SMK Negeri 1 Cikande

SMK Negeri 1 Cikande – SMKN 1 Cikande merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan negeri yang terletak di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Selain fasilitasnya yang telah memadai, SMKN 1 Cikande juga terakreditasi A berdasarkan sertifikat 039/BAN-SM-Prov/SK/2018.

 

Alamat

SMKN 1 Cikande berlokasi di Jl. Raya Serang – Jkt No.Km.23, Julang, Kec. Cikande, Kabupaten Serang, Banten, dengan kode pos 42186.

Visi-Misi

SMK Negeri 1 Cikande

Visi

“ Menghasilkan lulusan yang terampil dan mandiri di dunia usaha / dunia industry ( DU/DI ) yang berwawasan lingkungan dengan berlandaskan IMTAK dan IPTEK”

Misi

  1. Bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur
  2. Melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi berlandaskan IMTAK dan IPTEK
  3. Melaksanakan pembelajaran berorientasi kecakapan hidup ( LIFE SKILL )
  4. Meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui IMTAK dan IPTEK
  5. Memberikan pelayanan prima terhadap warga sekolah dan masyarakat
  6. Menanamkan wawasan cinta lingkungan kepada seluruh STAKEHOLDER
  7. Menanamkan jiwa wirausaha (Interprenaur ) kepada seluruh siswa
  8. Melaksanakan pembelajaran yang berorientasi DU / DI

 

Jurusan

SMKN 1 Cikande memiliki 5 kompetensi kejuruan yang telah melahirkan berbagai tenaga kerja yang kompeten, yaitu terdiri dari Teknik Elektronika, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Baca Juga :  SMK Negeri 3 Padang

Teknik Elektronika

Jurusan yang pertama adalah Teknik Elektronika. Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa-siswi yang mempelajari jurusan ini akan dibekali dengan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. Kamu juga akan banyak membahas metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

 

Teknik Tenaga Listrik

Jurusan yang selanjutnya adalah Teknik Tenaga Listrik. Banyak yang berfikir kalau jurusan Teknik Tenaga Listrik dan Teknik Elektronika itu hampir tidak berbebeda. Padahal, hanya sebagian kecil materi yang diajarkan itu adalah hal yang sama, singkatnya, jurusan mereka memang saudara dan sedarah tentang listrik, namun sama sekali berbeda!

adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Insinyur listrik adalah kaum profesional yang memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia komputer, laser, penjelajahan angkasa, telekomunikasi, energi, dan aplikasi lainnya dari perangkat dan sistem elektronik. (https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_listrik

 

Teknik Mesin

Wah, kebanyakan jurusan di SMKN 1 Cikande sepertinya tentang teknik, ya? Selanjutnya adalah jurusan Teknik Mesin. Apa ‘sih jurusan Teknik Mesin itu?

Baca Juga :  SMK Telkom Jakarta

Teknik Pemesinan adalah jurusan yang mempelajari tentang energi dan sumber energinya. Hal-hal yang dipelajari dalam teknik mesin banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas dan alat-alat kimia tertentu.

 

Teknik Otomotif

Selanjutnya yaitu Teknik Otomotif atau yang kini lebih sering disebut dengan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) merupakan kompetensi kejuruan yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil.

 

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Dan yang terakhir adalah jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, jurusan yang khas dominasi peminatnya adalah siswi alias kaum hawa. 

Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.

 

Jadi itulah profile singkat SMKN 1 Cikande yang dapat saya ulas, untuk informasi lebih lanjut dapat kunjungi website resminya di https://smkn1cikande.sch.id/.

 

Penulis : Triana Syifa

Related Article…