Hardware Yang Harus Di Beli Untuk Merakit PC

Hardware Yang Harus Di Beli Untuk Merakit PC – dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini. Perkembangan teknologi tidak aka nada habisnya, setiap tahunnya akan mengalami perkembangan.

Perkembangan ini memanglah penting untuk manusia, terutama teknologi, karena merupakan salah satu penunjang kemudahan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Dan pada era revolusi industri 4.0 ini menggunakan teknologi menjadi semakin mudah, seperti menggunakan PC. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian PC, Fungsi PC, serta Hardware yang dibutuhkan untuk merancang PC, akan diuraikan dalam artikel berikut.

Pengertian PC

Personal Computer atau yang dikenal dengan PC, adalah perangkat komputer yang biasa digunakan perorangan. Pada umumnya PC digunakan di rumah, pusat perbelanjaan, maupun di kantor untuk kebutuhan pribadi dan perusahaan.

Istilah PC ini pertama kali muncul pada tahun 1964 di dalam artikel yang berjudul “The World in 1984” pada majalah New Scientist.

3 elemen yang harus ada di dalam PC, guna untuk menjalankan fungsi PC, adalah:

  1. Hardware (Prangkat Keras)

Komponen yang secara fisik dapat terlihat dan dapat disentuh. Hardware dibagi menjadi 4 yaitu, input device process device, output device, dan peripheral device. Contoh hardware yang ada pada PC yaitu, mouse, monitor, CPU, hard disk, PSU, printer, dan cooling fan.

  1. Software (Perangkat Lunak)

Data yang terdapat pada komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital dan tidak dapat disentuh. Software merupakan program yang berisi instruksi untuk mengolah data dan menghasilkan sebuah informasi. Software dibagi menjadi 2, yaitu sistem operasi dan aplikasi. Contohnya seperti, windows, linux, dan lain-lain. Ada juga software jenis aplikasi, seperti Microsoft office, adobe reader, autocard, corel draw, dan sebagainya.

  1. Brainware

Merupakan sebutan untuk orang yang menggunakan PC, dan disebut juga dengan user, netter, gamer, atau yang lain tergantung dari manfaat yang diambil dengan menggunakan PC.

Baca Juga :  Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Mudah

PC juga memiliki beberapa jenis, seperti diantaranya:

  1. PC standar stand-alone

PC yang terdiri dari 1 komputer yang berdiri sendiri atau tidak butuh sistem operasi pendukung. Contohnya adalah windows dan linux.

  1. PC untuk Industri

PC yang berguna untuk kegiatan industrial, seperti mengontrol mesin industri, control pembangkit listrik, ATM, dan sebagainya. PC ini memiliki keunggulan yaitu anti air, tahan terhadap guncangan dan debu. Contohnya seperti, IPC windows IP65.

  1. PC untuk mesin Industri

PC yang memiliki sistem operasi yang tertanam dalam komputer dan tidak bisa berdiri sendiri.

Fungsi PC

Fungsi utama PC adalah mengolah data input dan menghasilkan output yang berupa data sesuai dengan keinginan pengguna atau user.

Untuk fungsi PC lebih lengkapnya, yaitu:

  1. Input

Fungsi ini menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh paling mudahnya dari fungsi ini adalah informasi dari ketikan keyboard atau klik mouse.

  1. Processing

Fungsi ini memproses berbagai macam data dan informasi yang diberikan oleh perangkat input. Lalu data yang tersimpan dalam memori internal akan diproses untuk menghasilkan informasi baru yang akan dikirim ke perangkat output.

  1. Output

Setelah diproses, informasi yang sudah dihasilkan akan menjalankan fungsi output.

  1. Storage

Fungsi PC yang terakhir yaitu sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Informasi ini juga bisa dibedakan menjadi data pengguna dan data instruksi.

Pengertian Hardware

Hardware atau yang dikenal dengan perangkat keras, adalah semua jenis komponen yang ada pada komputer dimana bagian fisiknya terlihat dan dapat dirasakan secara langsung.

Hardware berguna untuk melakukan proses input, proses, dan output. Seperti contohnya RAM, CPU, Mouse, Keyboard, Scanner, Monitor, Printer, dan lain-lain.

Fungsi utama dari hardware adalah menampilkan dan menerima input proses, memberikan output, mendukung kerja komputer, serta mengolah informasi data yang berada didalam dan diluar komputer.

Namun ada beberapa juga fungsi umum hardware, seperti:

  1. Mengolah data dan informasi

Hardware berfungsi untuk mengolah dan memproses data atau informasi. Contoh hardware process device adalah, CPU, RAM, VGA, dan lainnya.

  1. Menerima Output

Hardware berfungsi khusus dalam menerima input dari user atau pengguna. Kemudian hardware akan memproses menjadi informasi yang baru.

  1. Memberi Output
Baca Juga :  5 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

Hardware akan memberi output pada user. Seluruh output juga dapat dilihat oleh user yang ditampilkan pada hardware khusus.

  1. Menyimpan Informasi Maupun Data

Output yang dihasilkan oleh PC, bisa disimpan pada perangkat penyimpanan sekunder dari PC. tak hanya pada perangkat yang terpasang pada PC, tetapi Penyimpanan bisa juga dilakukan pada perangkat yang dipasang diluar PC.

Hardware Yang Dibutuhkan Untuk Merakit PC

PC merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang bekerjasama.

Berikut adalah beberapa komponen hardware yang dibutuhkan untuk merakit PC:

  1. Mainboard / Motherboard

Berfungsi sebagai tempat utama untuk meletakkan komponen utama dalam PC, seperti prosesor.

Hardware Yang Harus Di Beli Untuk Merakit PC

Hardware Yang Harus Di Beli Untuk Merakit PC

  1. Prosesor

Bertugas untuk mengendalikan semua proses perhitungan yang dilakukan oleh PC. User dapat mempertimbangkan pemilihan prosesor yang cocok untuknya, seperti kemampuan kecepatannya, besarnya kebutuhan data yang akan diolah, waktu yang diperlukan untuk mengerjakan data, dan kemampuan banyaknya data yang dikeluarkan.

Hardware Yang Harus Di Beli Untuk Merakit PC

Hardware Yang Harus Di Beli Untuk Merakit PC

  1. RAM (Random Acces Memory)

Berguna sebagai pemacu proses kecepatan program yang dijalankan.

Hardware Yang Harus Di Beli Untuk Merakit PC

Hardware Yang Harus Di Beli Untuk Merakit PC

  1. Hard Disk Drive (HDD)

Sebagai media untuk menyimpan data dan sistem operasi.

  1. VGA (Video Graphic Adapter)

Berfungsi untuk mengolah grafis, menampilkan gambar, dan video.

  1. PSU (Power Supply Unit)

Bertugas untuk memberikan dan menyalurkan daya listrik ke semua perangkat.

  1. Keyboard

Papan yang berisi tombol multimedia yang berisi huruf, symbol, power down, dan beberapa perintah lainnya.

  1. Mouse

Berfungsi mengatur pergerakan kursor secara cepat.

  1. Monitor

Hardware yang menampilkan secara visual hasil dari PC dalam bentuk gambar, tulisan, dan video.

  1. Optical Disc Drive

Berfungsi untuk membaca dan menyimpan data dari media dan ke media cakram optic, seperti CD, DVD, dan Blu-Ray Disc.

  1. LAN Card

Berfungsi untuk penghubung komputer dalam suatu jaringan.

  1. Uninterruptable Power Supply (UPS)

Digunakan untuk menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama sudah padam (sebagai baterai cadangan).

 

Itulah penjelasan mengenai ap aitu PC, fungsi PC, pengertian Hardware, dan juga Hardware yang dibutuhkan untuk merakit PC. Semoga dapat membantu dan memberi informasi kepada para pembaca.

Related Article…