SMK Jurusan Perminyakan

SMK Jurusan Perminyakan – Apakah kamu mengetahui berasal dari manakah minyak dan gas yang dijual di pasaran. Apa yang terlintas di pikiranmu mengenai minyak dan gas. Ternyata minyak dan gas harus diproduksi terlebih dahulu sebelum dipasarkan. Minyak dan gas itu melalui proses produksi yang mungkin tidak kamu ketahui. Sementara itu, apakah kalian sudah mengetahui tentang SMK jurusan perminyakan dan jurusan yang ada di dalamnya seperti jurusan teknik pengolahan migas dan petrokimia, Jurusan produksi migas, dan jurusan pemboran minyak dan gas? Jika belum simak artikel berikut ini.

Jurusan Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia

Jurusan teknik pengolahan migas dan Petrokimia mungkin masih terdengar asing ditelinga kamu. Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana caranya menambang mineral berharga yang bersifat cair (fluid), yakni minyak bumi, gas alam dan panas bumi yang terdiri dari kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi serta ekonomi migas. Jadi pada jurusan teknik produksi migas sangat berkaitan erat akan proses eksplorasi sekaligus eksploitasi energi dan sumber daya mineral. 

Selain itu, kalian juga akan mempelajari cara pengoperasian peralatan yang sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) manajemen limbah produksi. Di luar negeri jurusan ini dikenal sebagai Petroleum Engineering. Pada jurusan Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia ini yang dipelajari tentunya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bumi sebagai objeknya dengan ruang lingkup yang luas, contohnya seperti batuan dan mineral, gunung api dan panas bumi, migas bumi, batuan dan mineral, struktur bumi, gempa bumi, pengendapan dan perubahan terhadap batuan, lingkungan, geofisika, pertambangan dan analisisnya.

Mengapa Memilih Jurusan Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia?

SMK Jurusan Perminyakan

Jika kamu memasuki jurusan teknik produksi migas, kamu dituntut untuk menjadi profesional akan tetapi harus tetap bermoral dan mampu disiplin melaksanakan pekerjaan secara rutin, menyelesaikan masalah, mengevaluasi setiap kegiatan, merencanakan sekaligus mengoptimalkan produksi sesuai dengan perkembangan ilmu dan juga teknologi disaat ini yang serba canggih.

Selain itu prospek kerja yang luas bisa menanti kamu yang lulusan jurusan teknik produksi migas. Kalian yang nantinya lulus dari jurusan Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia  akan tetap aktif dalam skala global dan memiliki peran penting dalam pemenuhan pasokan energi dunia dan Negara. Banyak juga yang tergiur untuk memilih jurusan ini karena prospeknya yang cerah. Bagaimana tidak? Jurusan ini merupakan salah satu jurusan dengan penghasilan tertinggi. Bahkan di Amerika, lulusan dengan gelar S1 Teknik Perminyakan bisa menghasilkan $120,000 per tahun. Apalagi yang memegang gelar yang lebih tinggi ditambah dengan mengambil spesialisasi. WOW sekali bukan! Akan tetapi prospek kerja dan penghasilan yang didapat tersebut bergantung pada area tempat pekerjaan, jabatan yang dimiliki, pengalaman yang dimiliki, serta pengetahuan yang dimiliki.

Baca Juga :  Jurusan Teknik Jaringan Transmisi

Kompetensi Keahlian

Gas Processing

Gas processing adalah proses industri yang kompleks dirancang untuk membersihkan gas alam mentah dengan memisahkan kotoran dan berbagai non-metana hidrokarbon dan cairan untuk menghasilkan apa yang dikenal sebagai dry natural gas.

Teknik Instrumentasi Kilang

Teknik instrumentasi kilang mempelajari ilmu alat alat instrumen dalam proses kilang perminyakan, tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi dan distribusi.

Produk kreatif dan kewirausahaan 

Produk kreatif dan kewirausahaan merupakan kemampuan dalam mengeluarkan gagasan atau ide untuk menciptakan hasil yang inovatif. Gagasan yang inovatif tersebut nantinya akan memberikan peluang bisnis dan memecahkan permasalahan dalam kehidupan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia

Karier yang bergengsi dan peluang kerja luas yang mungkin tidak semua orang dapat mendapatkan karier tersebut. Dengan gaji yang menggiurkan pikiran dan mata mungkin bisa membuatmu tertarik untuk masuk jurusan teknik produksi migas. Berikut ini referensi pekerjaan yang cocok untuk kamu lulusan jurusan teknik produksi migas.

Pengawas Operasi Produksi

Mempunyai tanggung jawab mengawasi produksi dan operasi produksi setara lepas pantai, melaksanaan pembinaan sekaligus pengembangan SDM

Ahli Pengendali Perawatan Sumur

Mempunyai tanggung jawab mempersiapkan peralatan dan perencanaan program kerja, memilih alternatif troubleshooting, membuat analisis tekanan fluida yang berada dari dalam sumur serta mengawasi operasi perawatan sumur.

Ahli Pengendali Bor

Mempunyai tanggung jawab dalam pengoperasian sistem peralatan drilling hig dan pelaksanaan kegiatan sembur liar.

Pengawas Operasi Panas Bumi

Mempunyai tanggung jawab dalam pengawasan operasi produksi panas bumi.

Ahli Geologi

Mempunyai tanggung jawab melakukan penelitian-penelitian untuk mengungkapkan misteri yang masih menyelimuti proses-proses yang berhubungan dengan bahan yang membentuk bumi.

Insinyur Kimia 

Mempunyai tanggung jawab merancang, membuat dan mengoptimalkan sistem dan peralatan yang digunakan dalam kimia, industri, biologi, dan lingkungan proses.

Reservoir Engineer

Mempunyai tanggung jawab peramalan kelakuan reservoir, laju produksi dan jumlah minyak atau gas yang dapat diproduksi dari suatu sumur.

Baca Juga :  Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Safety Engineer

Mempunyai tanggung jawab terhadap pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Lingkungan (K3L) di lingkungan proyek

Insinyur Pengeboran

Mempunyai tanggung jawab mengembangkan, merencanakan, biaya dan mengawasi operasi yang diperlukan untuk pengeboran sumur minyak dan gas. 

Selain itu kamu bisa bekerja pada industri yang berada pada bidang energi, migas lalu panas bumi dan tambang sekaligus konstruksi serta manufaktur atau industri pendukungnya.

Jurusan Pemboran gas

Dalam lingkup Jurusan perminyakan ada juga jurusan tentang pemboran gas. Di jurusan pemboran gas, Sisiwa akan mempelaajri tentang proses produksi minyak mentah yang diawali dari proses pengeboran minyak sampai dengan pengambilan minyak dan gas serta pemisahan senyawa dan unsur yang ada di kandungan minyak dan gas. Nantinya siswa akan banyak mempelajari tentang cara pengoperasian peralatan yang sesuai dengan SOP manajemen limbah produksi.

Lulusan untuk teknik pemboran minyak dan gas ini memiliki kompetensi yang cakupannya cukup luas. Beberapa diantaranya seperti rekayasa dalam penyediaan dan pengelolaan sumber daya energi, dan Pengelolaan lingkungan yang berkaitan dengan lingkungan minyak dan gas.

Untuk lulusan dari jurusan ini bisa memiliki pelurang kerja yang luas baik bekerja di perusahaan pemerintah, sektor pemerintahan, ataupun berbagai perusahaan swasta. Di sektor pemerintahan, lulusan sekolah ini bisa bekerja di departemen energi dan sumberdaya mineral, kementerian lingkungan hidup, dan berbagai instansi lainnya.

Jurusan Teknik Pengolahan Migas & Petrokimia

SMK Jurusan peminyakan

  Teknik Pengolahan Migas & Petrokimia adalah jurusan yang akan mempelajari tentang bagaimana caranya menambang mineral berharga yang bersifat cair (fluid), yakni minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Selain itu, kalian juga akan mempelajari cara pengoperasian peralatan yang sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) manajemen limbah produksi.

Di luar negeri jurusan ini dikenal sebagai Petroleum Engineering. Pada jurusan Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia ini yang di pelajari tentunya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bumi sebagai obyeknya dengan ruang lingkup yang luas, contohnya seperti batuan dan mineral, gunung api dan panas bumi, migas bumi, batuan dan mineral, struktur bumi, gempa bumi, pengendapan dan perubahan terhadap batuan, lingkungan, geofisika, pertambangan dan analisisnya.

Kompetensi Keahlian

Jurusan Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia tentunya mempunyai beberapa kompetensi keahlian yang harus dikuasai, yaitu :

  1. Gas Processing
  2. Teknik Instrumentasi Kilang
  3. Peralatan Proses dan Utilitas
  4. Produk Kreatif dan Kewirausahaan
  5. Produk Migas dan Storage Handling
  6. Proses Pengolahan Migas dan Petrokimia

Itulah sedikit pembahasan tentang SMK perminyakan yang memiliki jurusan Teknik Pengolahan Migas dan petrokimia, Jurusan pemboran minyak dan gas, serta jurusan Teknik pengolahan migas dan Petrokimia. Semoga informasinya bermanfaat.

Related Article…