SMK Jurusan Farmasi Jakarta

SMK jurusan farmasi jakarta – Tahukah kalian bahwa jurusan farmasi termasuk salah satu jurusan favorit dibidang IPA dan saintek.

Farmasi adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang obat-obatan.

Mulai dari bahan kimianya, proses pembuatan obat, proses pengemasan, fungsi dan kegunaan obat, hingga cara distribusi dan pengelolaan stok obat.

Saat ini industri farmasi sangat berkembang pesat, hingga ada sekolah yang mengkhususkan jurusan ini, dan banyak sekali peminatnya.

Jika anda ingin bekerja di bidang kesehatan tetapi tidak ingin menjadi dokter, jurusan ini sangat cocok bagi anda.

KEBUTUHAN FARMASI DI JAKARTA

Perkembangan dunia farmasi yang semakin maju membuktikan bahwa farmasi merupakan bidang yang sangat dibutuhkan dan akan terus dipakai sepanjang masa.

Melihat perspektif tersebut, maka bidang farmasi punya andil dalam pencapaian masa depan yang lebih baik melalui peningkatan kualitas obat-obatan.

Lulusan jurusan farmasi berperan penting dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan seperti pengembangan industri kesehatan yang efektif, dan kurangnya tenaga kefarmasian.

Seperti yang kita ketahui pandemi Covid-19 telah melanda hampir seluruh dunia termasuk kota-kota di Indonesia salah satunya di Jakarta.

Dengan kondisi tersebut, baik industri maupun tenaga kerja farmasi dinilai memiliki peran penting dalam upaya mengatasi pandemi, khususnya untuk memproduksi dan distribusi obat serta penggunaan vaksin dalam penanganan pandemi.

Hal ini dapat dipastikan bahwa lulusan farmasi yang berkualitas akan terus dibutuhkan.

KEGIATAN DI JURUSAN FARMASI

SMK Jurusan Farmasi Jakarta

Dalam mempelajari ilmu farmasi, kita akan sering dihadapkan dengan bahan-bahan obat.

Yang dimana metode identifikasi bahan-bahan secara visual meliputi warna, bentuk dan tekstur.

Baca Juga :  SMK Jurusan Masinis

Bahan bahan tersebut memiliki warna yang hampir sama. Itulah mengapa ketekunan dan ketelitian dalam membedakan warna sangat diperlukan.

Kegiatan siswa jurusan farmasi tidak hanya sekedar mempelajari teori saja, namun juga akan melakukan praktek.

Boleh dibilang 70% dari kegiatan siswa farmasi diisi dengan kegiatan praktek di laboratorium.

Jadi sudah ngga heran jika dalam satu Minggu bisa terdapat 2-3 praktikum, dan sekali praktikum akan berlangsung selama kurang lebih 4 jam.

Praktikum ini dilakukan untuk membiasakan siswa dengan lingkungan kerja yang memang didominasi oleh kegiatan dalam laboratorium.

Sebagian praktikum yang dilakukan pada jurusan ini akan dikerjakan secara berkelompok.

Hal ini di dapat sebabkan karena banyaknya modul praktikum yang harus dikerjakan dan keterbatasan alat yang tersedia dalam laboratorium, jadi tidak mungkin setiap siswa akan melakukan praktik satu persatu.

PROSPEK KERJA JURUSAN FARMASI SAAT INI

Farmasi merupakan jurusan yang menawarkan banyak pengetahuan, mulai dari ilmu kedokteran hingga agrikultur untuk kepentingan tanaman obat.

Luasnya pengetahuan yang diberikan jurusan ini, membuat lulusan jurusan farmasi hampir bisa menjadi apa saja.

Mungkin salah satu yang paling umum yaitu menjadi tenaga medis dan apoteker.

Tapi ternyata masih banyak lagi loh, prospek kerja yang bisa didapatkan oleh para lulusan jurusan farmasi. Beberapa prospek kerja lulusan jurusan farmasi antara lain :

  1. Bidang industri obat-obatan dan produk biologi, seperti Kalbe Farma, Bio Farma, Kimia Farma dan sebagainya.
  2. Bidang industri kosmetik.
  3. Sektor perdagangan obat dan alat kesehatan.
  4. Bidang industri makanan.
  5. Bidang riset dan pendidikan

SMK JURUSAN FARMASI DI JAKARTA

Jakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia, yang memiliki daya tarik disetiap sudut kota.

Tidak hanya dalam hal pariwisata, bidang pendidikan juga cukup menjadi perhatian khusus di Jakarta.

Sehingga tidak heran banyak ditemukan SMK farmasi terbaik di Jakarta.

Baca Juga :  SMK Negeri 2 Kuripan

Bagi anda yang sedang bingung mencari sekolah kejuruan di bidang farmasi. Berikut ini beberapa rekomendasi SMK Jurusan farmasi di Jakarta.

SMK Farmasi Ikifa

Sekolah ini merupakan salah satu sekolah bidang farmasi unggulan di Jakarta. Alamat lengkapnya di Buaran II No.30A- I Gusti Ngurah Rai, kec Duren Sawit, Jakarta Timur.

SMK Farmasi Ikifa Jakarta Timur memiliki gedung sekolah dengan desain modern dan juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti lab kimia, lab komputer, lab resep, lab bahasa, perpustakaan dan fasilitas lainnya yang siap menunjang seluruh kegiatan KBM.

SMK Farmasi Tunas Bangsa

Sekolah farmasi selanjutnya yaitu SMK Tunas Bangsa. Sekolah ini berdiri sejak Februari 1968, yang beralamat di Jl Salemba Tengah II No. 1, Paseban Senen, Jakarta Pusat.

Sekolah ini memiliki berbagai prestasi seperti peraih nilai UN tertinggi se-DKI Jakarta dan juara olimpiade sains (OSN) dan seni.

Serta ditunjang dengan berbagai fasilitas belajar misalnya lab komputer, ruangan kelas yang dilengkapi AC, perpustakaan, koperasi yang menyediakan bahan untuk praktek dan sebagainya.

SMK Candra Naya

Sekolah ini didirikan pada tanggal 1 Agustus 1952 terletak di Jl Jembatan Besi II No. 26, Jembatan Besi, kec Tambora, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Selain jurusan farmasi terdapat juga jurusan lain seperti Multimedia dan Teknik Komputer & Jaringan. Masing masing jurusan tersebut siswa dibekali ilmu sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Sebagai penunjang pembelajaran dan peningkatan kualitas bagi siswa SMK Candra Naya memberikan fasilitas diantaranya laboratorium, TUK (tempat uji kompetensi) dan apotek.

Demikian artikel mengenai SMK jurusan farmasi Jakarta semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari sekolah dengan jurusan farmasi di Jakarta. Dapatkan informasi lainnya tentang SMK di pklsmk.com

Related Article…