5 Rekomendasi Wifi Router Murah Dan Cepat Tembus Tembok

5 Rekomendasi Wifi Router Murah – Perkembangan teknologi membuat munculnya banyak teknologi canggih misalnya saja seperti WiFi router. Saat ini hampir semua kebutuhan yang kita perlukan pasti menggunakan akses internet dikarenakan jika tidak terdapatnya internet maka kehidupan dan pekerjaan kita akan jauh lebih susah. Ketika Anda ingin menggunakan internet melalui WiFi, router ini menjadi titik awal dari terhubungnya akses internet kepada

Anda sehingga Anda dapat mengakses internet melalui layanan WiFi tersebut. Internet yang selama ini terhubung merupakan jasa dari router kepada kita sehingga kita dapat dengan mudah menikmati layanan internet.
Internet menjadi penunjang dari berbagai komunikasi bahkan sampai ke luar Jadi router ini sebagai penunjang dari terhubungnya internet.

Sementara itu, proses menghubungkan akses internet melalui router dinamakan routing. Tanpa proses routing ini, tentunya kamu tidak akan bisa berselancar internet dengan mudah layaknya saat ini.

Tentunya ketika Anda ingin menggunakan router haruslah memilih router yang tepat dengan begitu Anda dapat berselancar internet dengan cepat serta menghindari titik mati WiFi yang dapat membuat Anda kesal. Simak artikel berikut ini agar Anda dapat lebih memahami pengertian router dan tips memilih router yang tepat.

ROUTER

Router dapat diartikan juga sebagai perangkat yang mendukung jaringan internet agar perangkat lain bisa mendapatkan akses internet juga. Router ini membagikan akses internet dan mempermudah akses internet yang berasal dari modem ataupun perangkat lain agar dapat dibagikan layanan internetnya kepada perangkat lain yang tersambung.

Melalui proses routing, router mentransmisikan paket data dari jaringan internet kepada perangkat yang tersambung. Proses routing ini merupakan proses menghubungkan atau meneruskan paket data jaringan yang satu kepada yang lainnya. Router meneruskan paket data dari jaringan ke alamat IP atau internet protocol yang dituju.

Aktivitas ini dilakukan dengan cara memeriksa alamat IP dengan menggunakan tabel header. Kemudian setelah proses dilakukan, router dapat memungkinkan perangkat yang tersambung menggunakan koneksi internet yang sama.

Ternyata fungsi router bukan terdapat pada itu saja, router dapat menganalisis dan bahkan mengubah apapun agar dapat melakukan transfer data dan dari analisis inilah data yang dimodifikasi dapat dibagikan ke jaringan lain. Sementara untuk fungsi router pada umumnya yakni sebagai penghubung jaringan dan mentransmisikan informasi.

Penghubung jaringan ke DSL, packet filtering, peripheral and file sharing juga merupakan fungsi lain dari router. Router sangatlah berbeda dengan modem karena router membantu terhubungnya sinyal digital pada modem ke beberapa perangkat di dalam dan modem hanya menjalin koneksi internet dan mengubah sinyal.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Case PC Gaming di Bawah 1 Juta

TIPS MEMILIH ROUTER

Rekomendasi Wifi Router Murah

Source : tp-link.com

Penentu kecepatan jaringan internet dirumah yakni router wifi. Maka dari itu dalam memilihnya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Tentukan Kecepatan WiFi Yang Dibutuhkan

Menentukan kecepatan wifi yang dibutuhkan menjadi langkah awal dalam memilih router wifi yang tepat. Kecepatan dari router yang digunakan pun beragam yakni mulai dari 350 Mbps sampai 1900 Mbps.

Agar sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat bertanya kepada penyedia layanan mengenai penggunaan yang tepat. Carilah tempat yang ideal agar router dapat menangkap sinyal dengan baik.

Cek Antena Router Wifi

Sinyal internet yang ditangkap merupakan hasil kerja dari fungsi antena router wifi lalu internet ini memancarkan sinyal internet yang ditangkap kepada area yang terjangkau.

Jika ingin membuat sinyal lebih stabil saat digunakan tanpa harus bimbang mengenai sekat maupun penghalang lainnya, maka pastikan Anda harus memiliki antena eksternal. Antena internal dan eksternal haruslah Anda periksa dan pada saat membeli router pastikan antena internal dalam kondisi yang baik pula.

Periksa Port USB

Selain memeriksa antena internal dan eksternal, periksa juga port USB apakah terhubung dengan perangkat atau tidak. Koneksi yang terhubung dari router ke perangkat merupakan hasil dari kerja port USB.

Port USB yang digunakan haruslah kompatitabel dengan komputer Anda. Periksa juga perangkat lunak bawaan yang terdapat pada router karena ini akan memudahkan Anda ketika menggunakannya, untuk instalasi dan update fitur yang terdapat pada router.

Periksa Tingkat Keamanannya

Dengan memeriksa tingkat keamanannya, Anda dapat menjaga lalu lintas internet agar Anda lebih nyaman dan tanpa rasa khawatir ketika digunakan. Dengan begitu maka Anda dapat menghindari pemakaian ilegal dari orang lain sehingga memperlambat koneksi internet Anda.

Keamanan pada router yakni diantaranya WPA, WEP, WPA2. Router dengan tingkat keamanan paling tinggi yakni WPA2. Terdapat pula fitur Parental Control yang dapat mengontrol dan memblokir konten yang tak pantas untuk anak-anak.

Periksa Teknologi Dual Band Dan Network Standar

Dual band adalah teknologi dua radio yang berfungsi menangkap sinyal. Satu radio kecepatannya 2,4 GHz sementara satunya yakni kecepatannya 5.0 GHz. Dua radio ini membantu mengakses internet lebih cepat. Periksa network standar wireless router. 8,2.11n merupakan standar network sekarang. Pilihlah network standar saat ini dikarenakan harganya lebih terjangkau dan jaringannya cepat.

5 REKOMENDASI WIFI ROUTER MURAH

Jika kamu ingin memilih router yang tepat untuk memperlancar jaringan internet di rumah, mungkin beberapa rekomendasi router ini bisa dijadikan pilihan. Beberapa yang mungkin bisa dipertimbangkan antara lain :

Baca Juga :  Perbandingan Intel dan AMD

TP-Link WR820N

Kecepatan nirkabelnya mencapai 300 Mbps pada pita 2.4 GHz. Kecepatan ini sangat lancar dan sesuai dengan kebutuhan dalam menyelesaikan tugas sehari-hari. Tersedia dengan jaringan terpisah untuk tamu dan tentunya kompatitabel dengan internet protocol versi 6. Terdapat dua antena yang kuat yakni 5dBi serta MIMO 2×2 yang berfungsi meningkatkan transimisi nirkabel dengan memberikan jangkauan lebih luas serta intensitas sinyal yang lebih kuat. Dibanderol dengan harga 150 ribuan saja Anda sudah dapat memiiki router ini dengan berbagai fitur canggihnya.

Tenda Dual Band AC6 Router

Router ini memiliki 4 antena High Gain 5dBi yang dipercaya dapat memperluas jangkauan sekaligus menstabilkan sinyal. Total bandwich kecepatan dari router ini mencapai 1167 Mbps yang terbagi dua. Mendukung dual band 2.4 GHz dan 5.0 GHz yang 876 Mbps untuk band 5.0 GHz sementara 300 Mbps untuk band 2.4 GHz dan sudah dibekali dengan chip broadcom 900 Mhz yanh punya perfoma 3 kali lebih baik. Mempunyai harga berkisar 350 ribuan saja loh.

Xiaomi Mi Router 4A Gigabit Edition

Mampu mendistribusikan jaringan ke setiap perangkat dengan total daya sampai 15W. Terdapat pula dua frekuensi yakni 2.5 GHz dan 5GHz serta memiliki 4 antena tingkat tinggi omni-direksional yang telah diuji secara presisi dan router ini ternyata dapat dihubungkan hingga 64 perangkat. Dapat dikelola melalui aplikasi Mi WiFi. Router ini dipercaya dapat membantu sinyal lebih kuat dan jangkauan lebih luas. Harga berkisar 400 ribuan saja Anda dapat memiliki router yang sangat menakjubkan ini.

Mercusys MW302R

Mampu memberikan koneksi yang stabil hingga 300 Mbps dan sudah kompatitabel dengan internet protocol versi 6. Terdapat empat mode dalam satu perangkat yang terdiri dari mode router, mode titik akses, mode pemanjangan jangkauan, mode WISP ISP dan memiliki dua antena canggih 5dBi yang memberikan jangkauan lebih luas dan sinyal yang kuat meskipun dalam rumah yang besar sekalipun. Harga berkisar 135 ribuan saja dan tentunya ini sangat terjangkau.

D-Link Router WiFi DIR 809

Router ini digunakan untuk kebutuhan standar seperti bermain game, menonton video dan membuka sosial media. Memiliki 3 antena high gain yang mampu memaksimalkan sinyal dan dual band dimana yang 2.4 GHz memiliki kecepatan hingga 300 Mbps dan satunya 5 GHz dengan kecepatan hingga 433 Mbps. Memiliki 3 fungsi yakni router, repeater, access point dengan harga hanya 300 ribuan saja.

PENUTUP

Sekian artikel mengenai pengertian dari router, dan tips memilih router yang tepat dan baik, serta beberapa rekomendasi wifi router terbaik dengan harga terjangkau. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami lebih dalam mengenai router dan mungkin menjadi rekomendasi bagi Anda ketika ingin membeli router. Sekian dan terimakasih.

Related Article…