SMK Negeri 1 Kragilan

SMK Negeri Kragilan – SMK Negeri 1 Kragilan adalah salah satu sekolah kejuruan negeri yang ada di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Dalam menjalankan kegiatannya, SMKN 1 Kragilan berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. SMK Negeri 1 Kragilan telah mendapatkan akreditasi B, berdasarkan sertifikat 1214/BAN-SM/SK/2018. Berikut adalah profil SMK Negeri 1 Kragilan.

Alamat

SMK Negeri 1 Kragilan beralamat di  beralamat di JL. RAYA SERANG – JAKARTA KM.13 PERUM CISAIT, Cisait, Kec. Kragilan, Kab. Serang, Banten, dengan kode pos 42184. 

Visi-Misi

SMK Negeri 1 Kragilan

Visi

“Terwujudnya SMK yang berkarakter, menguasai IPTEK, menghasilkan Lulusan yg unggul dan Kompetitif.”

Misi

  1. Meningkatkan Profesionalisme SMK sebagai pusat Pembudayaan Kompetensi.
  2. Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan.
  3. Membangun sumber daya manusia yang berkarakter sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki jati diri dan keunggulan kompetitif di pasar nasional dan global.
  4. Memberdayakan siswa menguasai IPTEK dan mengembangkan potensi lokasi menjadi keunggulan komparatif.
  5. Memberdayakan siswa untuk mengembangkan kerjasama dengan DU/DI dan berbagai lembaga terkait.

Jurusan

Teknik Komputer Jaringan

Apa Itu Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan? Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) adalah teknik yang mempelajari tentang cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program-program PC.

Yang di Pelajari di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan? Kita jelas tidak asing lagi dengan yang namanya komputer. Di era komputerisasi dan digital seperti sekarang, dunia akan selalu membutukan kemampuan seorang teknisi komputer. Makanya, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini bisa menghantarkan generasi berikutnya ke dunia kerja yang prospektif.

Baca Juga :  SMK Negeri 6 Kupang

Di dalam jurusan ini, siswa akan diajarkan beberapa hal seputar pemrograman, system operasi, hardware, jaringan, server, dan masih banyak lagi.

Rekayasa Perangkat Lunak

RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Bukan hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut. Beberapa hal yang akan diajarkan didalam jurusan ini adalah seputar coding, desain, dan masih banyak lagi.

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memberikan bekal tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor. Didalam jurusan ini, siswa akan diajarkan seputar pengarsipan, tata kelola administrasi dan keuangan, serta masih banyak lagi.

Administrasi dan Keuangan Lembaga

Akuntansi dan Keuangan Lembaga adalah jurusan yang mempelajari tentang membuat laporan keuangan baik untuk perusahaan ataupun lembaga pemerintah. Akuntansi dan Keuangan Lembaga merupakan suatu jurusan yang mengaharuskan siswa untuk teliti dan kuat dalam berhitung.

Baca Juga :  SMK SMTI Pontianak

Yang akan dipelajari di jurusan ini adalah beberapa hal tentang menjurnal, memposting buku besar, membuat laporan keuangan, serta masih banyak lagi.

Teknik Permesinan

Teknik permesinan adalah suatu jurusan yang mempelajari cara memproduksi barang-barang teknik dengan menggunakan berbagai macam mesin. Teknik permesinan merupakan suatu jurusan yang mendorong siswa untuk memiliki keahlian dalam mengoperasikan, menyeting, serta menentukan ukuran mesin-mesin produksi. Dalam hal lain Teknik Permesinan juga mendidik siswa untuk mempunyai pemikiran inovatif dan kreatif.

Materi yang dipelajari dan dikuasai pada jurusan Teknik Mesin yaitu dapat mengoperasikan berbagai macam jenis mesin, diantaranya adalah; Mesin Bubut, Mesin Frais, Mesin CNC, dan masih banyak lagi.

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Jurusan yang terakhir adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Teknik Kendaraan Ringan adalah kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri.

Yang akan diajarkan didalam jurusan ini yaitu Teknologi Dasar Otomotif, Pekerjaan Dasar Teknik otomotif, Gambar Teknik, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Chasis dan Sistem pemindah Tenaga kendaraan ringan, Pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dan produk kreatif dan kewirausahaan, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lengkap, dapat kunjunigi website resmi SMK Negeri 1 Kragilan di https://smkn1kragilan.sch.id/

Related Article…