SMK Negeri 1 Cinangka

SMK Negeri 1 Cinangka – SMKN 1 Cinangka merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan negeri yang berada di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Kini SMKN 1 Cinangka telah mendapatkan akreditasi B, berdasarkan sertifikat 755/BAN-SM/SK/2019.

Berikut merupakan profile singkat SMKN 1 Cinangka;

Alamat

SMKN 1 Cinangka berlokasi di  Jl. Raya Karangbolong Km.141 Kosambi Cinangka, Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten, dengan kode pos 42167.

 

Visi-Misi

SMK Negeri 1 Cinangka

Visi

“Mewujudkan lembaga pendidikan kejuruan yang unggul dibidang teknologi, berwawasan lingkungan, dengan prinsip budaya Edukatif, Mandiri, Profesional, Agamis dan Terampil.”

Misi

  1. Menerapkan Pembelajaran dan sistem manajemen Berbasis IT
  2. Menciptakan lingkungan, Aman, sehat, Rapih dan Indah
  3. Menciptakan lingkungan belajar sebagai wahana bersosialisasi warga sekolah dengan masyarakat (Edukatif).
  4. Menerapkan sikap dan perilaku siswa yang berkarakter sesuai dengan kepribadian (Mandiri).
  5. Meningkatan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam pelayanan maksimal pada kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri untuk menciptakan budaya mutu secara kreatif, inovatif dan Produktif (Profesional).
  6. Memantapkan siswa dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Agamis).
  7. Memiliki keterampilan yang mampu bersaing di pasar global sesuai dengan bidangnya (Trampil).

Tujuan

  1. Memantapkan siswa dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mampu menambah kompetensi lulusan siswa di bidang teknologi berbasis IT.
  3. Mampu mencetak enterpreneur yang mampu bersaing dieraglobalisasi.
  4. Mampu mencetak lulusan yang siap bekerja sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.
Baca Juga :  SMK Negeri 8 Makassar

 

Jurusan

SMKN 1 Cinangka memiliki 6 kompetensi keahlian yang telah meluluskan berbagai tenaga kerja yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Teknik Mekanik Industri (TMI)

Jurusan yang pertama adalah Teknik Mekanik Industri (TMI). jurusan yang satu ini mempelajari bidang permesinan industri yang meliputi antara lain Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin, Kelistrikan dan Konvensi Energy Logam, Teknik Mesin, K3, Alat Ukur Dasar/Mekanik, dan masih sangat banyak hal-hal yang akan diajarkan didalam jurusan Teknik Mekanik Industri tentang Teknik dan Mesin.

 

Perhotelan

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Perhotelan adalah untuk membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Reception, eservation, Telephone Operator, dan Porter serta kompeten didalam Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen & Uniform Attendant dan Laundry Attendant.

 

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Jurusan yang selanjutnya adalah Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Umumnya, jurusan ini didominasi oleh siswi, meski tidak ada aturan khusus bahwa siswa laki-laki tidak dianjurkan untuk masuk jurusan ini. Tapi memang dibeberapa SMK, biasanya murid di jurusan ini akan diajarkan cara berpenampilan yang baik dan menarik. Lalu, sebenernya apa ‘sih jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran itu?

Otomatisasi dan Tata Kelola perkantoran (OTKP) merupakan salah satu cabang bidang keahlian Bisnis dan Manajeman yang mempelajari tentang Pengetikan naskah atau dokumen, penanganan telepon, Penataan dan Pengelolaan surat atau dokumen, dan masih banyak lagi. Dulu ‘sih jurusan ini lebih umum disebut sebagai Administrasi Perkantoran (AP).

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Batu Layar

 

Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)

Jurusan berikutnya adalah Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Jurusan ini mempelajari tentang perencanaan dan pemasangan instalasi penerangan, tenaga pemasangan, dan pengoperasian motor listrik dengan kendali elektromagnetik, elektronik dan PLC (Programable Logic Controller).

Intinya ‘sih tentang kelistrikan serta antek-anteknya ya.

 

Teknik Permesinan (TP)

Lalu, ada juga jurusan Teknik Permesinan (Teknik Mesin – sebutan sebelumnya). Teknik Pemesinan adalah jurusan yang mempelajari tentang energi dan sumber energinya. Hal-hal yang dipelajari dalam teknik mesin banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas dan alat-alat kimia tertentu.

 

Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

Memasuki jurusan yang terakhir yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL). Selain Oromatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, jurusan ini juga biasanya didominasi oleh siswi-meski cukup banyak juga siswa laki-laki yang ada di jurusan satu ini.

Akuntansi dan Keuangan Lembaga adalah jurusan yang mempelajari tentang membuat laporan keuangan baik untuk perusahaan ataupun lembaga pemerintah. Akuntansi dan Keuangan Lembaga merupakan suatu jurusan yang mengaharuskan siswa untuk teliti dan kuat dalam berhitung.

Yang akan dipelajari di jurusan ini adalah beberapa hal tentang menjurnal, memposting buku besar, membuat laporan keuangan, serta masih banyak lagi.

 

Itulah profile singkat dari SMKN 1 Cinangka, untuk informasi lebih lengkap dapat kunjungi website resminya di https://smknegeri1cinangka.sch.id/

 

Penulis: Triana syifa

Related Article…