SMK Jurusan Multimedia Di Bandung

SMK jurusan multimedia di Bandung – Memilih jurusan yang ada di sekolah lanjutan akan menentukan lapangan kerja nantinya. Biasanya sekolah dan jurusan yang kita pilih juga sudah memiliki jaringan kerja mereka sendiri. Dengan begitu siswa juga menjadi lebih mudah mendapatkan lapangan kerja mereka. Hal ini juga berlaku untuk SMK Jurusan multimedia salah satunya yang ada di bandung.

Mungkin ada yang belum mengenal tentang bagaimana jurusan multimedia itu? Mari simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Jurusan Multimedia

Jurusan multimedia atau biasa disingkat MM merupakan salah satu jurusan diSMK pada bidang komputer yang mempelajari tentang penggunaan komputer guna untuk menyajikan data teks, suara, gambar, animasi, serta video yang dibuat semenarik mungkin. multimedia dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu Multimedia Linier dan Multimedia Interaktif.

Multimedia Linier merupakan multimedia yang berjalan tanpa dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan pengguna misalnya pada film dan televisi.

Sedangkan Multimedia Interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga dapat terjadi interaksi dengan pengguna contohnya pada game atau pembelajaran secara multimedia.

Multimedia berdasarkan penggunaannya dapat dibagi menjadi 2 macam kategori, yaitu yang pertama, Multimedia Communication adalah  penggunaan media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi.

Media yang digunakan adalah TV, radio, film, musik, entertaiment, internet, dll. Dengan adanya Multimedia ini akan mempermudah pengguna dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi.

Sedangkan yang kedua Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media yang berbeda seperti teks, animasi, audio, video, gambar (grafik) yang dipadukan untuk mengasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, entertainment, dll.

Baca Juga :  SMK Jurusan Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan

Ada berbagai Media yang nantinya bisa digunakan dalam Multimedia Content Production. Beberapa contoh yang biasanya digunakan seperti Media tulisan (Teks), Media Suara (Audio), Media VideoMedia Gambar (Grafik) dll.

Mata Pelajaran

Ada beberapa mata pelajaran yang akan Kamu pelajari selama di SMK adalah sebagai berikut :

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Komputer dan Jaringan Dasar
  3. Pemrograman Dasar
  4. Dasar Desain Grafis
  5. Desain Grafis Percetakan
  6. Desain Media Interaktif
  7. Animasi 2D dan 3D
  8. Teknik Pengolahan Audio dan Video

Nah, jadi itulah mata pelajaran jurusan multimedia untuk jenjang SMK yang saya ketahui. Selain itu kamu juga akan mendapat materi dengan muatan nasional, seperti bahasa Indonesia, pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan dll.

Prospek Kerja

Ada beberapa prospek kerja pada jurusan Multimedia diantaranya :

Web designer

Pekerjaan yang pertama adalah sebagai seorang web designer. Karena berlatarbelakang dari desain, maka siswa jurusan multimedia akan cocok dengan pekerjaan yang satu ini. Pekerjaan ini nantinya akan membuat siswa lebih berkembang terutama pada bagaimana melakukan desain pada berbagai website untuk berbagai tujuan.

Interactive media designer

Yang selanjutnya adalah interactive media designer. Pekerjaan ini akan membuat kreatifitas siswa menjadi semakin terasah. Biasanya pekerjaan ini juga akan bersinggungan dengan pembuatan user interface, design, game, dan lainnya.

Music Composer

Pekerjaan sebagai music composer ternyata juga bisa digeluti oleh lulusan jurusan multimedia. Berbekal ilmu composer background music yang siswa dapatkan siswa dapat lebih mudah menyesuaikan diri pada pekerjaan yang satu ini.

Desainer Grafis

Yang selanjutnya adalah pekerjaan sebagai seorang desainer grafis. Pengalaman siswa dalam desain grafis yang didapatkan disekolah bisa memudahkan siswa dalam menekuni pekerjaan yang satu ini. Pekerjaan ini akan berfokus pada desain menggunakan software untuk berbagai keperluan mulai dari banner, kartu nama, undangan dan lainnya.

Game modeler/designer

SMK Jurusan Multimedia di bandung

Ternyata lulusan dari jurusan multimedia juga bisa bekerja sebagai seorang Game modeler atau designer. Alasannya karena kemampuan desain yang sebelumnya didapatkan di sekolah juga bisa digunakan untuk keperluan yang satu ini.

Baca Juga :  SMK Jurusan Akuntansi Di Bandung

Youtuber

Selanjutnya seorang lulusan multimedia juga bisa menjadi seorang youtuber. Jika menjadi seorang youtuber, mereka bisa membuat channel tidak hanya memanfaatkan live secara langsung. Akan tetapi juga bisa membuat content yang ada hubungannya dengan desain grafis atau ilmu multimedia yang sudah didapatkan.

Animator/illustrator

Lulusan multimedia juga bisa masuk ke bidang pekerjaan seperti animator. Pekerjaan ini akan membuat siswa focus pada pembuatan ilustrasi untuk berbagai keperluan. Ilustrasi yang dibuat nantinya juga bisa dikembangkan lagi supaya menjadi animasi yang bagus.

Kameraman

Pekerjaan yang bisa direkomendasikan selanjutnya adalah cameramen. Dengan mengetahui ilmu pengambilan gambar yang didapatkan di sekolah maka siswa akan lebih mudah untuk terjun ke bidang yang satu ini. Apalagi sekarang cameramen tidak hanya ada di stasiun tv saja sehingga lapangan kerja yang ada juga bisa lebih luas.

Tapi sebenarnya masih banyak lagi profesi/peluang kerja yang sejalan dengan jurusan ini, namun tidak mungkin saya sebutkan semuanya. Lebih baik Persiapkan diri dan terus berlatih untuk mengasah kemampuanmu agar siap bersaing, ya!

SMK jurusan multimedia dibandung

Ada beberapa sekolah di bandungdibandung yang memiliki jurusan multimedia diantaranya :

  1. SMK Negeri 2 Bandung
  2. SMK Negeri 3 Bandung
  3. SMK Negeri 4 Bandung
  4. SMK Negeri 11 Bandung
  5. SMK Negeri 14 Bandung
  6. SMK Negeri 15 Bandung

sebenarnya masih ada beberapa sekolah dibandung yang memiliki jurusan multimedia, namun tidak saya sebutkan semuanya. Dan sebenarnya masih Banyak sekali berbagai ilmu-ilmu yang bisa kita dapatkan di jurusan ini, dan tentunya akan menunjang kita mampu terjun ke dunia lapangan pekerjaan yang kita inginkan. Lebih baik Persiapkan diri dan terus berlatih untuk mengasah kemampuanmu agar siap bersaing, ya!

Semoga bermanfaat, Terimakasih!!!

Related Article…