Tips Agar Laptop Ngga Gampang Panas

Tips Laptop Ngga Gampang Panas – Bagi kamu pengguna laptop pasti sering mengalami kejadian laptop panas dan mungkin kamu bingung dan mencoba mencari cara maupun tips agar laptop tidak gampang panas. Tentu bagi kamu yang kehidupan sehari-harinya bekerja dengan menggunakan laptop pasti kamu menginginkan laptop tersebut dapat digunakan secara efisien dan cepat agar pekerjaanmu cepat selesai.

Pasti kamu menginginkan agar laptop yang kamu gunakan bisa cepat menerima perintah yang diberikan atau dapat memberikan respon cepat dari setiap perintah yang diberikan. Jika kamu menginginkan hal seperti itu, tentu akan ada kendala yang akan kamu hadapi. Kendala yang sering dialami oleh pengguna laptop yakni laptop yang cepat panas sehingga menyebabkan kinerja laptop melambat atau lemot.

Laptop yang lemot dan mudah panas tentunya akan menghambat pekerjaan sehingga perlu diketahui penyebab dan tips mengatasi laptop cepat panas. Laptop yang cepat panas pasti memiliki faktor penyebab kendala tersebut. Faktor yang menyebabkannya pun beragam mulai dari faktor usia laptop yang digunakan, lokasi laptop pada saat digunakan, faktor ruangan yang berdebu dan seberapa lama laptop digunakan.

PENYEBAB PANAS PADA LAPTOP

Sebelum Anda mengetahui mengenai cara ampuh maupun tips mengatasi laptop yang cepat panas, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebab dari laptop yang cepat panas dikarenakan beberapa penyebab dari laptop yang cepat panas tidak boleh diabaikan. Jika diabaikan maka dapat menganggu kinerja laptop dan menghambat laptop menerima perintah yang diberikan bahkan bisa menyebabkan laptop error dan rusak.

Kondisi laptop cepat panas memiliki efek buruk jangka pendek dan efek buruk jangka panjang. Efek buruk jangka pendek dari laptop yang cepat panas dan diabaikan yakni kinerjanya akan melambat ketika digunakan sehingga membuat penggunanya tidak nyaman. Sementara untuk efek buruk jangka panjangnya yakni komponen pada bagian dalam laptop akan mengalami kerusakan. Pastinya umur laptop tidak akan panjang lagi.

Sebenarnya masa hidup dari laptop sendiri tergantung kepada bagaimana kamu menggunakan dan merawatnya sehingga ketika semakin baik perawatan yang kamu berikan untuk laptop maka akan semakin lama pula masa hidupnya. Biasanya laptop yang panasnya melebihi batas akan mati dengan sendirinya karena terdapat pengaturan otomatis dalam BIOS yang mematikan laptop agar bisa melindungi hardware atau perangkat keras dari panasnya laptop yang berlebih.

Baca Juga :  10 Keunggulan Keyboard Wireless

Desain laptop yang tipis dan ramping membuat laptop ruang sirkulasi tidak luas dan perlu ditambahkan kipas eksternal. Meskipun laptop biasanya sudah dilengkapi dengan kipas pendingin akan tetapi jika semakin berat pekerjaan yang kamu kerjakan maka akan semakin panas pula laptopnya. Jika Anda masih ingin menggunakan laptop Anda beberapa tahun ke depan maka rawatlah laptop Anda dengan baik dan benar.

KESALAHAN YANG SERING TERJADI SEHINGGA MENYEBABKAN LAPTOP PANAS

Mengangkat Laptop Dari Layarnya

Kesalahan yang sering dilakukan pengguna laptop yakni mengangkat laptop dari layarnya. Terlihat seperti hal sepele tapi jika terus menerus kesalahan mengangkat laptop dari layarnya dilakukan maka akan mempengaruhi hardware. Layar laptop memiliki sekrup logam yang menyambungkannya dengan badan laptop sehingga ketika Anda mengangkat laptop dari layarnya lama kelamaan akan membuat sekrup logam itu menjadi longgar dan bisa lepas. Maka biasakan mengangkat laptop dengan benar.

Tidak Mematikan Laptop Dengan Benar Setelah Menggunakannya

Kesalahan ini merupakan penyebab yang paling sering dilakukan oleh pengguna laptop yakni hanya menutup layar laptop setelah menggunakannya. Padahal ketika Anda menutup layar laptop bukan berarti Anda benar-benar mematikannya hanya saja membuat laptop dalam keadaan sleep. Jika kesalahan ini sering dilakukan tentunya baterai laptop akan menjadi boros, speaker pun bermasalah dll.

Memangku Laptop Diatas Paha

Kesalahan ini menjadi penyebab paling sering dari overheating dikarenakan sirkulasi udara yang terdapat pada bagian bawah laptop menjadi terhambat dikarenakan ventilasi perangkat tersebut terletak dibagian bawah dan kulit maupun pakaian yang kamu pakai akan menghalangi udara keluar masuk sehingga disarankan untuk meletakan laptop pada meja dari kayu atau Anda bisa memasang fan dibawahnya.

Terlalu Sering Membuka Aplikasi Yang Banyak Sekaligus

Kebiasaan ini akan membuat laptopmu bekerja lebih keras sehingga laptop akan menjadi lebih cepat panas dan melambat meskipun laptop memang dirancang multitasking tapi bukan berarti Anda bisa membuka banyak software sekaligus. Kebiasaan ini menyebabkan umur laptop pendek dan cepat rusak.

Tidak Memasang Antivirus

Memasang aplikasi tentu akan lama terlebih lagi software antivirus. Anda harus tahu bahwa tidak ada laptop yang aman dari serangan malware dan virus. Lebih baik menunggu berjam-jam memasang software antivirus daripada harus mengeluarkan uang untuk memperbaiki laptop yang terkena serangan malware maupun virus.

Laptop Belum Pernah Direset

Anda bisa melakukan reset ketika Anda merasa bimbang kinerja laptop Anda semakin lambat. Restart dengan reset tentu tidak sama. Cara untuk menginstal ulang sistem operasi laptop bisa disebut dengan reset. Sebelum melakukan reset pastikan Anda sudah memindahkan semua file yang terdapat didalamnya yakni dengan cara buka Settings lalu pilih Update & Security lalu pilih Recovery dan klik Reset This PC. 

Baca Juga :  Rumor Type C pada Iphone generasi selanjutnya

Tips Agar Laptop Ngga Gampang Panas

 

Tips Agar Laptop Ngga Gampang Panas

Hindari Menggunakan Laptop Terlalu Sering

Pengunaan laptop yang intens dapat membuat kinerja laptop bekerja lebih keras dan hal ini yang dapat menyebabkan panas pada laptop maka dari itu ketika menggunakan laptop beri jeda sebentar. Terlebih lagi ketika laptop digunakan untuk melakukan program berat maka semakin lama laptop digunakan suhunya akan bertambah panas. Jika tidak diimbangi dengan sistem pendingin yang baik, dapat mengalami overheating

Beri Perawatan Pada Sistem Pendinginan Laptop

Perawatan dan pembersihan sistem pendinginan laptop merupakan hal yang penting untuk menghindari panas berlebih bagi laptop karena dari sejak pertama Anda membeli laptop sampai sekarang digunakan tentunya banyak sekali debu dan kondisi inilah yang membuat sirkulasi udara tidak lancar sehingga mengakibatkan tidak optimalnya penurunan suhu yang berakibat kepada panas berlebih bagi laptop.

Anda dapat membuka casing laptop lalu membersihkan debu-debu yang menempel pada kipas GPU, CPU, Mainboard. Gunakan vacuum cleaner maupun bloower untuk membersihkan bagian yang sulit dibersihkan dan selanjutnya Anda bisa mengganti pasta thermal dengan yang baru. Pasta thermal yang kering akan membuat processor menjadi cepat panas dikarenakan aliran panas dari processor ke heatsink jadi tidak lancar. Pasta thermal sendiri berfungsi mendinginkan processor.

Bersihkan Virus dan Malware

Virus menjadi penyebab yang paling sering muncul dalam membuat laptop menjadi cepat panas. Virus dapat membuat laptop bekerja secara terus menerus dan menguras CPU dan memori sehingga dapat menyebabkan suhu laptop meningkat. Untuk mengetahui keberadaan virus atau malware yakni apabila terdapat program yang berjalan memakai resource memori dan CPU berjalan dengan tidak sewajarnya. Pastikan Anda tidak menginstal sembarang aplikasi dari sumber yang tidak jelas dan lakukan scan secara menyeluruh dengan menggunakan software antivirus.

Letakan Laptop Pada Permukaan Datar

Meletakan laptop pada permukaan yang keras seperti meja dari kayu akan membuat sirkulasi udara dari bawah laptop menjadi lancar dan tidak terhambat. Pastikan Anda tidak meletakan laptop pada permukaan yang tidak datar dan tidak keras.

Ruangan Dengan Sirkulasi Udara Yang Lancar Dan Gunakan Cooling Pad

Pastikan Anda menggunakan laptop pada ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan Anda bisa menggunakan cooling pad sebagai solusi murah meriah untuk mengatasi laptop dari panas berlebih.

Demikian artikel Tips Agar Laptop Ngga Gampang Panas. Sekian dan terimakasih.

Related Article…