Tentang Motherboard Dan Kegunaannya

Tentang Motherboard Dan Kegunaannya – Istilah motherboard pasti sudah tidak asing lagi di telinga para orang-orang yang sering ditemukan dengan perangkat keras seperti yang terdapat pada komputer maupun server sekalipun. Jadi motherboard ini menjadi salah satu unit perangkat keras atau hardware yang sering dikenal sebagai mainboard atau mobo. Tahukah kamu bahwa mainboard atau mobo atau motherboard ini merupakan komponen penting yang terdapat pada komputer.

Komponen motherboard ini yang terdapat pada komputer tanpa tujuan. memiliki tujuan serta tugas utama sebagai papan sirkuit utama yang bertujuan menghubungkan antara komponen elektronik dengan perangkat keras atau perangkat keras. Manfaat lain dari adanya motherboard juga dapat dirasakan oleh para pengguna komputer seperti membuat semua peralatan komputer terhubung dan bekerja sama sehingga komputer bekerja dengan lancar dan saling terhubung. 

PENGERTIAN MOTHERBOARD

 

Motherboard atau bisa disebut sebagai mainboard atau mobo atau logic board atau systemboard, baseboard dan dalam bahasa indonesia sendiri yaitu papan induk merupakan Printed Circuit Board (PCB), yang berfungsi sebagai penyedia konektivitas listrik bagi seluruh perangkat eksternal pada komputer dan menjadi tulang punggung komputer.Pada motherboard ini semua komponen komputer terpasang seperti CPU, slot RAM, slot PCI dan port USB dan memiliki kemampuan mengontrol perangkat seperti hard drive, drive DVD, keyboard dan mouse.

Fungsi utama pada motherboard yakni membuat seluruh komponen di komputer bekerja sama. Selain itu, motherboard itu sendiri datang dengan spesifikasinya sendiri agar sesuai dengan jenis dan ukuran perangkat kerasnya. Jadi setiap motherboard dirancang untuk prosessornya sendiri dan memorinya tertentu yang menyebabkan tidak semua jenis motherboard cocok dengan perangkat Anda.

Dikarenakan terhubung ke seluruh komponen komputer bukan berarti motherboard ini memengaruhi kinerja perangkat keras, kinerja perangkat yang terpasang tergantung pada chipset yang terpasang pula. Lembaran bahan non-konduktif yang kuat dan kaku yang kemudian lapisan aluminium foil akan dicetak pada lembaran ini merupakan bukti fisik motherboard. Lapisan tembaga atai trace yang kecil membentuk sirkuit. Motherboard berisi sejumlah soket dan slot untuk saling terhubung.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Case PC Gaming di Bawah 1 Juta

KEGUNAAN MOTHERBOARD PADA KOMPUTER

Motherboard pada komputer

Ada banyak kegunaan motherboard pada komputer selain sebagai tempat untuk memindahkan daya dan menyediakan tempat dimana komponen dapat berkomunikasi satu sama lain atau saling terhubung agar seluruh komponen dalam komputer bekerja dengan lancar dan menjadikan motherboard ini sebagai rumah tempat tinggal bagi para komponen komputer. di dalam mengatur kode basic input atau output system (BIOS) pada ROM atau chip read-only memory.

Kode BIOS adalah sebuah firmware yang tidak dapat hilang meski komputer dalam kondisi mati dan tidak dapat diubah oleh aplikasi perangkat lunak dan memungkinkan penggunaan perangkat eksternal yang mampu meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri. Perangkat dapat digunakan dengan komputer dengan menggunakan port-port yang telah disediakan. Adapun fungsi lainnya sebagai berikut :

  1. Mentransfer data ke semua komponen komputer.
  2. Menghubungkan komponen seperti komponen CPU, RAM, Video Card.
  3. Menjadi pusat komunikasi ke seluruh komponen baik secara langsung maupun tidak.
  4. Menyediakan tata letak untuk semua komponen dalam komputer.
  5. Menyebarkan daya untuk bagian komputer.
  6. Menghubungkan berbagai antarmuka komponen.
  7. Mengirimkan data trafik ke semua bagian komputer.

JENIS-JENIS MOTHERBOARD

Setelah mempelajari pengertian serta kegunaan motherboard pada komputer, maka untuk memperdalam pengetahuan Anda dapat mempelajari juga tentang berbagai macam jenis motherboard karena pada setiap jenis motherboard itu untuk spesifikasi perangkat yang berbeda pula. Berikut jenis-jenis motherboard yang mungkin perlu Anda ketahui :

Motherboard jenis AT Baby atau AT

Motherboard jenis AT Baby atau AT merupakan motherboard dengan tipe komputer pertama dan masih menggunakan format 386 dan 486 kemudian format ini mengalami perubahan menjadi ATX agar sirkulasi udara berjalan lebih baik.

Motherboard jenis ATX

Motherboard jenis ini bisa Anda ubah menjadi jenis AT jika Anda menginginkan pemakaian yang lebih efektif. Motherboard jenis ATX menjadi beberapa kategori seperti motherboard jenis standar ATX, mini-ATX, micro-ATX, nano-ATX, pico ATX.

Berikut penjelasan mengenai kategori motherboard jenis ATX :

Motherboard jenis ATX kategori standar ATX memiliki dimensi sekitar 355×244mm akan tetapi tergantung dari variasi manufaktur-nya dan menawarkan lebih banyak slot ekspansi seperti 4 slot RAM, 2 slot PCIe, port USB dan port lainnya agar konektivitasnya lebih fleksibel. Jenis ini hanya cocok untuk casing yang mendukung motherboard full ATX dan Extended ATX.

Baca Juga :  Rekomendasi Headset Gaming

Motherboard jenis ATX kategori micro ATX yang memiliki dimensi yang lebih kecil 244×244mm dan memiliki port yang lebih sedikit dibandingkan dengan kategori standar ATX. Berbeda dengan motherboard jenis ATX kategori standar ATX yang cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan banyak penghubung port dan slot ekspansi, maka motherboard jenis ATX kategori micro ATX ini digunakan untuk Anda yang tidak ingin terlalu banyak konektivitas dan upgrade. Jenis ini cocok untuk casing apapun yang memiliki cukup ruang dan casing yang lebih besar dari kategori standar ATX dan extended ATX.

Motherboard jenis ATX kategori extended ATX memiliki dimensi 344×330mm dan dirancang untuk dual CPU, konfigurasi tunggal, 8 slot RAM dan memiliki lebih banyak slot PCIe dan PCI yang tergantung pada tujuan masing-masing seperti workstation dan server. Kategori ini dirancang untuk komputasi dekstop dan memiliki ruang yang cukup untuk memasang dan mendinginkan periferal.

Motherboard jenis BTX

Jenis motherboard ini dirancang dan didesain agar sirkulasi udara berjalan dengan baik, serta pengendalian dan pengendalian yang kompatibel dengan perangkat intel. Motherboard jenis BTX ini menggunakan daya yang sama dengan motherboard jenis ATX. Fitur menarik dari motherboard jenis BTX ini yaitu pengaliran udara secara in-line di dalan komputer berarti slot memori dan slot ekspansi tidak berada pada tempat yang sama layaknya komponen utama. Seperti contoh prosesor, kartu video, chipset yang dikenal dapat memperoleh aliran udara yang sama maka dari itu penggunaan kipas akan dikurangi.

Motherboard jenis ITX

Motherboard jenis ini motherboard yang sudah menggunakan Teknologi Informasi Extended yang sangat kompatibel dengan format VIA menjadikan motherboard jenis ITX ini sangat cocok untuk dijadikan mini PC serta memiliki jenis yang sama seperti mini-ITX atau nano-ATX.

Demikian penjelasan tentang Motherboard dan kegunaannya. Kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya. Semoga bermanfaat!

Related Article…