SMK Jurusan Teknika Kapal

SMK Jurusan teknika kapal – Kapal merupakan alat transportasi yang biasanya digunakan di perairan. Tidak hanya itu, kapal juga bisa menjadi alat perdagangan antardaerah maupun antarnegara. Wilayah perairan di Indonesia sangatlah luas oleh karena itu diperlukan transportasi berupa kapal.

Akan tetapi kapal tidak akan bisa berjalan jika tanpa adanya seorang ahli kapal. Keahlian dalam mengemudikan kapal bisa kamu dapatkan pada jurusan teknika kapal. Sebelum itu, apakah kalian mengetahui pengertian dari teknika kapal? Jika belum simak artikel berikut ini.

SMK Jurusan teknika kapal

Jurusan teknika kapal juga bisa disebut sebagai jurusan teknika kapal niaga. Jurusan ini merupakan salah satu bagian dari jurusan yang masuk program keahlian pelayaran atau kemaritiman. Membangun perwira teknika kapal yang handal merupakan tujuan jurusan ini. Jurusan teknika kapal meliputi keahlian profesional dalam bidang pengoperasian, perawatan dan perbaikan mesin kapal niaga. Fasilitas ruang mesin kapal akan dipersiapkan untuk calon perwira muda yang akan menjadi ahli permesinan kapal niaga.

Prospek kerja

Untuk memajukan jalur laut sesuai dengan komitmen pemerintah, maka peluang kerja bagi lulusan jurusan teknika kapal cukup luas dan gajinya pun tak kalah menarik. Ada banyak prospek kerja maupun bidang kerja yang bisa kamu dapatkan dari jurusan ini walaupun pembelajarannya begitu spesifik. Pekerjaan yang kamu dapatkan pasti tidak akan jauh dari kapal. Selain itu kamu bisa membuka usaha sendiri dengan menjadi wirausaha yang bergerak di bidang perkapalan maupun perairan.

Baca Juga :  Teknik Perancangan dan Gambar Mesin

Prospek kerja tersebut meliputi antara lain kamu bisa melakukan pembangunan kapal baru, pemeliharaan sekaligus reparasi kapal, atau kamu juga bisa melakukan pembangunan industri lepas pantai dan industri komponen sekaligus untuk membuka peluang kerja serta mengurangi angka pengangguran dan dengan ini akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Selain itu kamu bisa bekerja untuk pemeliharaan dan reparasi alat lepas pantai, atau kamu bisa bekerja sebagai jasa konsultan dengan memanfaatkan bekal ilmu kamu dan jasa rekayasa, atau bisa bekerja menjadi tekhnisi kapal.

MATA PELAJARAN

SMK Jurusan Teknika Kapal

Source : www.bp2ip-tng.sch.id/

Mata pelajaran dalam jurusan teknika kapal lumayan banyak. Untuk muatan nasional sendiri meliputi pendidikan agama dan budi pekerti, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, bahasa indonesia, matematika, sejarah indonesia, bahasa inggris dan bahasa asing lainnya. Sementara untuk kewilayahan meliputi seni budaya dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Lalu untuk muatan peminatan kejuruan meliputi dasar bidang keahlian dan dasar program keahlian serta kompetensi keahlian. Sementara untuk dasar bidang keahlian antara lain simulasi dan komunikasi digital, fisika dan kimia.

Serta untuk dasar program keahlian antara lain prosedur darurat dan SAR, hukum maritim, pencegahan pencemaran lingkungan laut, bahasa inggris maritim, kontruksi dan stabilitas kapal. Untuk kompetensi keahlian atau mata pelajaran produktif meliputi dinas jaga mesin dan kepedulian keamanan, mesin penggerak utama, permesinan bantu, sistem kelistrikan kapal, elektronika, sistem kontrol, ilmu bahan, perbengkelan, perawatan dan perbaikan permesinan kapal, desain dan gambar permesinan kapal, serta produk kreatif dan kewirausahaan.

Baca Juga :  SMK Jurusan Farmasi di Cilacap

Mata pelajaran dalam jurusan teknika kapal ternyata begitu spesifik sehingga kamu akan dapat begitu banyak ilmu yang bisa kamu manfaatkan dan kembangkan jika kamu masuk ke jurusan ini. Tidak hanya itu, berada dalam jurusan teknika kapal juga akan membuatmu menjadi perwira muda dengan kepribadian yang tangguh dan kompeten. Lantas apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan teknika kapal?

Sekolah SMK Teknika Kapal

Di indonesia sendiri ada banyak sekolah yang memiliki jurusan Teknika Kapal. Beberapa sekolah tersebut diantaranya :

SMK SPM Nasional Purwokerto

Salah satu sekolah yang memiliki jurusan satu ini adalah SMK SPM NASIONAL PURWOKERTO. Di sekolah ini siswa akan belajar tentang teknik khususnya di perkapalan yang tujuan utamanya adalah Menghasilkan perwira kapal niaga di bidang Teknika yang profesional dan berkarakter. Sehingga lulusan yang diharapkan bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun di internasional. Selain jurusan teknika kapal, ada juga jurusan nautika kapal di sekolah yang satu ini.

SMK Negeri 3 Tegal

Ada juga sekolah lainnya yang memiliki jurusan ini adalah SMK Negeri 3 tegal. Di sekolah ini tersedia beberapa jurusan mulai dari Desain pemodelan ilmu bangunan, teknik komputer dan jaringan, multimedia, nautika kapal, teknika kapal, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan otomotif, teknik dan bisnis sepeda motor, dan teknik audio video. Sekolah yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai sekolah lanjutan.

Mungkin itu dulu informasi yang bisa kita berikan untuk SMK Jurusan Teknik kapal. semoga bisa jadi salah satu refrensi untuk kamu yang ingin melanjutkan sekolah.

Related Article…