Mouse Pada Komputer : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Sejarah

Mouse Pada Komputer – Hardware (perangkat keras) pada komputer terdiri dari beberapa macam termasuk mouse, kalian para pengguna laptop/ komputer pasti sudah tidak asing dengan mouse ini.

Mouse sendiri adalah alat yang membantu dalam mengoperasikan sebuah komputer. Fungsinya untuk menggerakan kursor di layar monitor yang membuat pengguna dapat memilih objek yang diinginkan.

Pengertian Mouse

Mouse adalah salah satu perangkat keras komputer yang menerima inputan berupa gerakan, click, dan scroll yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder.

Dalam Bahasa Indonesia, mouse berarti “tetikus” karena bentuk device ini seperti tikus kecil yang runcing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.

Di dalam mouse terdapat bola kecil yang jika digerakkan akan menyebabkan sinyal listrik terkirim ke komputer sesuai dengan pergerakan mouse.

Sejarah Penemuan Mouse

Dalam sejarahnya, Douglas Engelbart mengajukan sebuah paten yang menampilkan cara kerja sebuah periferal komputer pada tahun 1967 silam yang bisa menunjukkan indikator gerakan berdasarkan sumbu “X” (horisontal) dan “Y” (vertikal) di layar komputer.

Periferal mouse generasi pertama mengandalkan dua buah komponen roda berbahan besi, yang masing-masing dapat bergerak hanya ke satu arah, yaitu ke atas dan ke bawah.

Selain Douglas Engelbart, William ‘Bill’ English juga turut andil dalam pembuatan mouse ini. Mereka merancang dan melakukan revolusi pada komputasi modern.

Douglas Engelbart mengemukakan ide untuk membuat perangkat yang bisa menggerakkan kursor untuk melintasi interface di komputer tanpa harus memberikan perintah berupa text.

Sementara English merancang ide tersebut untuk membuat sebuah perangkat yang kemudian disebut “mouse”. Mouse pertama yang dibuat oleh mereka di tahun 1968 terbuat dari sebuah balok kayu dengan roda di bagian bawahnya.

Dan pada akhirnya Mouse telah beredar di masyarakat luas dan diperjual belikan ketika Apple merilis Macintosh pada tahun 1984, sedangkan mouse yang sudah dipatenkan oleh Engelbart sudah tidak berlaku lagi.

Meskipun begitu, Engelbart dan English telah dikenal dunia sebagai penemu Mouse pertama di dunia walaupun mereka tidak mendapatkan royalty sedikitpun atas perangkat yang telah mereka ciptakan tersebut.

Jenis-Jenis Mouse Komputer

Mouse pada komputer

Mouse pada komputer

Sekarang ini dikenal beberapa jenis mouse yang banyak digunakan, beberapa jenisnya seperti :

Gaming Mouse

Gaming mouse hampir sama seperti mouse pada umumnya. Namun, gaming mouse merupakan salah satu jenis mouse yang dikhususkan untuk bermain game. Mouse jenis ini memiliki kelebihan pada beberapa sektor, tergantung jenis game yang dimainkan.

Baca Juga :  Sejarah ditemukannya Laptop dan perkembangan sampai saat ini

Gaming mouse yang ditujukan untuk bermain game first-person shooter (FPS) akan memiliki spesifikasi bobot yang lebih ringan serta penggunaan sensor yang lebih baik. Sedangkan gaming mouse untuk bermain game MMO biasanya akan memiliki beberapa tombol tambahan, sehingga pemain dapat mengkostumisasi setiap tombol tersebut sesuai keinginan.

Laser Mouse

Laser mouse merupakan salah satu jenis dari optical mouse yang menggunakan sensor cahaya. Sampaisampai cara kerja dari mouse jenis ini juga tergolong sama. Bedanya yaitu sensor yang digunakan pada mouse ini berjenis cahaya laser.

Dengan sensor tersebut, laser mouse memiliki keunggulan untuk dapat digunakan pada permukaan kaca dan plastik.

Sehingga mouse ini bisa digunakan dimanapun tanpa perlu menggunakan mouse pad. Meskipun begitu, laser mouse memiliki kekurangan pada bagian tingkat akurasi.

Mechanical Mouse

Mechanical mouse yaitu mouse mekanis yang sudah lebih dulu hadir. Mouse ini memiliki komponen yang sangat unik yaitu menggunakan sebuah bola sebagai pendeteksi gerakan.

Ketika bola tersebut bergerak, maka sensor yang ada di dalamnya akan mendeteksi arah pergerakan bola kemudian mengimplementasikannya ke layar monitor.

Mouse jenis ini pernah sangat populer di era tahun 90-an dan masih eksis di awal-awal tahun 2000. Namun saat ini jenis mouse mekanis sudah jarang dan sangat sulit ditemukan. Karena mouse ini telah tergantikan dengan jenis mouse yang lebih modern dan efisien.

Kelemahan dari mouse mekanis adalah harus selalu menggunakan pad sebagai alas mouse agar bisa dioperasikan. Jika tidak menggunakan pad, maka bola pada mouse tidak bisa bergerak dengan baik. Dan pada akhirnya, pointer yang ada pada layar pun tidak akan bisa menunjuk ke tempat yang diinginkan.

Optical Mouse

Optical mouse adalah jenis mouse yang sudah sangat umum ditemukan saat ini. Mouse jenis ini tidak lagi menggunakan komponen bola seperti mouse mekanis. Tetapi sudah menggunakan sensor cahaya untuk mendeteksi pergerakan.

Teknologi sensor cahaya ini membuat kinerja mouse menjadi lebih akurat dibandingkan dengan yang lain.

Dengan menggunakan sensor cahaya, optical mouse dapat digunakan pada beberapa permukaan. Kelebihan optical mouse lainnya yaitu bobotnya yang menjadi lebih ringan dan tingkat akurasi yang tinggi.

Opto-mechanical Mouse

Hampir sama dengan mouse mekanis, mouse jenis optomekanik masih menggunakan bola sebagai pendeteksi gerakan.

Bedanya, mouse optomekanik sudah menggunakan sensor sinar yang memberikan tingkat akurasi membaca gerakan lebih tinggi.

Sehingga mouse jenis ini biasanya memiliki tingkat keakuratan yang lebih baik dibandingkan dengan mouse mekanis biasa.

Mouse optomekanik dan mouse mekanis diluncurkan pada tahun yang sama. Namun teknologi yang digunakan cukup berbeda.

Baca Juga :  Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

Stylus Mouse

Stylus mouse merupakan jenis mouse yang juga tidak umum digunakan. Mouse jenis Stylus menggabungkan fungsi pena dan mouse menjadi satu.

Sesuai dengan namanya, penggunaan mouse ini layaknya menggunakan pena biasa. Bedanya, mouse ini dilengkapi dengan beberapa tombol yang berfungsi layaknya mouse.

Stylus mouse biasanya digunakan oleh pengguna yang ingin memfungsikannya sebagai alat alternatif menggambar selain menggunakan mouse konvensional.

Trackball Mouse

Trackball mouse merupakan salah satu jenis mouse yang sangat unik. Mouse jenis ini memiliki bola yang bisa mendeteksi gerakan dengan menggeser menggunakan jempol atau telapak tangan.

Secara penggunaan, mouse jenis trackball memiliki pengalaman penggunaan yang sangat berbeda dibandingkan dengan mouse pada umumnya.

Pengguna tidak perlu menggerakan mouse ke kanan dan ke kekiri. Untuk menggerakkan kursor, pengguna hanya cukup menggeser bola yang ada pada mouse tersebut.

Vertical Mouse

Sesuai dengan namanya, vertical mouse memiliki bentuk vertikal, sehingga sangat berbeda dengan bentuk mouse pada umumnya yang memiliki bentuk simetris.

Sekarang ini ada berbagai merek yang menciptakan jenis vertical mouse. Salah satu keunggulan mouse jenis ini yaitu bentuknya yang ergonomis, sehingga memberikan kenyamanan penggunaan dalam waktu yang lama.

Wired Mouse

Wired mouse atau mouse yang berkabel sudah diluncurkan sejak adanya mechanical mouse. Mungkin sebagian orang menganggap mouse yang masih menggunakan kabel sudah ketinggalan zaman.

Karena saat ini telah banyak tersedia mouse jenis wireless. Tapi kenyataannya, mouse yang masih menggunakan kabel masih sangat diminati.

Hal tersebut karena mouse yang masih menggunakan kabel memiliki tingkat konektivitas yang sangat tinggi, sehingga minim delay.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu repot memikirkan akan kehabisan daya baterai. Perkembangan zaman juga membuat wired mouse terus berkembang pesat, mulai dari menggunakan serial port berjenis D dengan 9 pin (DB9M), PS/2, hingga kini menggunakan USB.

Wireless Mouse

Saat ini kalian bisa menemukan berbagai macam jenis wireless mouse atau mouse nirkabel yang beredar di pasaran. Sesuai namanya, Wireless Mouse tidak lagi menggunakan kabel sebagai konektivitas terhadap komputer maupun laptop.

Teknologi ini menggunakan konektivitas nirkabel seperti dongle Bluetooth 2.4 GHz atau menggunakan konektivitas Bluetooth secara langsung, sehingga tidak perlu menggunakan dongle.

Keunggulan dari mouse jenis ini yaitu dapat digunakan dengan bebas kemana-mana dan tidak pusing memikirkan kabel yang berantakan. Namun mouse jenis ini sedikit merepotkan pengguna, karena harus mengganti baterai atau mengisi ulang dayanya.

Sekian informasi tentang teknologi mouse pada komputer. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa kunjungi website kami untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya.

Related Article…