SMK Negeri 1 Tanara

Smk Negeri 1 Tanara – Kabupaten Serang adalah salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Banten, tepatnya di ujung barat Pulau Jawa. Selain potensinya sebagai sektor wisata yang cukup tinggi, Kabupaten Serang juga cukup maju di sektor pendidikan, salah satunya adalah pada sekolah-sekolah kejuruan yang jumlahnya cukup banyak. Nah, di topik kali ini, kita akan membedah profile SMKN 1 Tanara. 

Visi Misi

Visi Misi Sekolah

“Terwujudnya Peserta Didik yang Bahagia.” -Visi

“Mewujudkan peserta didik yang Intelektual, Hamdal Amanah dan Mampu Bekerjasama.” -Misi

Visi Misi Kompetensi Keahlian

“Menjadikan program studi yang berkompetensi, sangat berperan dimasyarakat dan berakhlakul karimah.” -Visi

Misi :

  1. Membina berkembangnya akhlak siswa yang cerdas dan mandiri;
  2. Mengembangkan kreatifitas siswa yang mandiri dan berbasis kompetensi;
  3. Meningkatkan prestasi siswa sesuai dengan potensi yang dimiliki;
  4. Mengembangkan siswa agar siap pakai dalam rangka mengaplikasikan tujuan pendidikan nasional dan demokratis.

Alamat Lengkap

SMK Negeri 1 Tanara

SMK yang satu ini berlokasi di diwilayah Kecamatan Tanara Kabupaten Serang, tepatnya di jl. Syeh Nawawi Desa Cerukcuk Kecamatan Tanara, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tangerang.

Baca Juga :  SMK PGRI Subang

Jurusan 

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

Jurusan yang pertama adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Saya yakin pasti teman-teman readers sangat tidak asing dengan jurusan yang satu ini, pasalnya memang hampir di seluruh sekolah kejuruan terdapat jurusan TKRO. Visi yang dimiliki SMKN 1 Tanara di jurusan ini adalah “Menjadikan Teknik Otomotif sebagai program keahlian yang unggul, profesional dan Bahagia”. Nah, di jurusan ini, siswa-siswi akan dibekali berbagai keterampilan dan pengetahuan seperti Perawatan dan perbaikan motor (engine), Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga/ transmisi, Perawatan dan perbaikan chasis dan suspense, dan masih banyak pengetahuan lainnya.

Tata Busana

Kalau jurusan diatas merupakan jurusan yang sangat umum, jurusan kali ini justru merupakan jurusan yang cukup sulit ditemukan, pasalnya tidak semua sekolah kejuruan memilikinya. Jurusan ini berkutat pada pembelajaran bagaimana mendesain busana yang sesuai dengan bentuk tubuh serta karakteristik model atau seseorang dengan tambahan pembuatan pola hingga desain tersebut selesai menjadi busana. Nah, bagi yang suka membuat desain baju atau menjahit, bisa banget ‘nih masuk ke jurusan Tata Boga di SMKN 1 Tanara.

Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran

Jurusan berikutnya adalah Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Hamper sama dengan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, jurusan kali ini juga cukup mudah ditemukan di sekolah kejuruan.Tapi, apa saja sih yang dipelajari di jurusan ini?

Baca Juga :  SMK Negeri 53 Jakarta

Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran atau biasa disingkat OTKP, dulu bernama Administrasi Perkantoran atau AP merupakan salah satu cabang bidang keahlian Bisnis dan Manajemen mempelajari tentang Pengetikan naskah atau dokumen, Penanganan telepon, Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen, Penataan dan pengelolaan arsip, Penanganan perjalanan bisnis, Penanganan dana kas kecil, Penyiapan pertemuan atau rapat, Penanganan aplikasi, dan Penanganan informasi melalui internet.

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Memasuki jurusan yang terakhir di SMKN 1 Tanara yaitu Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Jurusan kali ini cukup langka dan lumayan sulit ditemukan di sekolah kejuruan, pasalnya, saya sendiri juga belum lama mengenal tentang jurusan ini. Jadi, jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan adalah jurusan yang mempelajari tentang perencanaan bangunan, pelaksanaan pembuatan gedung dan perbaikan gedung. Kegiatannya adalah belajar menggambar rumah, gedung dan apartemen, menghitung biaya bangunan, melaksankan pembangunan dan memelihara kontruksi bangunan. Dulu, jurusan ini lebih umum disebut dengan Gambar Teknik.

Nah, jadi untuk temen-temen yang berdomisili di wilayah Kabupaten Serang dan berniat melanjutkan ke jejang sekolah menengah, bisa banget mendaftarkan diri ke SMKN 1 Tanara. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi website resmi SMKN 1 Tanara di https://www.smknegeri1tanara.sch.id.

Related Article…