Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Mudah

Cara menyambungkan laptop ke TV dengan mudah – Dengan kemajuan teknologi dan internet saat ini kita bisa mengakses film menggunakan perangkat laptop. Bagi anda pengguna laptop, bosan gak sih kalau menonton film pada layar yang hanya memiliki ukuran 14 inci.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyambungkan laptop ke TV agar bisa menikmati nonton film dengan layar yang lebih lebar. Menonton film dengan TV tentunya akan lebih mengasyikkan. Resolusi layar yang lebar, gambar yang jernih serta suara yang lebih jelas akan menambah keseruan menonton.

Selain untuk menonton, menyambungkan laptop ke TV juga bisa mempermudah saat melakukan presentasi. terlebih lagi jika TV tersebut memiliki ukuran layar yang sangat lebar. TV yang lebar bisa berfungsi sebagai pengganti layar proyektor.

Menyambungkan laptop ke TV dapat dilakukan dengan mudah, bisa menggunakan kabel seperti Kabel VGA, HDMI, USB-C maupun nirkabel dengan menggunakan perangkat Dongle Google Chromecast. Bagaimanakah caranya? Berikut beberapa cara yang sudah kami rangkum.

Menggunakan Kabel VGA

menyambungkan laptop ke TV dengan kabel VGA

Kabel VGA (Video Graphic Array) merupakan kabel yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal video dari komputer ke monitor atau proyektor. Kabel VGA juga bisa anda gunakan untuk menyambungkan laptop ke TV.

Kabel VGA umumnya digunakan pada pengguna yang memiliki laptop dan TV tipe terdahulu. Namun, kabel VGA memiliki kualitas video resolusi yang rendah, jadi walaupun laptop sudah dihungkan menggunakan kabel VGA, audio akan tetap terdengar di laptop.

Untuk menghubungkannya anda memerlukan kabel terpisah untuk menangani audio. Berikut adalah langkah-langkah menghubungkannya

  1. Nyalakan laptop dan TV anda
  2. Kemudian sambungkan kabel VGA ke laptop dan TV tersebut. Untuk menyambungkan audio silahkan anda gunakan kabel tambahan.
  3. Tekan tombol input pada remote TV anda
  4. Pilih PC atau RGB
  5. Jika tidak otomatis terhubung ke laptop anda perlu melakukan setting manual, caranya masuk ke setting > System > Display  kemudian pilih TV.
  6. Atur resolusi gambar agar sesuai dengan TV.

Menggunakan Kabel HDMI

Salah satu cara termudah untuk menghubungkan laptop ke TV yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan kabel HDMI. HDMI (High Definition Multimedia Interface) merupakan teknologi multimedia yang memungkinkan anda untuk mentransfer video dan audio dari suatu perangkat ke perangkat lain.

Baca Juga :  Monitor Pada PC

Ada beberapa jenis sinyal audio digital yang dihasilkan dari HDMI, seperti Dolby TrueHD, PCM, DTS-HD Master Audio, DVD audio, serta Super Audio  CD.

Kabel HDMI dapat memberikan kualitas video yang terbaik. Selain itu, HDMI juga dapat menangani file dalam bentuk audio beresolusi tinggi. Jadi sangat bagus untuk streaming di TV.

Cara menghubungkan laptop ke TV menggunakan kabel HDMI adalah dengan memasang kabel dari bagian belakang TV dan disambungkan ke port HDMI yang ada pada laptop.

Apa sih bedanya kabel VGA dengan kabel HDMI? Perbedaan pertama ada pada jenis sinyal, kabel VGA dengan sinyal analog sedangkan kabel HDMI dengan sinyal digital.

Yang kedua, kabel VGA hanya bisa menghubungkan video visual saja tanpa audio, sedangkan kabel HDMI bisa menghubungka data video dan audio dengan jelas.

Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara menyambungkan laptop ke TV menggunakan HDMI, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Nyalakan laptop dan TV
  2. Lalu sambungkan kabel HDMI ke dari laptop ke TV. Sebelumnya pastikan dulu windows pada laptop anda sudah up-to-date.
  3. Atur input yang benar pada TV menggunakan remote (biasanya dilakukan dengan menekan tombol AV)
  4. Namun, jika tidak otomatis terhubung maka anda harus melakukan setting secara manual, caranya pilih setting > System > Display kemudian pilih TV
  5. Setelah selesai, atur resolusi gambar yang sesuai dengan layar TV

 

Menggunakan Kabel USB-C

USB-C merupakan spesifikasi USB untuk sebuah konektor 24-pin yang digunakan untuk mentransfer data serta tenaga listrik. Kabel USB-C juga bisa anda gunakan untuk menyambungkan laptop ke TV.

Ada beberapa laptop yang tidak memiliki port HDMI dan VGA. Terutama di era sekarang ini, dimana laptop sudah dibuat setipis mungkin. Namun, jika laptop dan TV anda memiliki port USB-C. Anda bisa menggunakan kabel USB-C untuk menyambungkan laptop anda ke TV.

Namun, tidak semua kabel USB-C dapat membawa sinyal video. Jadi periksa dahulu sebelum membeli kabel USB-C. Jika tidak ada port USB-C, anda harus menggunakan adapter tambahan agar bisa dikonversikan menjadi HDMI. Berikut ini cara menyambungkan laptop ke TV melalui kabel USB-C.

  1. Nyalakan TV dan laptop
  2. Hubungkan kedua perangkat menggunakan kabel USB-C, atau gunakan adaptor USB-C ke HDMI.
  3. Atur input yang benar pada TV dengan remot (tergantung pada kabel yang digunakan)
Baca Juga :  Apa Sih Itu Cardreader? Yuk Kita Bahas

Menggunakan Dongle Google Chromecast

Selain menggunakan kabel, menyambungkan laptop ke TV juga bisa secara wireless atau tanpa kabel. Salah satu caranya dengan menggunakan google chromecas.

Google Chromecast merupakan sebuah dongle atau adaptor HDMI yang berfungsi untuk menghubungkan TV dengan laptop ataupun gadget melalui internet.

Cara ini cocok untuk anda yang ngga mau ribet dengan membeli kabel. Karena, google chromecas sudah dilengkapi kabel ekstensi HDMI yang berukuran pendek. Kabel tersebut tidak perlu disambungkan ke laptop.

Anda cukup menyambungkan kabel chromecas di port HDMI TV lalu hubungkan ujung lainnya ke port USB pada TV. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan google chromecas.

  1. Nyalakan TV kemudian pilih input HDMI yang tepat  sesuai dengan chromecas menggunakan remote TV. Jika sudah terhubung silahkan akses google.com/chromecast/setup di laptop. Apabila anda ingin menggunakan android atau IOS, cari aplikasi “Chromecast” di play store atau App store. kemudian install aplikasi tersebut.
  2. Setelah terinstal langsung buka aplikasi tersebut, lalu pilih menu set up untuk menghubungkan ke jaringan Wi-Fi. Kemudian pilih negara anda saat ini, lalu klik next.
  3. Setelah itu, tunggu hingga aplikasi terhubung ke chromecas. Kemudian verifikasi kode di TV dan laptop. Setelah terverifikasi, laptop anda pun siap digunakan sebagai remot control.

Selain menggunakan google chromecas, anda juga bisa menggunakan Xiaomi Mi Stick, cara kerjanya pun hampir sama, dan harganya lebih murah.

Demikian artikel mengenai cara menghubungkan laptop ke TV yang bisa anda praktekan dengan mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba menyambungkan laptop ke TV. Kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya. Terimakasih

Related Article…