Rekomendasi Headset Gaming

10 Rekomendasi Headset Gaming Dibawah 10 Jutaan – Headset menjadi sebuah teknologi yang saat ini gencar dicari terutama para pecinta game yang membutuhkan headset gaming demi kelancaran game-nya. Selain itu, headset juga banyak digemari oleh kalangan masyarakat karena dengannya kita bisa mendengarkan musik maupun video tanpa perlu cemas mengenai suara musik maupun video yang kita nikmati.

Perkembangan teknologi headset kian tahun ke tahun semakin maju sehingga membuat munculnya banyak jenis headset dengan kualitas dan harganya tersendiri. Headset atau yang bisa disebut juga sebagai speaker telinga ternyata gabungan dari headphone dan microphone. Selain digunakan untuk mendengarkan musik maupun video, headset memiliki segudang manfaat yang belum Anda ketahui.

Fungsi utama headset yakni untuk mendengarkan suara akan tetapi bisa juga berguna untuk berbicara pada perangkat komunikasi atau komputer seperti VoIP. Ternyata headset didesain dan dirancang sedemikian rupa hanya untuk ditujukan pada perangkat yang lebih besar meliputi laptop maupun komputer akan tetapi bisa juga untuk digunakan perangkat berbasis mobile dan perangkat kecil dengan jenis lainnya. 

Pembahasan HEADSET

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, headset merupakan perangkat audio yang fungsi untuk mendengarkan suara dan memiliki gabungan dari dua device yang meliputi perangkat input mikrofon dan perangkat output yakni speaker telinga atau headphone. Headset didesain sedemikian rupa guna memaksimalkan penggunaannya.

Desain headset seperti pada umumnya yakni melingkar pada bagian kepala dan terdapat pula dua buah speaker untuk telinga kanan kiri yang menutup keseluruhan telinga penggunanya. Dengan desain ini tentunya dapat memaksimalkan kerja headset untuk pemakainya dan tentunya agar suara yang didapat lebih terdengar jelas.

Meskipun fungsi dan manfaat dari headset sangat beragam, pengguna headset biasanya cenderung menggunakan headset ketika bermain game, video call, maupun video chat atau skype. Sementara itu headset mempunyai 2 buah jack yang masing-masing memiliki ukuran 3,5 mm dan tentu saja bisa dipasangkan pada soundcard PC atau komputer. Bagian ini terdapat pada bagian konektivitasnya maupun portnya.

Dua buah port jack yang terdapat pada headset memiliki kegunaannya masing-masing. Jack pada bagian pertama berguna untuk input mikorofon sementara jack pada bagian kedua berguna untuk output speaker. Saat ini inovasi baru dari headset sudah banyak bermunculan apalagi headset dengan menggunakan bluetooth dan USB yang terinegrasi di dalamnya sehingga headset dengan dua port jack sudah jarang digunakan.

Baca Juga :  Mengenal Processor Pada Komputer

Fungsi utama headset yakni untuk mereproduksi suara maupun audio dengan hasil yang lebih jernih dan jelas. Cara kerja headset yakni merubah aliran arus listrik menjadi gelombang suara yang dapat kita dengar pada telinga kita masing-masing.

JENIS-JENIS HEADSET

Rekomendasi Headset Gaming

Selain fungsinya yang beragam, headset pun memiliki jenis yang beragam pula ditambah dengan perkembangan teknologi menjadikan headset sebagai teknologi canggih penghasil suara dengan beragam jenis spesifikasinya. Saat ini sudah banyak dijumpai headset tanpa kabel. Tentunya bagi Anda pencinta game pasti menjadikan sebuah headset ini menjadi satu bagian penting demi kenyamanan bermain game.

Headset

Headset merupakan sebuah alat penghasil suara yang terdiri dari gabungan microfon dan headphone. Headset berbentuk seperti bando yang melingkar pada kepala dan terdapat speaker kecil berbentuk lingkaran pada ujungnya dan pada salah satu sisinya terdapat microfon kecil. Microfon kecil ini digunakan sebagai alat komunikasi.

Headset lebih banyak digunakan pada perangkat PC atau komputer. Headset dilihat dari segi konektor memiliki dua buah port jack yang dihubungkan dengan PC. Headset umumnya digunakan oleh para pecinta game.

Headphone

Dari segi fisiknya headphone memiliki kesamaan dengan headset namun pada headphone tidak terdapat microfon kecil di ujungnya. Oleh karena itu, headphone tidak digunakan untuk berkomunikasi melainkan untuk mendengarkan musik maupun video dan tentunya headphone lebih portable dari headset. Saat ini headphone dengan warna yang menarik dan ragam variasi sedang booming.

Earphone

Bentuk fisik dari earphone ini lebih kecil daripada headset dan headphone. Earphone ini banyak kita jumpai dimana-mana. Tidak seperti headset maupun headphone yang cara penggunaanya di kepala, earphone digunakan dengan cara tidak dilingkarkan ke atas kepala seperti bando melainkan dimasukan atau juga ditempelkan pada lubang telinga. Earphone didesain dengan bentuk yang lebih kecil dan ringkas dengan speaker kecil.

Backphone

Backphone memiliki kesamaan yang persis dengan headphone hanya saja berbeda pada cara penggunaannya saja. Sesuai dengan namanya backphone tidak dilingkarkan pada atas kepala seperti headphone akan tetapi penggunaannya dilingkarkan di belakang kepala. Backphone ini lebih portable dibandingkan dengan headphone dan umumnya backphone digunakan untuk kegiatan olahraga.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Monitor Dibawah 3 Juta

Bagi kamu pecinta game tentunya harus jitu dalam memilih jenis headset yang baik akan tetapi tidak hanya baik saja melainkan dilihat dari segi kualitasnya dan harganya. Tentunya jika menggunakan headset pun kamu harus tetap berhati-hati dikarenakan begitu banyak bahaya yang mengincar jika menggunakan headset secara berlebihan.

10 Rekomendasi Headset Gaming Dibawah 10 Jutaan

Headset menjadi komponen penting bagi para pengguna komputer apalagi saat ini  marak sekali game yang bisa dimainkan di komputer. Bagi Anda pencinta game memilih headset yang baik membuat Anda semakin nyaman dalam bermain game. Membeli headset gaming sama seperti halnya ketika kita membeli sebuah smartphone yakni perlu pertimbangan dikarenakan masalah harganya. 

Guna headset bagi para pecinta game yakni sebagai komunikasi antar tim game dan berfungsi untuk mendengarkan secara detail. Berikut beberapa rekomendasi mengenai headset gaming kualitas terbaik akan tetapi dengan harga yang cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu cemas dompet Anda akan kering.

  1. Logitech Progidy G231.
  2. Sades SA902 7.1.
  3. HyperX Cloud Stinger.
  4. Corsair HS70.
  5. Turtle Beach Recon 70.
  6. Rexus F15.
  7. Elephant Dragonwar Beast.
  8. JBL Quantum 200.
  9. Marvo HG9055.
  10. Rexus Thundervox HX20.

Tentunya jika tidak terdapat headset dalam bermain game kita akan menjumpai beberapa kesulitan dikarenakan earphone saja belum tentu terasa cukup sebagai perangkat audio. Keuntungan yang didapatkan jika menggunakan headset gaming yakni speaker yang kuat dan kencang tanpa menganggu orang lain lalu kontrol yang mudah serta mikrofon yang membuat suara Anda terdengar lebih jelas ketika berkomunikasi dengan tim. Tentunya membuat headset gaming banyak diburu gamer.

Saat ini muncul banyak variasi headset gaming dengan tambahan lampu LED. Anda akan mendapatkan pengalaman yang seru dalam bermain game ketika Anda menggunakan headset gaming. Selain itu, Anda akan terlihat keren juga ketika menggunakan headset gaming apalagi jika Anda masih remaja. Demikian artikel yang mungkin dapat menambah pengetahuan Anda mengenai headset, jenis-jenis headset serta rekomendasi headset gaming dengan harga terjangkau. Sekian dan terimakasih.

Related Article…