Fakta Keunggulan USB Type C Dibandingkan Micro USB

Fakta Keunggulan USB Type C Dibandingkan Micro USB – Konektor USB Type C merupakan tipe USB baru yang mulai banyak digunakan dan menjadi konektor universal.

Hal ini bukanlah tanpa alasan karena banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh konektor tipe terbaru ini. Apa saja? Mari kita simak.

USB Type C

USB Type C merupakan inovasi antarmuka terbaru yang dikembangkan oleh USB Implementers Forum (USB-IF), dengan jumlah 24 pin konektor agar menjadikan seluruh pengguna elektronik dapat memanfaatkan satu konektor, baik untuk mentransfer data maupun pengisian daya.

USB–C pertama kali diumumkan pada tahun 2014 yang diciptakan untuk generasi terbaru dari USB 3.1, anda bisa merasakan kecepatan transfer data hingga 10 Gbps. Konektor ini juga sudah diterapkan pada laptop, smartphone, dan tablet keluaran terbaru.

Jika pada sebelumnya anda terbiasa untuk membolak-balikkan flashdisk agar dapat mengetahui mana sisi yang benar untuk dihubungkan pada port USB, kini hal tersebut sudah tidak jadi masalah, karena USB Type C bersifat reveresible sehingga anda bebas untuk memasangnya dari sisi manapun. Tak hanya bersifat reversible, tetapi juga bersifat universal yang artinya satu konektor untuk segalanya.

Micro USB

Micro USB pertama kali digunakan di perangkat handphone pada tahun 2008. Konektor ini memiliki bentuk lebar dan pipih yang terpasang di beragam tipe smartphone. Biasanya Micro USB digunakan untuk mentransfer data dan mengisi daya baterai smartphone. Selain itu, aksesoris smartphone seperti power bank juga masih umum menggunakan Micro USB untuk mengisi dayanya.

Baca Juga :  Mau Beli Smartwatch? Yuk Kita Bahas

Micro USB mendukung teknologi USB hingga versi 3.0, tetapi sebagian besar smartphone hanya mengandalkan micro USB versi 2.0. Dari segi teknis, micro-USB punya kecepatan transfer data hingga 5Gbps dan output daya maksimal sebesar 5V dan 1,5A.

Jenis USB Selain Type C dan Micro USB

Lightning

Bagi yang tidak memiliki produk Apple, konektor Lightning ini mungkin terdengar asing bagi anda. Tipe USB yang satu ini didesain khusus oleh Apple untuk menyambungkan perangkat mobile mereka, baik iPhone maupun iPad, ke komputer, adaptor listrik, dan power bank.

Tersedia khusus untuk perangkat mobile dari Apple, koneksi Lightning memudahkan pengguna iPhone dan iPad untuk bertukar kabel charger. Tetapi, anda akan kesulitan menemukan power bank dan perangkat sejenis yang dijual lengkap dengan kabel USB ini.

Mini USB

Sebelum popularitas Micro USB melonjak, Mini USB merupakan jenis koneksi yang dipakai di banyak perangkat mobile. Mulai dari ponsel, MP3 player, harddisk eksternal, hingga gamepad konsol PlayStation menggunakan jenis konektor ini.

Seperti namanya, Mini USB memang lebih kecil dibandingkan USB Type A dan Type B. Tetapi, jika dibandingkan dengan Micro USB, tipe USB yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit lebih tebal.

USB Type-A

USB Type-A merupakan tipe USB yang paling banyak digunakan saat ini. Bentuknya persegi dan memiliki dimensi yang lebar. Anda bisa menemukannya hampir disemua desktop, laptop, dan lainnya. Bahkan, kebanyakan adaptor perangkat mobile masih menggunakan sambungan USB tipe A ini.

Bukan hanya di komputer dan perangkat mobile saja, konsol game PlayStation, Xbox, dan Nintendo Wii serta televisi, DVD, dan Blu-Ray player pun juga dilengkapi port USB Type-A. Port tersebut digunakan sebagai sambungan gamepad atau controller. USB Type-A berfungsi mengisi daya perangkat. Kabel tipe ini juga bisa digunakan juga untuk transfer data.

Baca Juga :  Mengenal Hardisk Eksternal

Keunggulan USB Type C Dibandingkan Micro USB

Bersifat Universal

USB-C bisa digunakan di berbagai jenis gadget, mulai dari smartphone, tablet, laptop, PC, hingga kamera digital. Bahkan, konektor ini bisa digunakan oleh banyak sistem operasi, seperti Android, iOS, Windows, dan Google. Hal ini akan sangat memudahkan anda ketika harus menggunakan gadget yang berbeda. Anda hanya memerlukan satu jenis kabel ini.

Multifungsi

Anda dapat memanfaatkan konektor ini untuk menggantikan jack headphon 3,5 mm. Dan nantinya, konektor ini akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Desain User-Friendly

USB type C memiliki desain yang user-friendly. Semua bagian di ujungnya memiliki bentuk yang sama. Jadi, anda tidak perlu repot memikirkan sisi mana yang berada di atas maupun bawah. Konektor ini tidak memiliki aturan tersebut.

Transfer Daya Lebih Cepat

Keunggulan laain dari USB type C adalah kapasitas transfer daya yang sangat baik. Konektor ini memiliki output daya maksimal sebesar 20V dan 5A. Sementara itu, micro USB hanya memiliki output daya maksimal sebesar 5V dan 1,5A. Tak heran jika proses charging gadget anda akan lebih cepat dengan menggunakan konektor ini.

Transfer Data Lebih Cepat

Dan yang terakhir, konektor ini juga memiliki kemampuan transfer data yang maksimal. USB type C dapat mentransfer data dengan kecepatan hingga 10 Gbps. Jadi, anda hanya membutuhkan waktu satu detik untuk memindahkan data berukuran 10 GB. Kemampuan ini akan sangat membantu siapa pun yang sering memindahkan data dari satu gadget ke gadget lainnya.

Itulah bahasan mengenai keunggulan USB Type C dibandingkan dengan Micro USB. Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia teknologi terutama tentang Fakta Keunggulan USB Type C Dibandingkan Micro USB. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Related Article…