Jurusan Perhotelan

Jurusan Perhotelan – Salah satu jurusan yang banyak terdapat yang banyak diminati oleh kalangan pelajar di Indonesia. Pada teknik perhotelan ini akan mempelajari begitu banyak hal yang tidak hanya bisa menjadi peluang kerja dengan gaji besar.

Akan tetapi ilmu yang didapat bisa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu di jurusan ini ini akan ada banyak kelebihan dan kekurangan yang didapat, jadi kalau kamu masih bingung atau masih mempertimbangkan untuk masuk jurusan perhotelan simak artikel berikut ini.

JURUSAN PERHOTELAN BELAJAR APA SAJA?

Pertanyaan yang sering menjadi pertimbangan bagi para pelajar yang ingin melanjutkan jurusan perhotelan adalah mengenai mata pelajaran apa saja yang dipelajari di SMK perhotelan. Berikut pelajaran yang dipelajari dalam SMK perhotelan

Jurusan Perhotelan

1. Front Office

Pada mata pelajaran front office ini akan banyak mempelajari tentang cara berhubungan langsung dengan konsumen seperti menjadi resepsionis, atau bisa juga menjadi kasir, bellman maupun porter.

2. Kepariwisataan

Jurusan perhotelan pasti tidak jauh dari dunia kepariwisataan karena akan selalu berkaitan erat dengan pariwisata maka ilmu yang diberikan juga untuk menunjang pengetahuan tentang kepariwisataan.

3. Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja

Pada mata pelajaran perhotelan ini akan mempelajari tentang ilmu-ilmu yang mengenai kebersihan di berbagai tempat yang ada di perhotelan dan tentang bagaimana prosedur keselamatan kerja dalam perhotelan.

4. Bahasa Prancis dan Jepang

Tidak hanya bahasa inggris saja yang harus dikuasai dalam jurusan perhotelan. Akan tetapi bahasa asing lainnya seperti bahasa Prancis dan Jepang juga harus dikuasai dalam jurusan ini. Alasannya adalah karena nantinya jika sudah memasuki lapangan kerja perhotelan maka keahlian bahasa asing ini bisa digunakan untuk berhubungan langsung dengan konsumen yang mungkin saja dari berbagai belahan dunia. Kebanyakan orang asing bisa berbicara diantara salah satu bahasa asing yang diajarkan pada pelajaran perhotelan ini seperti bahasa Inggris, Prancis, Jepang.

Baca Juga :  JURUSAN DESAIN INTERIOR SMK

5. Patiseri

Jurusan perhotelan juga mengajarkan tentang bidang kuliner akan tetapi pada mata pelajaran patiseri ini lebih mengkhususkan atau memfokuskan belajar kuliner tentang tekhnik pembuatan kue, roti maupun dessert.

6. Tata Boga

Selain mengajarkan tentang bagaimana tekhnik pembuatan roti, kue, dessert pada mata pelajaran perhotelan juga mengajarkan tentang seputar dunia kuliner mulai dari tata cara proses memasak kuliner, lalu tentang pemasaran kuliner dan penentuan harga jual kuliner serta mengenai tentang sususan anggaran dalam proses pengolahan kuliner.

7. Tata Hidang

Berbeda dengan tata boga yang mempelajari mengenai seputar dunia kuliner, pada mata pelajaran tata hidang akan lebih difokuskan tentang tata cara atau tekhnik standar prosedur bagaimana menyajikan makanan maupun minuman. Tidak hanya itu, disini juga akan mempelajari tentang tekhnik penyelenggaraan dan persiapan suatu acara.

8. Administrasi Perhotelan dan Komunikasi Industri Perhotelan

Jurusan perhotelan juga akan mengajarkan tentang administrasi perhotelan dan mengenai tentang manajemen perhotelan, serta mengenai prosedur operasional hotel secara keseluruhan

9. Room Division

Mata pelajaran dalam SMK perhotelan yang berkaitan dengan operasional hotel meliputi front desk, laundry, housekeeping.

LULUSAN JURUSAN PERHOTELAN KERJA APA?

Untuk kamu yang sedang bimbang maupun bingung lulusan SMK perhotelan bisa bekerja sebagai apa? Simak artikel berikut ini.

1. Karyawan Hotel

Dikarenakan selama berada dalam SMK perhotelan lebih difokuskan belajar mengenai perhotelan maka ilmu yang banyak didapatkan pun akan mengenai tentang hotel juga dan ilmu itulah yang bisa kamu terapkan jika kamu bekerja pada industri hotel.

2. Resepsionis

Bagi kamu yang lulusan jurusan perhotelan bisa banget jadi resepsionis karena pada masa waktu sekolah SMK perhotelan kamu dibekali ilmu tentang front office yang nantinya bisa kamu terapkan untuk menjadi resepsionis atau bisa kamu terapkan untuk berhubungan langsung dengan konsumen.

Baca Juga :  Jurusan Nautika Kapal

3. Chef

Jurusan perhotelan mengajarkan para muridnya untuk mempelajari mata pelajaran tentang tata boga, tata hidang, dan pasiteri yang secara langsung berhubungan dengan seputar dunia kuliner yang mungkin nanti ilmunya bisa diterapkan untuk menjadi seorang chef yang handal dalam membuat kuliner, dan menyajikan kuliner.

4. Travel Agent dan Tour Guide

Pada SMK perhotelan akan selalu berkaitan erat dengan dunia pariwisata. Kamu akan dibekali ilmu tentang melayani wisatawan baik dari dalam maupun wisatawan asing. Ilmu ini bisa kamu terapkan jika kamu bekerja sebagai Travel Agent atau Tour Guide.

5. Bekerja di Industri Restoran

Lulusan SMK perhotelan bisa bekerja di industri restoran karena dibekali ilmu mengenai seputar dunia kuliner atau food and beverage yang bisa memantapkan kamu ketika bekerja pada industri restoran.

6. Costumer Service

Ilmu yang diajarkan pada mata pelajaran Front Office dalam SMK perhotelan juga bisa kamu terapkan jika kamu ingin bekerja sebagai Costumer Service yang melayani konsumen dan berhubungan langsung dengan konsumen.

7. Pengusaha

Jurusan perhotelan tentunya mengajarkan berbagai hal tentang seputar dunia kuliner atau food and beverage yang bisa kamu terapkan untuk menjadi pengusaha misalnya mendirikan sebuah cafe atau restoran dengan ilmu yang kamu miliki atau ilmu yang kamu kembangkan.

SMK yang Mempunyai Jurusan Perhotelan

Buat kamu yang bingung dengan sekolah menengah kejuruan atau SMK yang mempunyai jurusan perhotelan tidak usah bingung lagi. Berikut referensi SMK yang mempunyai peminatan perhotelan : 

  1. SMK N 4 Yogyakarta.
  2. SMK N 6 Yogyakarta.
  3. SMK N 3 Klaten.
  4. SMK N 7 Tangerang Selatan.
  5. SMK Yadika Pagelaran.
  6. SMK N 9 Bandung.

Demikian artikel mengenai penjelasan tentang jurusan perhotelan beserta mata pelajaran yang terdapat pada peminatan perhotelan dan prospek kerja atau peluang kerja bagi lulusan peminatan perhotelan. Jadi apakah kamu berminat masuk jurusan perhotelan?

Related Article…