Jurusan Nautika Kapal

Jurusan Nautika kapal – Mungkin kita sudah sangat familiar dengan jurusan seperti teknik sepeda motor, pemasaran, perkantoran di tingkat SMK. 

Tapi tahukah anda jika di jenjang SMK juga ada jurusan yang berfokus pada bidang perkapalan, salah satunya nautika kapal. Seperti apakah jurusan yang satu ini? Mari simak di pembahasan berikut ini.

Nautika adalah ilmu/studi yang berkaitan dengan seni dan sains tentang pengoperasian kapal (bagian dek kapal). Atau suatu bidang ilmu dimana kalian akan mempelajari bagaimana belayar dan mengemudi (membawa) kapal.

Materi dan keahlian yang akan dipelajari di kelas yaitu navigasi, prosedur drarurat, prosedur keselamatan pelayaran, pengaturan bongkat muat kapal, dan sebagainya.

Selain tentang teknis dan operasional, siswa di jurusan ini dibekali pengetahuan soal lembaga yang terkait dengan kapal serta administrasi pelabuhan.

Tujuan Dari Jurusan Nautika Kapal

Jurusan nautika kapal

source : https://smkn10-padang.sch.id/nautika-kapal-niaga-nkn/

  1. Penelitian bidang Nautika dan IPTEKS Kelautan dapat terlaksana.
  2. Tata kelola program studi Nautika berbasis SPMI dan ISO 9001 : 2015 dapat terlaksana
  3. Pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian di bidang Nautika serta IPTEKS Kelautan dapat terlaksana.
  4. Menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas lulusan di bidang Nautika serta IPTEKS Kelautan.
  5. Terselenggaranya pendidikan Nautika berbasis IPTEKS Kelautan dan berstandar internasional, sehingga menghasilkan lulusan ahli madya Ahli Nautika berstandar internasional.

Ijazah yang Akan Diberikan Untuk Jurusan Nautika Kapal

  1. Ijazah Akademik : Diploma III (A.Md) Berdasarkan Keputusan BAN PT No. 371/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/IX/2014
  2. Ijazah Profesi : ANT III (Ahli Nautika Tingkat III) Certificate of Approval No. 303/26/19/DK-17
Baca Juga :  SMK Jurusan Akuntansi Di Bandung

Puncak karir lulusan jurusan nautika kapal adalah Captain/Nakhoda pelayaran samudra dengan ijazah ANT I (Ahli Nautika Tingkat I) dan mendapat gelar M.Mar (Master Maritim) setara dengan S.2. 

Sistem Pendidikan memakai sistem kredit semester dengan total kredit 110 – 120 SKS. Berikut merupakan pola pengaturan waktu belajar selama masa pendidikan.

  1. Semester I,II,III,IV : Kuliah teori dan praktikum Laboratorium di darat (Kampus & Pelabuhan).
  2. Semester V dan  VI : praktek berlayar di Kapal (untuk pelayaran dalam dan luar negeri)

Standar Kompetensi Jurusan Nautika Kapal

Kompetensi lulusan Ahli Nautika Tingkat (ANT) IV meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan :

  1. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, disiplin dan bertanggung jawab sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
  2. Memiliki pengetahuan dan keterampilan, mampu melaksanakan tugas pada ukuran kapal kurang dari GT 500   ( Lima Ratus Gross Tonnage) pada daerah pelayaran Near Coastal Voyage (NCV) dengan kompetensi minimal sesuai dengan ketentuan STCW 1978 Amandemen 2010, mengacu pada Regulation II/1. STCW Code A-II/1, tabel A-II/1 dan Regulation II/3 serta STCW Code A-II/3 tabel A-II/3

Kelengkapan Sebelum Praktek

Sebelum praktek wajib mengikuti Diklat Departemen Perhubungan (Direktorat Jenderal Perhubungan Laut) yang meliputi :

  1. SIB ( Surat ijin berlayar )
  2. SKL Pra ( Surat Keterangan Lulus Ujian Pra Prala)
  3. Surat Pengantar Prola dari dari Lembaga diklat
  4. Buku Pelaut yang masih Kosong ( Belum ada pengalaman berlayar)
  5. Sertifikat diklat lainya yaitu BST, SCRB, MFA, AFF, BOCT, AOT (Lebih banyak banyak sertifikat lebih baik)
  6. Ijazah Dari sekolah
  7. Transkrip Nilai
  8. Buku saku Prola
  9. CRB ( Cadet Record Book)
  10. Condite ( Daftar pengisian nilai yang harus diisi oleh Perwira)
Baca Juga :  Teknik Elektronika Industri

Prospek Kerja

Prospek Kerja setelah lulus dari jurusan nautika kapal bisa bekerja di pengelolaan pelabuhan,  bisa menjadi nahkoda kapal, engineer kapal, kerja di perusahaan pelayaran dan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Pelayaran.

Dan sudah tahukah kalian saat ini dunia pelayaran masih membutuhkan banyak nahkoda. Gaji seorang nahkoda bisa mencapai Rp.6.500.000 per jam.

Prospek kerja lainnya adalah bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran, baik negeri maupun swasta.

Terdapat banyak posisi yang bisa kalian tempati di perusahaan seperti ini. Gaji pegawai di instansi pelayaran bisa mencapai dua digit.

Sebagai lulusan pelayaran, kalian juga bisa bekerja di pelabuhan atau galangan kapal. Dibanding staff di industri lain, menjadi staff dalam bidang ini memiliki gaji yang cukup besar.

Perkiraan gaji pegawai di galangan kapal adalah Rp.4.000.000. Dan masih banyak prospek kerja lainnya yang bisa sesuai dengan jurusan ini.

Sekian dulu pembahasan kita tentang jurusan Nautika kapal. Semoga bisa membantu anda terutama yang membutuhkan refrensi tentang Jurusan nautika kapal. Dapatkan informasi lainnya tentang SMK hanya di pklsmk.com

Related Article…