SSD dan HDD Lebih Bagus Mana Si ?

SSD dan HDD Lebih Bagus Mana Si ? – SSD dan HDD dikenal sebagai teknologi perangkat keras non-volatile dapat menyimpan data agar tidak hilang. Bahkan ketika daya listrik mati sekalipun.

SSD dan HDD Lebih Bagus Mana Si ?

Ternyata SSD dan HDD itu tidak sama loh. Mereka memiliki spesifikasi penyimpanan dengan teknologi yang jauh berbeda. Umumnya SSD jauh lebih menarik dibanding HDD akan tetapi beberapa orang masih tetap menggunakan HDD dengan alasannya tertentu.

Tipe SSD memang dikenal jauh lebih mahal dibandingkan HDD. Meskipun SSD mahal tetapi memberikan kelebihan yang jauh lebih baik dibandingkan HDD. Mungkin bagi beberapa orang belum memahami dengan pasti mengenai pengertian SSD dan HDD.

PENGERTIAN SSD DAN HDD

HDD atau yang dikenal dengan Hard Disk Drive menjadi perangkat keras penyimpanan PC yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1953 oleh IBM. HDD dapat menampung data 3.75 MB pada sejak pertama rilis kemudian dapat menampung data hingga 20 TB pada tahun 2017.

Umumnya HDD memakai piringan digital yang dipasang secara berjejer menggunakan spindle yang memiliki satu motor pengendali untuk dapat berputar. Pada head HDD terdapat chamber yang umumnya terdapat pada tiap-tiap piringan agar dapat membaca data yang diberikan.

Baca Juga :  Fitur Terbaru WordPress 6.0

Spindle berputar melalui performa HDD dengan kecepatan berkisar 5400 rpm dan 7200 rpm. Berbeda dengan HDD, SSD menjadi perangkat keras penyimpanan PC yang dikembangkan tahun 2005 oleh Apple dan biasa dikenal sebagai Solid State Drive.

SSD memakai teknologi penyimpanan padat dengan microship atau hampir mirip dengan kartu memory kemudian dikembangkan hingga menggunakan teknologi NAND sehingga dapat mengakses data dengan cepat secara elektrik lalu SSD memakai hardware controller khusus yang dapat memetakan data dan selanjutnya memakai teknologi NCP sekaligus algoritma BCH ECC yang dapat mengakses data dengan cepat dan tidak banyak error.

KEGUNAAN SSD DAN HDD

Kegunaan SSD dan HDD yakni :

Dapat Mengembangkan Bisnis

Perusahaan dapat menyimpan dan mengelola begitu banyak data yang membutuhkan kecepatan dan kinerja yang tinggi dan keandalan transfer.

Travelling

Dapat dimanfaatkan oleh orang yang sering berpergian dan mengabadikan momennya seperti blogger dan vlogger.

Gaming

Performa SSD dan HDD sangat cocok bagi para pemain game karena dapat meningkatkan kecepatan, daya tahan dan efisiensi energi.

Baca Juga :  Perbandingan Intel dan AMD Bagus Mana?

KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN SSD DAN HDD

HDD memiliki kecepatan 60 MB/s untuk membaca dan menulis data sementara SSD memiliki kecepatan rata-rata 550 MB/s. SSD memakai tenaga elektrik untuk mengakses data sementara HDD putarannya jauh lebih lambat dibanding SSD karena harus menunggu putaran spindle dalam mengakses data.

Harga HDD 3 kali jauh lebih murah dibandingkan harga SSD. Space penyimpanan HDD jauh lebih bervariasi dibandingkan space penyimpanan HDD. SSD tahan getaran sementara HDD sensitif getaran. Suhu HDD panas karena putaran spindle sementara suhu SDD jauh lebih dingin.

HDD menghasilkan suara karena putaran spindle sementara SSD tidak menimbulkan kebisingan. HDD jauh lebih berat dibandingkan SSD. Konsumsi daya HDD jauh lebih boros dibandingkan konsumsi daya SSD. Umur SSD dan HDD tergantung oleh pemakaian penggunanya.

Demikian artikel mengenai SSD dan HDD lebih bagus mana si ? Semoga dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda. Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk informasi lainnya yang jauh lebih menarik. Sekian dan terimakasih.

Related Article…