Keunggulan dan Kekurangan Jurusan RPL

Keunggulan dan Kekurangan Jurusan RPL – SMK dikenal sebagai sekolah yang memiliki banyak program studi yang bermanfaat untuk mengasah skill dan kemampuan para siswa dari segi praktek kerja. Dengan hal tersebut, menjadikkan banyak orang memilih untuk masuk SMK karena ingin bisa langsung bekerja setelah lulus.

Dan pada era digital yang maju ini, jurusan RPL bisa dijadikan salah satu pilihan untuk mereka yang ingin memasuki dan mengikuti perkembangan zaman.

Jadi apakah itu jurusan RPL dan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Simak ulasan berikut ini.

Keunggulan dan Kekurangan Jurusan RPL

Keunggulan dan Kekurangan Jurusan RPL

Apa itu Jurusan RPL SMK?

RPL adalah kepanjangan dari Rekayasa Perangkat Lunak, merupakan salah satu jurusan di SMK yang mempelajari dan mendalami tentang cara-cara pengembangan perangkat lunak seperti:

  • pembuatan
  • pemeliharaan
  • manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak
  • dan manajemen kualitas.

Tidak hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dan bahasa pemrograman.

Pada intinya RPL berfokus pada coding, desain dan algoritma untuk mendukung keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.

Lulusan RPL ini juga sangat dibutuhkan di banyak industri untuk dijadikan sebagai teknisi dalam bidang pengembangan software. Ruang lingkup pekerjaan RPL ini adalah seperti:

  • Software Developer
  • Game Development
  • Software Tester
  • Software Engineering
  • Software Analis dan Integrator
  • Konsultan IT
  • Programmer
  • dan masih banyak pekerjaan yang sesuai lainnya.

Berikut beberapa mata pelajaran yang dipelajari pada jurusan RPL SMK:

  1. Web Dinamis

Pada mata pelajaran ini mempelajari tentang cara pembuatan sebuah website, bagaimana Teknik untuk membuat website di berbagai aplikasi, dan mempelajari mengenai bahasa pemrograman.

  1. Pemrograman Berorientasi Objek
Baca Juga :  Jurusan Desain Komunikasi Visual

Sering disingkat mata pelajaran PBO, yang mempelajari tentang penulisan coding atau paradigma yang berorienti pada objek serta berbagai konsep seperti objek, abstraksi, dan konsep lainnya.

  1. Pemrograman Dekstop

Pemrograman dengan cara memanipulasi elemen visual dan dilakukan dengan satu komputer tunggal.

  1. Basis Data

Pelajaran ini akan membahas mengenai elemen dasar aplikasi. Basis data merupakan elemen dasar dari semua pembuatan aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan seluruh data yang masuk ke dalam aplikasi tersebut.

  1. Pemrograman Dasar

Mempelajari mengenai dasar-dasar pemrograman dengan program yang sederhana.

  1. Pemodelan Perangkat Lunak

Mata pelajaran ini akan mempelajari tentang pembuatan desain aplikasi sebelum mengerjakan aplikasi.

  1. Coding

Mempelajari tentang berbagai macam bahasa pemrograman, seperti bahasa pascal, bahasa java, bahasa delphi, pemrograman web server, bahasa C, PHP dan MySQL, dan bahasa pemrograman lainnya.

  1. Desain

Membahas mengenai Teknik desain visual dengan menggunakan berbagai software desain, seperti photoshop, corel draw, dan web design. Dan juga mempelajari editing video.

  1. Algoritma

Mata pelajaran ini membahas tentang segala hal yang berkaitan dengan algoritma seperti, algoritma dasar, algoritma tingkat lanjut, Microsoft Access, gerbang logika, DFD, dan banyak lagi.

  1. Teknik Elektronika

Membahas tentang segala hal yang berhubungan dengan Teknik elektronika serta cara penerapannya, baik itu secara analog maupun digital.

Kelebihan Jurusan RPL SMK

Jurusan RPL di SMK ini memiliki banyak peminatnya seiring denga berkembangnya teknologi digital dan internet.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari jurusan RPL SMK:

  1. Siap Kerja

Jika mengambil program studi RPL, menjadikan lulusan yang siap kerja. Sebab selama di SMK, siswa tidak hanya dibekali ilmu tetapi juga dengan skill praktik yang menjadikan siswa siap untuk bekerja, contohnya sebagai programmer pasca lulus sekolah.

  1. Memahami Seluk Beluk Komputer
Baca Juga :  SMK Jurusan Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan

Siswa sudah memahami seluk beluk tentang komputer, PC, dan softwarenya. Karena di sekolah sudah dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara memasang sebuah PC hingga memahami fungsi setiap komponen komputer.

  1. Memiliki Tugas yang Fleksibel

Jurusan RPL ini dikenal memiliki tugas yang santai dan fleksibel, karena tugas dari jurusan ini lebih banyak dikerjakan menggunakan laptop dan koneksi internet, sehingga tugasnya bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja.

  1. Mudah Melanjutkan Kuliah

Dengan memilih jurusan RPL ini bisa menjadi Langkah terbaik jika ingin meneruskan ke kuliah ilmu komputer atau teknik informatika karena materi pembelajarannya yang bersifat lanjutan.

Kekurangan Jurusan RPL SMK

Meskipun jurusan RPL ini memiliki banyak kelebihan dan peluang kerja yang cukup luas, namun dengan banyaknya SMK yang membuka jurusan ini juga terbilang banyak sehingga membuat anda yang ingin mendaftar memiliki cukup banyak saingan ketika memasuki SMK dan juga saat memasuki dunia kerja nantinya.

Dalam praktek yang dilakukan selama proses pembelajaran akan membutuhkan laptop/komputer, maka anda harus mempersiapkan anggaran untuk mempersiapkan fasilitas tersebut agar saat praktek bisa berjalan dengan lancar dan anda tidak akan kesulitan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Materi yang diberikan dan dipelajari di jurusan RPL ini juga menuntut anda untuk berpikir dan memiliki konsentrasi tinggi, karena materinya bisa terbilang cukup rumit, seperti pemrograman komputer dan juga materi yang berkaitan dengan logika.

Anda juga akan mendapat berbagai tugas praktek yang cukup memakan waktu sehingga membutuhkan kesabaran, ketelitian, dan juga memiliki konsentrasi yang baik.

 

Itulah ulasan mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan jurusan RPL SMK, yang bisa dijadikan referensi untuk anda yang ingin masuk ke jurusan RPL.

Untuk informasi lebih lengkap tentang jurusan RPL ini, bisa kunjungi situs berikut https://pklsmk.com/smk-jurusan-rpl

Related Article…