Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan adalah salah satu jurusan yang akan mempelajari tentang perencanaan bangunan, pelaksanaan pembuatan gedung dan perbaikan gedung. Kegiatan lainnya adalah seperti belajar menggambar rumah, menggambar gedung ataupun menggambar apartemen, juga belajar menghitung biaya bangunan, melaksanakan pembangunan dan memelihara kontruksi bangunan.

Peluang kerja untuk lulusan kompetensi keahlian DPIB antara lain seperti berikut: 

  • Menjadi Drafter/ahli menggambar sipil maupun arsitektur (rumah, ruko, gedung perkantoran, dll)
  • Menjadi Wirausahawan yang mendirikan jasa perencanaan pembangunan rumah, gedung, dll. 
  • Menjadi Karyawan di perusahaan kontraktor, developer, konsultan, percetakan, dll.

Prospek Kerja

Desain Permodelan dan Informasi Bangunan

KONSEPTOR

Yaitu yang menemukan gambar-gambar desain, jika bekerja di konsultan membuat gambar perencanaan, namun jika bekerja di kantor maka akan dengan menggambar toko dan menggambar asbuilt.

Baca Juga :  Jurusan Fotografi

QUANTITY SURVEYOR

Kerjanya menghitung volume bangunan, kebutuhan material dan membuat laporan kemajuan pekerjaan.

UITZET / SURVEYOR

Bertugas dalam hal pengukuran seperti membuat data ukuran tanah atau bangunan yang ada, dan mengukur untuk penerapan gambar kerja ke lokasi pekerjaan.

PELAKSANA BANGUNAN

Bertugas mengawal jalannya pekerjaan konstruksi agar sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, dilaksanakan secepat mungkin dan dengan hasil berkualitas yang maksimal. Dan pada proyek besar seperti pembangunan gedung bertingkat tinggi, ada pembagian tugas pelaksana dari pelaksana besi, bekisting, cor beton, nishing, listrik, dan yang lainnya menyesuaikan kebutuhan.

PEMBORONG / KONTRAKTOR

Jika berani menjalani usaha mandiri, maka bisa bergerak dibidang pemborong atau kontraktor. Dan jika memerlukan tenaga ahli maka bisa sambil melanjutkan kuliah S1, atau dengan cara merekrut sarjana sebagai karyawan.

Baca Juga :  SMK Jurusan Seni Di Bandung

KONSULTAN PERENCANA

Bisa juga membuka usaha di bidang perencanaan, seperti jasa desain rumah, pembuatan maket, gambar 3D dan sejenisnya. Dan untuk lebih mendalami keilmuan di bidang ini maka bisa melanjutkan kuliah jurusan Arsitektur.

MELANJUTKAN KULIAH

Ambil jurusan yang sesuai yaitu Arsitektur dan Teknik Sipil, tapi jika ingin masuk jurusan lain juga tidak jadi masalah asal giat dalam kuliah.

Sekian penjelasan tentang Desain Pemodelan dan Informasi Pembangunan semoga bermanfaat

Related Article…