Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Cara membuat surat lamaran kerja – Apa itu surat lamaran kerja? Apakah anda sudah pernah membuat surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja adalah surat pribadi bersifat resmi yang dibuat dan diajukan oleh seseorang ke perusahaan (instansi) agar mendapat pekerjaan atau jabatan sesuai lowongan pekerjaan yang tersedia.

Surat lamaran kerja menjadi sangat penting kertika seseorang akan melamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja umumnya berisi resume seseorang atau informasi tentang keterampilan dan pengalaman seseorang.

Dalam surat lamaran kerja seseorang harus mengetahui dirinya secara benar, tanpa mengada-ada.

Karena aspek tersebut menjadi salah satu di antara bahan-bahan tersebut yang dinikmati atau perusahaan, apakah seseorang tidak.

Surat lamaran kerja memiliki beberapa fungsi. Fungsi yang paling utama dari surat lamaran kerja yaitu sebagai tanda pengajuan lamaran pekerjaan.

BISAKAH SURAT LAMARAN KERJA TULIS TANGAN?

Cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan

Mungkin sebagian orang bertanya bolehkan membuat surat lamaran kerja tangan? Nah, surat lamaran kerja memang biasanya diketik di Microsoft word agar hasilnya lebih rapi.

Namun, membuat surat lamaran kerja juga bisa kok ditulis tangan.

Lantas lebih baik menggunakan yang mana? Sebenarnya tidak ada peraturan resmi yang mengatakan dan mengatur tentang hal tersebut, karena setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan tersendiri.

Baca Juga :  CV Lamaran Kerja

Jadi membuat surat lamaran kerja diketik dan ditulis tangan itu sama-sama bagus. Memang keduanya pasti memiliki plus minusnya.

KENAPA SURAT LAMARAN KERJA TULIS TANGAN?

Di era teknologi digital yang semakin berkembang pesat, kertas dan pensil lambat laun mulai ditinggalkan.

Adanya era teknologi digital tersebut hal-hal yang berkaitan dengan tulis-menulis kini tidak menggunakan kertas dan pensil lagi.

Namun, ada suatu hal yang masih membutuhkan tulisan sampai saat ini, yakni menulis surat lamaran kerja. Mengapa Surat lamaran kerja perlu ditulis tangan?

  1. Lebih terlihat bersungguh-sungguh dalam melamar kerja.
  2. Surat lamaran kerja dengan tulisan tangan yang bisa digunakan perusahaan untuk menilai karakter pelamar dengan melihat bentuk dan gaya tulisan tangan.
  3. dan HRD menduga bahwa itu hasil tulisan orang lain.
  4. Perusahaan lebih suka menerima surat lamaran kerja yang ditulis tangan, daripada diketik atau beton.
  5. Lebih mengesankan dan personal.

Namun selain beberapa alasan diatas, membuat surat lamaran kerja tangan juga memiliki poin minusnya seperti; proses pembuatannya yang memakan waktu dan jika terjadi kesalahan maka ditulis ulang atau diganti dengan yang baru.

Baca Juga :  Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa

LANGKAH MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA TULIS TANGAN

Sebelum menulis surat lamaran kerja ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan.

Apakah anda masih bingung membuat surat lamaran kerja tangan? Setelah mengetahui hal-hal penting diatas, berikut beberapa langkah dalam penulisan surat lamaran kerja :

  1. Yang pertama tulislah tempat dan tanggal surat tersebut dibuat,
  2. nama surat yang akan dituju serta alamat lengkap perusahaan. Jika Anda tidak mengetahui nama HRD perusahaan, cukup tulisan saja dengan Yth.
  3. Kemudian tuliskan salam pembuka dalam surat, paling tidak dari mana kamu mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut.
  4. tulis biodata pribadi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, email,
  5. Jelaskan kemampuan dan keterampilan yang kamu punya. juga pengalaman kerja anda, jika belum punya pengalaman kerja anda bisa pengalaman kerja jika pernah magang di suatu tempat,
  6. Penutup dan lampiran surat lamaran kerja.
  7. Dan terakhir tuliskan Hormat Saya (nama lengkap dan tanda tangan)

Demikian artikel tentang cara membuat surat lamaran kerja, semoga bermanfaat bagi anda yang masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya tentang SMK hanya di pklsmk.com

Related Article…