Cara Scan Barcode Dan QR Code Di HP Android

Cara Scan Barcode dan QR Code – Cara scan barcode di HP kini menjadi hal yang perlu dijangkau oleh pengguna smartphone. Karena barcode saat ini sangat dibutuhkan banyak orang untuk berbagai keperluan, mulai dari pembayaran non-tunai hingga akses masuk ke sebuah tempat.

Barcode atau QR code merupakan kode batang dengan bentuk garis yang bisa dibaca oleh mesin. Saat ini hampir semua ponsel pasti memiliki aplikasi atau fitur untuk memindai kode tersebut. Scan barcode dianggap efektif untuk mengurangi sentuhan fisik masa pandemi.

Selain untuk pembayaran berbagai aplikasi seperti WhatsApp juga membutuhkan scan barcode untuk membagikan kontak ke orang lain dan untuk membuka aplikasi WhatsApp di laptop. Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara scan barcode atau QR code simak artikel berikut ini

KODE QR APA ITU?

Kode QR adalah salah satu teknologi yang sangat praktis dan banyak digunakan di era serba digital ini, sehingga kode QR menjadi sesuatu yang penting. Pastinya kalian juga pernah menemukan di berbagai tempat. Akan tetapi, tahukah kalian apa itu QR code?

Kode QR atau Quick Response Code adalah kode barcode dua dimensi yang mampu menyimpan berbagai jenis informasi secara langsung. Untuk membuka kode QR ini diperlukan pemindaian atau pemindaian menggunakan ponsel cerdas. Kode QR umumnya mampu menyimpan 7089 digit angka dan 4296 karakter, termasuk tanda baca karakter sepesial di dalamnya. Sehingga kode QR mampu menampilkan teks pada pengguna, membuka URL, menyimpan kontak pada buku telepon dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Mudah

Cara Scan Barcode Dan QR Code Di HP Android

Dibandingkan dengan barcode, QR code dinilai dapat menampung informasi lebih banyak karena menggunakan teknologi dua dimensi yang dapat mengkodekan informasi secara melintang dan membujur, barcode hanya menggunakan satu dimensi.

SCAN DENGAN APLIKASI BAWAAN

Scan barcode dan QR code di HP Android bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi bawaan dari HP Android. Cara yang satu ini bisa dikatakan cara yang paling mudah untuk memulai barcode, dengan catatan Android milik harus dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti scanner atau pemindai.

Berikut langkah-langkah penemuan barcode menggunakan aplikasi bawaan :

  1. Buka aplikasi scanner yang ada di HP Android anda, biasanya terdapat fitur kamera atau di pengaturan jendela layar.
  2. Fokuskan kamera HP pada barcode atau QR code yang ingin anda pindai
  3. Dalam hitungan detik Anda akan dialihkan ke halaman hasil berupa tautan atau portal. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi yang ada dalam kode QR tersebut, anda bisa menekan tombol “Go to website”.
  4. Setelah itu, Anda akan menuju mesin dan berkunjung ke tautan dari hasil kode QR tadi.

SCAN DENGAN GOOGLE LENS

Cara kedua untuk scan barcode atau QR code anda bisa memanfaatkan fitur dari google assistaned yaitu google lens.

Google lens adalah teknologi image dari google yang berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai objek yang diidentifikasi lewat analisis visual berdasarkan jaringan syaraf/ neural. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Google di HP anda.
  2. Klik ikon kamera di Google tersebut.
  3. Arahkan kamera HP ke barcode dan QR code yang akan dipindai.
  4. Setelah itu, pop up berupa informasi atau link tujuan akan muncul disana.

REKOMENDASI ​​APLIKASI UNTUK MEMBACA QR CODE

Scan barcode dan QR code memang bisa menggunakan aplikasi bawaan HP. Sayangnya tidak semua HP Android memiliki fitur pemindai bawaan. Tapi tidak perlu khawatir, sekarang banyak aplikasi kode QR yang bisa Anda unduh secara gratis di play store maupun App store.

Baca Juga :  Cara Memperoleh Jangkauan Sinyal WiFi Dengan WiFi Extender

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk membaca QR code yang bisa Anda pilih

Pemindai QR & Kode Batang

Rekomendasi aplikasi scan barcode pertama ada QR & Barcode Scanner. Aplikasi ini merupakan salah satu yang populer di Google play store. Aplikasi ini dapat membuka barcode dan kode QR dengan cepat.

Tidak hanya itu, QR & Barcode Scanner juga dapat mengarahkan pengguna ke halaman web, lokasi, detail WiFi, dan informasi produk yang lengkap.

QRbot

Aplikasi scan barcode yang satu ini memiliki antarmuka yang sederhana sehingga mudah digunakan. Aplikasi ini mendukung penggunanya untuk berbagai macam format kode batang seperti QR code, Data Matriks, UPC, EAN, Aztec, Kode 39 dan sebagainya.

Selain untuk sacn barcode dan QR code, aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk membuat barcode itu sendiri.

Pemindai QR GRATIS: Pemindai Kode Batang & Pemindai Kode QR

Rekomendasi aplikasi scan barcode selanjutnya yaitu FREE QR Scanner. Aplikasi yang dibuat oleh InShot Inc ini memiliki kemampuan untuk mengetahui berbagai macam kode batang dan kode QR seperti produk, URL, WiFi, lokasi, buku email, kontak, dan sebagainya.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan tentunya juga gratis. Tidak hanya untuk memindai barcode saja, aplikasi ini juga bisa anda gunakan untuk melihat kode promo atau keaslian suatu produk.

Demikian artikel mengenai cara scan barcode dan QR code di HP Android, semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk informasi lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Article…