatkan tugas PKL. Pada jurusan Farmasi, sebagaian banyak siswa akan dikirim ke Rumah Sakit. Di sana mereka akan mempelajari secara langsung tentang dunia kesehatan lebih luas. Contohnya, mereka mempelajari tentang cara mengisi kartu stok dan defecta, yang di mana kartu tersebut merupakan kartu – kartu yang berisi jenis obat. Ada yang generic dan paten.

Untuk contoh lainnya, siswa akan dikirim ke apotik – apotik. Di sana mereka akan dilatih meracik obat untuk diberikan kepada pasien.

Pengalaman PKL ini lah yang akan melatih siswa menjadi tenaga kerja profesional. Siswa jurusan Farmasi akan lebih siap dalam melayani pasien nantinya, karena mereka sudah dibekali ilmu yang mateng saat PKL.

Prospek Kerja SMK Jurusan Farmasi

Prospek Kerja SMK Farmasi

Prospek Kerja SMK Farmasi

Tidak dapat dipungkiri dalam dunia kesehatan akan terus berkembang dan tidak akan mati. Hal tersebut karena berjalannya waktu, maka penyakit akan terus berkembang dan membutuhkan penangan yang baik. lulusan Farmasi ini lah yang akan dibutuhkan oleh intansi kesehatan.

Berikut prospek kerja untuk SMK Jurusan Farmasi

  1. Apoteker

Tugasnya ialah untuk meracik obat, memberikan saran pada dokter dan praktisi kesehatan tentang urusan pemilihan, dosis, dan efek sampung dari obat – obatan.

  1. Penyuluh Kesehatan

Penyuluh kesehatan memiliki tugas untuk mengumpulkan dan menganalisis dara masyarakat untuk perencanaan gaya hidup sehat dan lingkungan.

  1. Farmasi Industri

Pekerjaan ini sudah menjadi posisi rebutan bagi lulusan Farmasi. Biasanya akan ditempatkan di research and development untuk menentukan teknik dan formula pembuatan dengan menentukan spesifikasi bahan baku yang dipakai.

  1. Dunia Pendidikan

Jika Kalian ingin berbagi ilmu, maka menjadi guru adalah solusinya. Di sini Kalian akan mendapatkan job sebagai tenaga pengajar sekolah.

  1. Lembaga Pemerintah

Kalian bisa masuk dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau lembaga lain seperti BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan).

 

Sekian penjelasan tentang SMK jurusan Farmasi. Semoga bermanfaat untuk Kalian ya…

Saya juga tak lupa mengucapkan terimakasih karena sudah membaca dan apabila masih ada kekurangan, mohon dimaafkan dan maklumi ya..

So.. untuk info lebih lengkap tentang informasi dunia SMK, stay tune ya guys!!  

Related Article…