Hal Yang Diperlukan Dalam Surat Lamaran Pekerjaan 

Hal Yang diperlukan dalam surat lamaran pekerjaan – Hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah sistematika penulisan yang baik dan benar.

Kemampuan menulis surat lamaran kerja yang baik harus dimiliki setelah lulus dari sekolah atau perguruan tinggi. Karena salah satu syarat untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan adalah dengan membuat surat lamaran kerja yang baik.

Surat lamaran kerja merupakan berkas yang penting dan harus dibuat dengan baik dan benar karena akan digunakan HRD untuk menilai apakah pelamar merupakan kandidat yang layak untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. Melalui surat lamaran kerja tersebut akan menunjukkan keseriusan si pelamar untuk mendapatkan pekerjaan yang dilamar

Dalam menulis surat lamaran kerja pelamar harus menggunakan bahasa yang baik, jelas, sopan dan tidak bertele-tele. Cukup 1 lembar portofolio saja, jika membuatnya berlembar-lembar akan membuat HRD malas membacanya, karena HRD bisa menerima ratusan hingga ribuan surat lamaran kerja.

BAGAIMANA ISI SURAT BALASAN LAMARAN PEKERJAAN YANG BERISI PENERIMAAN SECARA JELAS DAN BENAR?

Perlu kalian ketahui bahwa tahapan dalam melamar pekerjaan itu sagat panjang. Mulai dari mengirimkan surat lamaran pekerjaan serta berkas lamaran kerja lainnya, kemudian pelamar harus menunggu perusahaan memberikan konfirmasi penerimaan surat.

Namun tidak semua perusahaan akan mengirimkan surat konfirmasi tersebut.

Setelah menyerahkan berkas pelamar harus menunggu pemberitahuan selanjutnya yang umumnya berisi tahapan seleksi, mulai dari tes tertulis, tes wawancara, tes kesehatan dan sebagainya.

Setelah selesai menjalani semua tes tersebut pelamar akan mendapat pemberitahuan penerimaan lamaran kerja dari perusahaan yang dilamar.

Baca Juga :  Surat Lamaran kerja Tulis Tangan

Penting bagi kalian untuk mengetahui balasan lamaran kerja agar tidak bingung, karena jenis surat balasan lamaran kerja berbeda dari surat lainnya, dan setiap perusahaan juga berbeda beda.

Surat balasan lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh perusahaan untuk menanggapi surat lamaran kerja yang dikirim oleh pelamar.

Secara umum format penulisan surat balasan lamaran kerja adalah sebagai berikut :

  1. Kop surat berisi nama perusahaan, alamat, no telepon dan email perusahaan
  2. Tanggal surat dibuat
  3. Perihal
  4. Lampiran
  5. Nama penerima dan alamatnya
  6. Pembuka surat
  7. Isi surat
  8. Penutup surat
  9. Nama terang dan jabatan
  10. Tanda tangan

Jadi itulah beberapa format surat balasan lamaran pekerjaan yang umumnya digunakan. Untuk waktu pengirimannya setiap perusahaan memiliki aturan tersendiri.

Namun biasanya ada yang mengirimkannya langsung setelah semua tes seleksi berakhir dan ada pula yang mengirimkannya dua minggu setelah tes seleksi.

Bagi yang ingin tahu bagaimana isi surat balasan lamaran pekerjaan. Berikut contoh isi dari balasan lamaran pekerjaan yang berisi penerimaan secara jelas dan benar

Dengan Hormat, 

Bersama dengan adanya surat ini, kami mengucapkan terimakasih atas surat lamaran kerja yang saudara kirimkan pada tanggal 27 Juli 2022 yang menyatakan berminat untuk mengisi posisi sebagai staf keuangan.

Kami telah melihat dan mempelajari kualifikasi saudara dan secara keseluruhan kami yakin saudara sangat tepat untuk berbagi posisi staf keuangan. Kami sangat tertarik dengan prestasi saudara dan prestasi saudara sangat cocok dengan posisi yang kami butuhkan. 

Dengan demikian kami berharap anda dapat hadir untuk mengikuti wawancara dan proses selanjutnya. Terima kasih.

Jadi itulah sedikit mengenai isi dari surat balasan lamaran pekerjaan.

APA SAJA HAL-HAL YANG HARUS DIHINDARI DALAM PENULISAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN?

Hal Yang Diperlukan Dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Banyak hal hal yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Kebanyakan surat lamaran kerja gagal memberikan kesan yang baik baik bagi rekruter karena salah dalam penulisannya.

Baca Juga :  Contoh CV Lamaran Kerja

Padahal fungsi utama dari sebuah surat lamaran kerja adalah sebagai sarana bagi pelamar untuk mengambil hati rekruter perusahaan. Apa saja kesalahan yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran pekerjaan tersebut?

Penulisan Yang Kurang Rapi

Penulisan yang kurang rapi dalam surat lamaran pekerjaan dapat memberikan kesan yang buruk.

Mungkin terlihat sepele, namun penulisan yang kurang rapi atau seperti typo akan memberikan kesan pelamar adalah orang yang ceroboh dan tidak teliti.

Terkesan Sombong Dalam Menjelaskan Kemampuan 

Mengiklankan diri pada surat lamaran pekerjaan merupakan hal yang wajar, tetapi jangan sampai terkesan menyombongkan diri. Misalnya anda menyatakan diri anda bisa mengerjakan semua pekerjaan.

Hal tersebut justru akan terlihat seperti mengarang di mata rekruter. Meskipun memang anda memiliki cukup banyak kemampuan, namun fokuskan saja kemampuan diri anda pada satu bidang.

Terlihat Seolah Mengemis

Meskipun anda sangat membutuhkan perkerjaan tersebut, penting bagi anda untuk tidak terlihat mengemis dalam surat lamaran kerja.

Hal itu tidak akan membantu anda untuk mendapatkan posisi yang dilamar. Karena justru akan terkesan bahwa anda tidak serius dengan posisi tersebut.

Seharusnya tunjukkanlah bahwa anda bersemangat dan tertarik dengan posisi di perusahaan mereka.

Bahasa Sulit Untuk Dipahami

Selain penulisan yang kurang rapi, penggunaan bahasa dalam surat lamaran kerja juga perlu diperhatikan. Jangan gunakan bahasa asing atau bahasa yang sulit untuk dipahami.

Tidak perlu juga menggunakan bahasa yang tinggi hanya untuk membuat rekruter terkesan tapi malah menjadi kurang untuk dimengerti.

Demikianlah artikel mengenai hal hal yang diperlukan dalam surat lamaran pekerjaan, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

Jangan lupa untuk mengunjungi website kami, dapatkan informasi lainnya seputar SMK hanya di pklsmk.com. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya..

Related Article…