PKL SMK BDP Jateng

Kegiatan PKL menjadi jalan yang harus siswa lalui untuk dapat lulus dari jenjang sekolah ini. Kegiatan ini menjadi hal yang penting untuk siswa perhatikan. Karena pemilihan yang salah akan memberikan efek yang kurang baik ke siswa. Hal ini pun berlaku untuk kegiatan PKL SMK jurusan BDP di jawa tengah.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, kegiatan PKL sudah tidak terbatas oleh jarak lagi. Berbagai cara pelaksanaan PKL mulai berkembang tergantung perusahaan yang menaungi. Hal ini membuat kegiatan PKL menjadi semakin beragam. Lalu bagaimana metode kegiatan PKL untuk siswa SMK BDP khususnya di area jateng? Apa cara PKL yang dapat siswa pilih? Berikut ulasannya.

PKL SMK BDP Jateng

Kondisi Jawa tengah untuk PKL BDP

Jawa tengah menjadi salah satu provinsi yang memiliki potensi sangat besar. Kondisi geografis yang sangat subur membuat potensi alam sangat melimpah. Hal ini sudah banyak masyarakat manfaatkan contohnya bidang pertanian, dan perkebunan. Selain itu, banyak juga usaha dalam bidang ritel ataupun pemasaran. Hal ini tentu membuka peluang besar dalam persaingan. Hal ini dapat kita manfaatkan salah satunya oleh siswa SMK.

Kondisi provinsi jawa tengah yang melimpah ini dapat siswa SMK manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan atau membuka peluang baru. Siswa SMK memiliki peluang yang besar karena siswa SMK merupakan lulusan yang siap kerja. Siswa SMK telah sekolah didik agar setelah lulus nanti siap untuk bekerja secara langsung. Agar hal tersebut tercapai, Siswa SMK melalui kegiatan PKL terlebih dahulu, termasuk siswa jurusan BDP.

PKL BDP

Jurusan bisnis daring dan pemasaran (BDP) merupakan juruasan yang berfokus pada penjualan produk baik secara offline maupun online dan strategi pengembangan bisnis. Kegiatan PKL jurusan ini biasanya berfokus pada cara melakukan pemasaran produk baik online ataupun offline.

Siswa biasanya akan berkegiatan langsung di tempat PKL. Siswa akan melakukan praktek secara langsung dalam bidang pemasaran. Selain itu, siswa akan membantu secara langsung dalam penataan ritel ataupun tempat yang mereka tempati. Metode ini akan membuat siswa dapat mendapatkan manfaatnya secara langsung. Akan tetapi, metode ini juga dapat membuat PKL tidak berdampak.

PKL di masa pandemi

Berbagai Kegiatan mengalami penurunan karena adanya pandemi virus. Di masa pandemi, kegiatan sekolah juga terkena dampaknya. Tidak hanya pada kegiatan belajar mengajar, Akan tetapi juga pada kegiatan PKL. Banyak kegiatan PKL yang terpaksa harus mengalami pengaturan ulang. Pengaturan ulang terjadi karena banyak perusahaan yang melakukan kegiatannya dengan work from home (WFH). Hal ini juga membuat sekolah melakukan penyesuaian dan mencari lokasi-lokasi tetap bersedia sebagai tempat PKL.

Kegiatan PKL yang biasanya siswa lakukan secara langsung sedikit mengalami perubahan. Perubahan ini diantaranya karena perusahaan melakukan pembatasan kerja di kantor dan melakukan work from home. Selain itu, pembatasan kegiatan untuk mengurangi penyebaran virus juga menjadi kendala.

Dengan adanya kejadian ini, beberapa perusahaan atau tempat PKL kemudian menawarkan solusi. Beberapa perusahaan menawarkan solusi berupa melaksanakan kegiatan PKL secara online. Pelaksanaan PKL secara online ini memanfaatkan media video conference untuk memberikan penjelasan kegiatan ke siswa PKL. Salah satu tempat PKL yang menggunakan metode ini adalah PT. Kombas.

PKL online di PT Kombas

Kegiatan PKL secara online mulai PT. Kombas lakukan di masa pandemic seperti sekarang. Kegiatan ini memnafaatkan media teleconference seperti google meet. Selain menggunakan google meet, PT. Kombas juga mengembangkan platform untuk melaksanakan kegiatan PKL online yang bernama akademi kombas. Dengan menggunakan platform ini, semua kegiatan PKL tetap dapat berjalan dengan maksimal walaupun siswa lakukan secara online.

Platform akademi kombas ini menjadi media utama dalam pelaksanaan kegiatan PKL di PT. Kombas. Platform ini telah berisi rincian materi, tugas, dan apa saja yang siswa perlu lakukan selama mengikuti berkegiatan PKL di PT. Kombas.

Kegiatan PKL di PT. Kombas telah bekerjasama dengan banyak sekolah di lingkungan barlingmascakeb. Sehingga PKL di PT. Kombas juga dapat siswa gunakan untuk menambah jaringan relasi dan teman. Tenang saja, kegiatan PKL di PT. Kombas sudah memiliki mentor yang memang sudah ahli dalam bidangnya.

Kegiatan PKL di PT. Kombas menggunakan sistem PBL atau project based learning. Dengan menggunakan metode ini, siswa akan mendapatkan pengalaman yang lebih karena sistem ini akan mengembangkan kepribadian siswa. Pengembangan yang ada tidak hanya dari kemampuan praktis. Namun, juga dari kemampuan dalam analisis. Sehingga kemampuan siswa jelas berkembang.

 

Kegiatan PKL menjadi kegiatan yang penting untuk bekal siswa kedepannya termasuk siswa SMK jurusan BDP di wilayah Jawa tengah (Jateng). Akan tetapi karena adanya pandemic, kegiatan PKL mengalami penyesuaian salah satunya dengan pelaksanaan PKL secara online. PT. Kombas menjadi salah satu tempat PKL yang melaksanakan kegiatannya secara online. Dengan sistem ini, PT. Kombas bermaksud memudahkan kegiatan PKL siswa.

 

Demikian sedikit pembahasan tentang kegiatan PKL SMK BDP di Jawa tengah. Semoga dapat memberikan sedikit gambaran tentang kegiatan PKL BDP. Untuk informasi lainnya tentang PKL SMK, silahkan kunjungi pklsmk.com. kunjungi juga akademikombas.co.id untuk info PKL lainnya.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Jatim

Related Article…