SMK Jurusan Tata Boga Di Surabaya

SMK jurusan Tata Boga di Surabaya – Sekolah lanjutan setelah jenjang menengah pertama memiliki banyak sekali pilihan. Pemilihan ini biasanya berdasarkan minat dari siswa itu sendiri. Ada sekolah lanjutan yang berupa madrasah, sekolah menengah atas, maupun sekolah kejuruan.

Salah satu sekolah yang biasanya banyak dipilih oleh siswa adalah sekolah menengah kejuruan. Di sekolah menengah kejuruan ini juga tidak hanya ada satu atau dua jurusan saja. Di SMK berbagai daerah memiliki jurusan yang unik dan biasnaya disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja yang tersedia termasuk juga di daerah Surabaya. Salah satu jurusan yang ada di Surabaya adalah jurusan tata boga. Lalu apa saja sekolah yang memiliki jurusan ini di Surabaya? Berikut ulasannya.

Jurusan tata boga

Tata boga adalah salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan. Tata Boga mempelajari ilmu pengelolaan masakan,  teknik penyajian, makanan dan minuman dengan memperhatikan estetika, kualitas rasa dan keutuhan nutrisi.

Bidang ini mencakup bagaimana makanan dan minuman disiapkan menjadi hidangan regional dan nasional.

Prospek kerja jurusan tata boga

Dan pastinya pun baayak lapangan kerja yang tersedia setelah lulus dari jurusan ini. Berikut di bawah ini rangkumamn prospek kerja untuk lulusan Tata Boga :

Chef/Koki

Pekerjaan pertama yang bisa menjadi pilihan setelah lulus dari jurusan tata boga adalah menjadi chef/koki.

SMK Jurusan Tata boga di surabaya

SMK Jurusan Tata boga di surabaya

Pekerjaan yang satu ini memang menjadi salah satu pekerjaan yang sangat berkaitan dengan tata boga. Dengan bekerja sebagai chef maka pengetahuan tentang masakan yang sebelumnya diperoleh bisa diterapkan dengan lebih mudah.

Baca Juga :  SMK Jurusan Pemasaran

Baker

Yang selanjutnya adalah sebagai baker. Seorang baker sebenarnya lebih terhubung dengan kuliner yang berasal dari bahan tepung seperti roti, cookies dan lainnya. Di jurusan tata boga juga mendapatkan pengetahuan tentang hal – hal tersebut, Pekerjaan ini juga sangat banyak dibutuhkan di lapangan kerja terutama di bidang bakery.

Barista

Selanjutnya adalah barista. Percaya atau tidak pekerjaan yang satu ini sedang naik daun karena banyaknya café yang tersebar di setiap kota. Pekerjaan yang satu ini juga bisa menjadi salah satu pilihan dari siswa jurusan tata boga yang sudah selesai menempuh sekolah.

Food Vlogger

Pekerjaan selanjutnya yang berkaitan dengan tata boga adalah sebagai seorang food vlogger. Bidang yang satu ini mungkin awalnya bukan menjadi pilihan. Akan tetapi dengan adanya platform social media maupun youtube pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang bisa menjadi opsi. Selain karena ilmu yang didapatkan bisa lebih bermanfaat, pekerjaan yang satu ini juga bisa mendatangkan pundi pundi uang.

Lembaga Pemerintahan

Jurusan tata boga tidak hanya bisa bekerja di bidang kuliner saja. Sebagai lulusan dari jurusan tata boga juga bisa bekerja di berbagai lembaga pemerintahan. Bisa juga lembaga pemerintahan yang dipilih merupaakn lembaga yang sesuai dengan bidang yang saat ini dipilih.

Konsultan Gizi dan Pangan

Lulusan SMK jurusan tata boga juga bisa dapat bekerja sebagai seorang konsultan gizi dan pangan. Pekerjaan ini akan membuat kamu bisa memberikan saran dan masukan terutama masalah gizi kepada pelaku usaha atau orang yang bergerak di bidang kuliner.

Tenaga Pendidikan

Lulusan dari jurusan tata boga juga bisa menjadi seorang tenaga pendidikan. Tidak hanya tenaga pendidikan formal namun juga untuk pendidikan non formal. Dengan begitu ilmu yang siswa dapatkan juga bisa menjadi lebih tersalurkan dan menyebar.

Baca Juga :  SMK Jurusan Kimia Analis

Wirausaha

Sebagai seorang lulusan dari SMK, siswa juga bisa memilih sebagai seorang wirausaha. Lulusan jurusan ini bisa memulai usaha mereka sendiri dengan berbekal ilmu yang sudah didapatkan. Tentunya pengembangan usaha yang dilakukan berdasarkan peluang pasar juga, sehingga usaha bisa berjalan dengan lebih maksimal.

Daftar smk jurusan tata boga di Surabaya

Di Surabaya sendiri ada beberapa SMK yang memiliki jurusan tata boga. Sekolah ini antara lain :

SMK Negeri 8 Surabaya

Yang pertama adalah SMK Negeri 8 surabaya. Di Sekolah ini terdapat jurusan tata boga yang tentunya memiliki kualitas yang sangat bagus. Sekolah ini juga sudah memiliki teaching factory yang tentunya mendukung pembelajaran yang ada. Selain jurusan tata boga, tersedia juga jurusan lainnya seperti jurusan multimedia, jurusan perhotelan, tata kecantikan, dan tata busana.

SMK Negeri 6 Surabaya

SMK selanjutnya yang memiliki jurusan tata boga di surabaya adalah SMK negeri 6 surabaya. Sekolah yang satu ini memiliki kualitas tenaga pengajar dan fasilitas yang tidak kalah juga dari sekolah lainnya. Dengan segudang prestasi yang sudah ditorehkan tentunya menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih sekolah yang satu ini. Selain jurusan tata boga, ada juga jurusan seperti tata busana, tata kecantukan, perhotelan, usaha perjalanan wisata, multimedia, akuntansi dan keuangan lembagam serta kimia industry.

SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya

Ada juga sekolah bernama SMK Katolik mater Amabilis Surabaya. Sekolah ini menjadi salah satu sekolah unggulan dalam berbagai jurusan yang dimilikinya. Terdapat berbagai fasilitas pendukung yang lengkap mulai dari laboratorium sampai penunjang jurusan yang sangat mumpuni. Tidak hanya jurusan tata boga saja yang tersedia, tapi ada juga jurusan lainnya seperti usaha perjalanan wisata, tata busana, dan akomodaasi perhotelan.

Itulah sedikit pembahasan tentang SMK jurusan tata boga di Surabaya. Semoga bisa menjadi refrensi untuk anda yang sedang mencari sekolah lanjutan. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya tentang SMK.

Related Article…