SMK Negeri 1 Pariaman

SMK Negeri 1 Pariaman

Halo teman-teman gimana nih kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya dan selalu dalam lindungan-Nya. Nah teman-teman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang profil SMK NEGERI 1 PARIAMAN  yang berisi tentang visi misi, alamat, dan jurusan. Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Visi Misi

VISI

Unggul, Terampil, Kompetitif dalam IPTEK berlandaskan IMTAQ yang Berwawasan Lingkungan.

MISI

• Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dengan mengacu pada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan.
• Meningkatkan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
• Meningkatkan kualitas layanan dan manajemen pendidikan berwawasan lingkungan.
• Mengembangkan Kompetensi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
• Menyiapkan lulusan yang kreatif dan profesional guna memasuki dunia kerja di era globalisasi.
• Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudaya Indonesia.

Alamat

Jl. Kol. Ahmad Hosen Air Santok, Pariaman Timur, Kaluat, Pariaman Tim., Pariaman Timur, Sumatera Barat 25533

Jurusan

Teknik Bisnis dan Sepeda Motor

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat  transportasi  darat yang menggunakan  mesin , terutama  sepeda motor . Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) menggabungkan elemen-elemen pengetahuan  mekanika ,  listrik ,  elektronik , keselamatan dan lingkungan serta  matematika ,  fisika ,  kimia , ipa dan  manajemen .
Ruang Lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Teknik Sepeda Motor adalah pekerjaan dan atau profesi yang relevan pada jenjang SMK antara lain:
– Teknisi mekanik otomotif dalam bidang perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor bensin
– Perawatan dan perbaikan chasis dan sistem pemindahan tenaga.
– Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan.
– Mampu mengelola usaha mandiri di bidang perbengkelan kendaraan sepeda motor.

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Kedawung

Teknik Kendaraan Ringan

Teknik Kendaraan Ringan adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat  transportasi  darat yang menggunakan  mesin , terutama  mobil  yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil.
Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari komponen-komponen yang tergolong dalam puluhan sistem dan subsistem. Oleh karena itu, Teknik Kendaraan Ringan pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem dan subsistem. Teknik Kendaraan Ringan yang dulunya adalah Teknik Otomotif, membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan agar mampu melakukan perawatan dan perbaikan komponen – komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil di bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain. Lulusan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Pariaman sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan dan perbaikan motor otomotif, perawatan dan perbaikan sistem tenaga otomotif, Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan otomotif serta dibekali kemampuan dalam berwirausaha sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industri.

Teknik Mekanik Industri

Kompetensi yang diajarkan :
•Dasar teknik mesin
•Menggunakan perangkat keras dan perangkat keras operasi digenggam
•Pengelasan dasar las busur manual & las karbit (oksi-asitelin)
•Pekerjaan menggunakan mesin peralatan ( permesinan )
•Menggambar teknik mesin
•Pemeliharaan mekanik dan kelistrikan dasar mesin peralatan/industri
•Pemeliharaan sistem tenaga fluida ( hidrolik dan pneumatik )

Baca Juga :  SMK Negeri 2 Yogyakarta

Bidang pekerjaan :
•Teknisi mekanik/Maintenance and repair hardware/industri
•Pengelasan
•Operator mesin hardware/industri
•Drafter gambar teknik

Teknik Otomasi Industri

Teknik otomasi industri (TOI) adalah suatu jurusan teknik yang menerapkan sistem pengajaran yang mengarah ke bidang perakitan sistem-sistem di dunia industri yang berbasis otomatis/otomatis.
Kompetensi ini berdasarkan SK Dirjen 2018 dicapai dalam 4 tahun masa belajar dan termasuk dalam rumpun bidang keahlian Teknik Ketenagalistrikan. Dari tujuan ini diharapkan lulusannya dapat merakit, memperbaiki, dan merawat mesin-mesin di industri yang sesuai dengan kebutuhan, adapun beberapa kompetensi yang diajarkan di bidang otomasi industri:
– Gambar Teknik Listrik
– Dasar Listrik dan Elektronika
– Pekerjaan Dasar Elektromekanik
– Piranti Sensor dan Akuator
– Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik
– Sistem Kontrol Elektropneumatik
– Sistem Kontrol Terprogram
– Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Teknik Instalansi Tenaga Listrik

Tujuan Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik secara umum mengacu pada Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja di bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian eknik Instalasi Tenaga Listrik adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten. Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum ini adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Buat kalian yang di daerah Sumatera Barat, khususnya Padang bingung nih mau masuk SMK mana bisa banget loh masuk ke SMK ini. Nah, sekian dulu ya teman-teman tentang pembahasan mengenai profil SMK NEGERI 1 PARIAMAN. See you next time!!

Related Article…