Keunggulan Mouse Wireless Dengan Mouse Wired

Keunggulan Mouse Wireless Dengan Mouse Wired – Saat ini banyak sekali perangkat tambahan untuk PC atau Laptop salah satunya yaitu mouse. Mouse sekarang sudah menggunakan sistem tanpa kabel atau yang biasa disebut dengan wireless. Apa sih keunggulannya dibandingkan dengan mouse wired? Mari kita bahas!

Keunggulan Mouse Wireless Dengan Mouse Wired

Pengertian Mouse

Mouse adalah salah satu perangkat keras komputer yang berperan untuk mengatur perpindahan kursor pada tampilan GUI (Graphical User Interface) yang berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll). Mouse jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia artinya “tetikus” karena memang bentuknya menyerupai tikus. 

Pengertian mouse menurut para ahli sendiri mengatakan bahwa mouse adalah salah satu perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer untuk memberikan perintah baik secara langsung menggunakan kabel ataupun tidak (wireless). 

Sejarah Ditemukannya Mouse

Mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1964 dengan bentuk awal yang terbuat dari tempurung kayu, circuit board dan dua roda metal yang berkontak dengan permukaan datar. Adapun rodanya yang berguna untuk mendeteksi gerakan kiri kanan dan atas bawah. Namun bentuk awal ini dirasa kurang praktis karena selain berat, ukurannya juga sangat besar.

Pada tahun 1972, mouse dibuat lebih baik oleh Bill English dengan mengganti roda pendeteksi gerakan dengan bola bulat berukuran kecil dan penemuan ini disebut dengan ball mouse. Akhirnya, Douglas Engelbart dan Bill English bersama–sama untuk merancang dan melakukan revolusi pada komputasi modern. Douglas Engelbart mengemukakan ide untuk membuat perangkat yang dapat menggerakkan kursor untuk melintasi interface di komputer tanpa harus memberikan perintah berupa text. Oleh karena nya, Bill English merancang ide tersebut untuk membuat sebuah perangkat yang kemudian disebut “mouse.”

Jenis-Jenis Mouse

Wireless Mouse

Wireless Mouse/ Nirkabel merupakan teknologi terbaru mouse yang bisa digunakan tanpa menggunakan kabel. Mouse ini biasanya menggunakan sinyal wireless berupa Bluetooth ataupun sinyal Wi-Fi untuk bekerja. Cara menggunakannya pun sangat mudah hanya tinggal mencolokan wireless device ke port USB dan mouse maka secara otomatis akan mendeteksi sinyal wireless tersebut.

Baca Juga :  Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik 2022

USB Mouse

USB Mouse merupakan mouse yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh user komputer. Dan jika anda membeli mouse di toko-toko komputer dan perangkatnya, anda akan menemukan banyak sekali mouse yang menggunakan USB karena sangat mendukung jika digunakan pada komputer jaman sekarang dan tentunya lebih praktis.

Serial Mouse

Mouse jenis ini banyak digunakan di era komputer Pentium 1 hingga Pentium 3 yang berjenis AT. Serial mouse disambungkan melalui sebuah media komunikasi digital dimana informasinya dikirimkan secara bit per bit (serial port). Biasanya port yang digunakan yaitu tipe D dengan 9 pin (DB9M) yang terletak di belakang motherboard.

PS2 Mouse

PS2 Mouse menggunakan konektor berupa 6-pin mini-din. Ciri khas port mouse ini berwarna hijau. Mouse jenis ini sudah sangat jarang dijumpai di pasaran, namun meski begitu ada yang masih tetap menggunakan hanya saja jumlah penggunanya sangat sedikit, karena sudah banyak mouse dengan tipe dan teknologi yang terbaru.

Mouse Standar

Mouse standar merupakan jenis mouse yang sering kita gunakan. Jenis mouse ini dapat berupa mouse wireless, kabel, optic, trackball, dan juga dapat berupa mouse dengan port PS2 ataupun Port USB. Jenis mouse ini banyak dipakai di komputer Desktop. Jenis mouse ini mempunyai ukuran yang cukup besar, dan memang dibuat dengan ukuran yang pas ketika didekap dengan seluruh telapak tangan.

Optical Mouse

Optical mouse merupakan jenis mouse yang menggunakan teknologi optic untuk menggerakan pointer yang terletak di bagian bawah mouse. Mouse ini tidak lagi bekerja dengan bola mouse dan transduser elektromekanis, tetapi dengan menggunakan LED (Light-Emitting Diode), sensor optik, dan DSP (Digital Signal Processing / Pemrosesan Sinyal Digital). Semua teknologi ini bekerja sama untuk mendeteksi gerakan mouse di atas meja atau alas lainnya yang kemudian mengirimkan informasi tersebut ke komputer yang terhubung dengannya. Hasilnya, pointer pada layar komputer dapat ditempatkan di area mana saja dengan mudah dan tepat.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Case PC Gaming di Bawah 1 Juta

Trackball Mouse

Trackball mouse ini dapat dengan mudah kita kenali, ketika mouse diletakkan secara terbalik akan terdapat bola kecil yang digunakan untuk menggerakkan pointer. Bola kecil itu disimpan dalam sebuah soket yang berisi sensor untuk mendeteksi rotasi bola. Trackball mouse ini dapat digerakkan dengan ibu jari, jari, atau telapak tangan, tergantung di mana bola tersebut ditempatkan (bisa di samping atau di depan). Saat menggerakkan pointer di atas layar dengan terus menggulirkan trackball, badan mouse juga kadang perlu diangkat atau diposisikan ulang. Mouse jenis ini tersedia di pasaran dalam model dan merk yang berbeda-beda.

Keunggulan Mouse Wireless Dibandingkan Mouse Wired

Mouse Wireless

Keunggulan :

  1. Lebih leluasa untuk digunakan karena tidak ada hambatan kabel .
  2. Mudah dibawa kemana–mana. 
  3. Desainnya kekinian dan keren.
  4. Daya jangkau bisa sampai jarak 10 meter.
  5. Tidak akan mengalami kerusakan yang signifikan, jika anda menyimpan dan menggunakannya dengan baik.

Kekurangan :

  1. Sangat menguras isi dompet/ memiliki harga yang tinggi.
  2. Terdapat kemungkinan jika baterai akan habis saat digunakan.
  3. Memiliki latency atau delay yang tergantung dari teknologi mouse tersebut.
  4. Koneksi sinyal tergantung pada kekuatan gelombang.

Mouse Wired

Keunggulan :

  1. Lebih awet.
  2. Memiliki harga yang lebih murah dibanding mouse wireless cocok untuk kantong pelajar.
  3. Minim latency sehingga tidak akan terjadi delay pada saat digunakan.
  4. Mudah digunakan karena sistemnya bersifat plug-and-play.
  5. Tidak perlu khawatir mengenai baterai atau kehilangan transmisi wireless.

Kekurangan :

  1. Semakin lama digunakan, kabel juga akan semakin lemah dan bisa saja putus.
  2. Lebih berat daripada mouse wireless.
  3. Kabel sering kusut.

Jadi sebenarnya kedua jenis mouse ini memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing. Wireless mouse akan sangat cocok untuk anda yang tidak suka ribet dan gampang dibawa kemanapun kalau anda suka bepergian. Tetapi balik lagi ke diri anda sendiri lebih prefer ke mouse wired atau mouse wireless dan tentunya pilih yang pas dikantong anda.

Itulah pembahasan mengenai banyak hal tentang mouse termasuk keunggulan mouse wireless daripada mouse wired. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk lebih memilih mouse wireless atau mouse wired. Nantikan pembahasan selanjutnya yaa.

 

Related Article…