PKL SMK OTKP Jateng (Jawa Tengah)

Halo guys, gimana nih kabar kalian? Kalian SMK jurusan OTKP di jawa tengah (Jateng) masih bingung masu PKL dimana? Tenang kitta bisa kok kasih solusinya.

Kita pasti tau sekarang ini dunia kerja sedikit mengalami penyesuaian karena adanya perkembangan teknologi. Hal ini juga memberi pengaruh lho ke siswa SMK. lho kok pengaruh ke siswa SMK? iya, karena adanya perubahan, kurikulum di SMK pun ikut mengalami penyesuaian. jadi seperti apa perkembangannya? yuk kita simak pembahasan ini.

Jurusan OTKP

Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran atau biasa disingkat OTKP, yang dulunya bernama administrasi perkantoran atau AP merupakan salah satu cabang bidang keahlian bisnis dan manajemen.

Jurusan ini mempelajari tentang pengetikan naskah atau dokumen, penanganan telepon, penataan dan pengelolaan surat atau dokumen, penataan dan pengelolaan arsip, penanganan perjalanan bisnis, hingga penanganan informasi melalui internet.

Salah satu keunggulan Jurusan OTKP, siswa dapat memiliki keterampilan yang tidak dipelajari di jurusan lain seperti: Kemampuan mengetik 10 jari buta, sehingga siswa akan terbiasa mengerjakan tugas secara cepat tanpa harus melihat keyboard. Kemampuan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Jurusan OTKP, karena sekarang ini perusahaan butuh tenaga yang bisa diajak kerja cepat.

Selain itu, Kemampuan menguasai administrasi yang baik dan benar, mengatur perusahaan, terbiasa dengan susunan bahasa yang baik dan benar. Kemampuan menjadi sekretaris yang ideal, melakukan pengarsipan, dan menangani masalah keuangan. Keterampilan table manner, yang mana pada jurusan ini siswa berorientasi menjadi seorang tenaga ahli yang siap bekerja di perusahaan besar.

Beberapa pekerjaan yang sesuai untuk Lulusan dari Kompetensi Keahlian Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran antara lain Sekretaris Junior, Petugas Administrasi, Petugas Kearsipan, Petugas Perpustakaan, Resepsionis / Front Office, Operator Telepon, Juru Ketik, Personalia / HRD dll.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Selain mendapatkan pengetahuan tentang teori tata kelola perkantoran, para siswa juga dibekali dengan keterampilan dengan kegiatan prakerin. Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah kegitan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau industri.

Para siswa jurusan OTKP akan ditempatkan di kantor atau perusahaan untuk mempratekkan secara langsung teori-teori yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Harapannya kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan mutu para siswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

PKL SMK OTKP Jawa Tengah

Kegiatan PKL OTKP

PKL adalah praktek kerja lapangan yang harus diikuti oleh siswa SMK. Dulunya disebut dengan nama PRAKERIN (Praktek Kerja Industri). Tujuannya adalah memberikan pengalaman kerja langsung dan memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi di sekolah agar standar kompetensi lulusan dapat tercapai.

Maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir PKL, PKL juga sebagai kegiatan Siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

PKL di masa Pandemi

Pandemi COVID-19 di Indonesia merupakan bagian dari pandemi penyakit koronavirus 2019 (COVID-19) yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus sindrom pernapasan akut berat 2 (SARS-CoV-2).

Kasus positif COVID-19 di Indonesia pertama kali dideteksi pada tanggal 2 Maret 2020. Pada bulan maret pemerintah Indonesia menerapkan PSBB sehingga PKL ini dilakukan secara daring yang dimulai pada tahun 2020.

Walaupun dilakukan secara daring siswa tetap dibekali materi-materi yang harus dilakukan selama PKL dan juga siswa tetap diharapkan memenuhi tugas tugas yang telah diberikan oleh perusahaan tersebut.

Baca Juga :  PKL Jurusan Pemasaran Ngapain Aja?

PKL OTKP di Jawa Tengah

Praktik Kerja Lapangan jurusan otomatisasi tata kelola dan perkantoran banyak kita jumpai di daerah-daerah Indonesia. Jawa tengah adalah salah satu provinsi yang menyelenggarakan kegiatan praktik kerja lapangan untuk siswa SMK/MAK.

Salah satu perusahaan yang menyediakan program PKL di daerah Jawa Tengah adalah PT Kombas Digital Internasional yang beralamat di Jl. Arca Mas No.11, Arcawinangun, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53113.

PKL di PT. Kombas

PT Kombas Digital Internasional ini biasanya melakukan kegiatan PKL secara offline, namun karena kondisi pandemi meningkatkan resiko kesehatan bagi siswa untuk jika PKL dilakukan secara offline. Nah.. untuk menjembantani kebutuhan siswa akan praktek kerja industri di bidang digital marketing ini, PT Kombas Digital Internasional membuat platform yang memungkinkan siswa untuk melaksanakan PKL secara online.

Melalui platform Akademi Kombas inilah Prakerin Online untuk siswa SMK dilakukan. Peserta yang telah menyelesaikan prakerin di PT Kombas Digital Internasional online ini akan mendapatkan sertifikasi kelulusan berkaitan dengan materi yang diberikan.

Jadi dengan masuk ke jurusan OTKP, kalian akan banyak mendapat ilmu terutama pada pentaaan administrasi perkantoran. Dengan melaksanakan PKL khususnya di jawa tengah siswa akan dapat mengenal lebih dalam pada pekerjaan yang mereka alami nanti. Jika kalian PKL di PT. Kombas kalian ga bakalan nyesel kok

Mungkin sekian dulu pembahasan tentan PKL SMK OTKP di Jawa Tengah. Kalian bisa kok dapet informasi yang lain seputar pkl smk. Kunjungi aja pklsmk.com. dan untuk info kegiatan SMK lainnya cek aja di akademikombas.co.id.

Sekian dari kita. Bye bye

 

 

 

 

Related Article…