SMK Negeri 1 Tanjung Selor

SMK Negeri 1 Tanjung Selor – Hai teman teman, apa kabar? Semoga kabar kalian sehat ya! Hari ini kita akan bahas data SMK Negeri 1 Tanjung Selor yang berisi Visi Misi, Alamat dan Jurusan SMK. Yuk simak pembahasan berikut ini!

Visi Misi SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Visi

Mewujudkan Pendidikan dan Latihan Kejuruan yang Adaptif, Antisipatif terhadap Kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri serta Perkembangan IPTEK.

Misi

Menghasilkan Tamatan Pendidikan dan Latihan Kejuruan yang tangguh yaitu Tamatan yang memiliki Pengetahuan, Keterampilan dan Moral Kerja yang sesuai dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Alamat SMK Negeri 1 Tanjung Selor

SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Jl. Skip I, Tj. Selor Hulu, Tj. Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77214

Jurusan SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Akuntansi

Misi Program Keahlian Akuntansi yaitu menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang akuntansi mandiri dan siap mengisi pasar global. Standar Kompetensi Program Keahlian Akuntansi yaitu menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.

Tujuan Proram Keahlian Akuntansi yaitu membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  • Mengelola bukti transaksi keuangan.
  • Mengelola buku jurnal.
  • Mengelola buku besar.
  • Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa.
  • Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang.
  • Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur.
  • Aplikasi komputer akuntansi.

 

Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Visi Administrasi Perkantoran:

Mewujudkan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berkualitas, berbudaya, berkarakter dan berwawasan lingkungan di era global. 

Misi Administrasi Perkantoran:

  1. Membekali siswa dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang bermartabat serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industri.
  3. Menghasilkan lulusan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dan profesional mampu hidup mandiri serta dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Membangun institusi yang tangguh dan kondusif, berbasis budaya, berkarakter dan berwawasan lingkungan.
  5. Menjadikan sekolah sebagai pusat uji kompetensi dan sertifikasi.
  6. Menjadikan SMK Negeri 1 Tanjung Selor sebagai Sekolah Nasional Berstandar Internasional (SNBI)

Tujuan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran:

  • Menghasilkan lulusan yang bertaqwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
  • Menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan DU/DI untuk pelaksanaan Prakerin siswa guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan siswa.
  • Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang bisnis dan manajemen.
  • Menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dibidang bisnis dan manajemen untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan pendidikan lebih lanjut.
  • Menjadikan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, tempat uji kompetensi dan sertifikasi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.
  • Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja bidang bisnis dan manajemen, baik nasional maupun internasional.
  • Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam melaksanakan Standar Kompetensi Kejuruan bidang Administrasi Perkantoran.
Baca Juga :  SMK Negeri 1 Anyer

 

Bisnis Daring & Pemasaran

Visi Bisnis Daring & Pemasaran:

Mewujudkan Kompetensi Keahlian Pemasaran yang berkualitas dan religius dibidang bisnis untuk menanggapi persaingan di era global.

Misi Bisnis Daring & Pemasaran:

  1. Membekali siswa dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang bermartabat serta bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Membangun institusi tangguh dan kondusif yang berbasis kerjasama dengan berbagai pihak.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kompetensi keahlian pemasaran berbasis kecakapan hidup sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industri.
  4. Menghasilkan lulusan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dan profesional di bidang pemasaran, mampu hidup mandiri serta dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
  5. Menjadikan sekolah sebagai pusat uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi keahlian pemasaran.
  6. Menjadikan Kompetensi Keahlian Pemasaran sebagai kompetensi keahlian Sekolah Nasional Berstandar Internasional (SNBI).

Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran:

  • Menghasilkan lulusan yang bertaqwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif di bidang Bisnis Manajemen khususnya kompetensi keahlian Pemasaran, serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
  • Menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan DU/DI untuk pelaksanaan Prakerin siswa guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan siswa.
  • Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang Bisnis – Pemasaran (Marketing).
  • Menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dibidang pemasaran untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan pendidikan lebih lanjut.
  • Menjadikan Kompetensi Keahlian Pemasaran sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, tempat uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi keahlian pemasaran.
  • Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja di bidang pemasaran, baik nasional maupun internasional.
  • Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam Memahami prinsip-prinsip bisnis, Menata produk, Melaksanakan negosiasi, Melaksanakan proses administrasi transaksi, Melakukan penyerahan/pengiriman produk, Melaksanakan penagihan pembayaran, Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan, Menemukan peluang baru dari pelanggan, Melaksanakan pelayanan prima (service excellent), Membuka usaha eceran/ ritel (expansion store opening), Melakukan pemasaran barang dan jasa.

 

Tata Busana 

Visi:

Menjadikan Program Keahlian Busana Butik yang Dapat Menghasilkan SDM yang Profesional di Bidang Busana Butik yang Mampu Bersaing Secara Global di Dunia Kerja Serta Berakhlak Mulia.

Misi:

  1. Menghasilkan SDM yang dapat menjadi aset bangsa yang berahlak mulia, berbudi pekerti, berwawasan dan berkemampuan untuk mengembangkan dirinya secara berkelanjutan.
  2. Mengedepankan kemampuan intelektual.
  3. Berintegrasi sosial dan berorientasi pasar.
  4. Berakar budaya lokal dan berorientasi pasar.
Baca Juga :  SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI

 

Usaha Perjalanan Wisata

Usaha Perjalanan Wisata adalah kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang pengelolaan perjalanan wisata, pemandu wisata, maupun layanan Usaha. Perjalanan Wisata menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan lingkup ticketing, tour guiding dan tour planning, dan tour leader serta MICE.

Tujuan kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut:

  • Mengelola informasi wisata.
  • Mengelola pemesanan jasa penerbangan udara.
  • Mengelola pembuatan dan pelaksanaan paket wisata.
  • Melaksanakan pemanduan wisata.

 

Perhotelan

Visi Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah CERIA ( Cerdas, Energik, Ramah, Inovatif dan Agamis) artinya seluruh warga SMK Negeri 1 Tanjung Selor khususnya Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan yang meliputi Siswa, Guru, Staf Tata Usaha, Komite Sekolah dan Stakeholder yang lainnya dituntut untuk cerdas dan energik dalam mengembangkan kompetensi Akomodasi Perhotelan, ramah dalam menghadapi tamu atau bersosialisasi dengan orang lain, inovatif dalam rangka melanjutkan ide-ide baru berupa karya dan gagasan untuk mensukseskan kegiatan tersebut dilandasi dengan agamis supaya beriman dan bertakwa. 

Misi nya adalah Menyelenggarakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dibidang Akomodasi Perhotelan yang meliputi Kepariwisataan, Komunikasi Industri Perhotelan, Santasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja, Front Office, Tata Graha, Binatu.

Secara khusus tujuan Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten. Terciptanya penguasaan kompetensi produktif bagi siswi-siswi yang diharapkan mampu berkompetensi dalam mengisi peluang-peluang kebutuhan industri sekaligus membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten di bidang akomodasi perhotelan.

 

Tata Boga

Visi Program Studi Pendidikan Tata Boga, yaitu Menjadi program studi pelopor dan unggul, terpandang, berwibawa, inovatif dalam disiplin.

Misi Program Studi Pendidikan Tata Boga yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam lingkup Pendidikan Tata Boga untuk menyiapkan tenaga pendidik profesional yang mampu berdaya saing lokal, nasional, dan global di lembaga pendidikan formal dan non-formal.
  2. Menyelenggarakan penelitian secara professional dalam bidang Pendidikan Tata Boga dalam upaya memperkuat disiplin ilmu Pendidikan Tata Boga.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam bidang Pendidikan Tata Boga.
  4. Berperan aktif sebagai pusat informasi dan diseminasi dalam bidang Pendidikan Tata Boga.
  5. Melakukan kerjasama dalam upaya pengembangan ilmu dalam bidang Pendidikan Tata Boga.

 

Sekian pembahasan SMK Negeri 1 Tanjung Selor untuk hari ini, sampai jumpa di pembahasan SMK berikutnya. Terima kasih!

 

 

Penulis: Tania Rahmatin Fitria

Related Article…