Keunggulan dan Kelemahan Jurusan OTKP SMK

Keunggulan dan Kelemahan Jurusan OTKP SMK – OTKP atau Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK yang fokus dalam perencanaan kegiatan kantor, menyediakan peralatan kantor serta manajemen dalam kantor.

Berikut adalah ulasan mengenai apa itu jurusan OTKP SMK, beserta kelebihan dan kelemahannya.

Keunggulan dan Kelemahan Jurusan OTKP SMK

Keunggulan dan Kelemahan Jurusan OTKP SMK

Apa itu Jurusan OTKP SMK?

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), atau yang dulunya dikenal sebagai jurusan Administrasi Perkantoran (AP), merupakan salah satu jurusan di SMK yang fokus dalam bidam perkantoran.

Mempelajari tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan kantor.

Seperti:

  • bertanggung jawab dalam merencanakan kegiatan kantor
  • menyediakan peralatan kantor
  • mengatur perubahan jadwal antar departemen
  • serta membantu tugas manajemen kantor terkait gaji karyawan.

Berikut beberapa kegiatan yang akan dipelajari di jurusan OTKP SMK:

  1. Melaksanakan aktivitas seperti mempersiapkan ruang kerja dan peralatan kantor, memastikan keteresediaan ruang kerja beserta peralatan kantornya sesuai dengan jenis pekerjaan atau jabatan.
  2. Melaksanakan aktivitas renovasi gedung kantor untuk memastikan semua gedung kantor siap untuk beroperasional.
  3. Melaksanakan kegiatan surat menyurat, dokumentasi, dan pengarsipan, untuk memastikan administrasi lancar untuk kegiatan semua karyawan.
  4. Membuat rencana dan menevaluasi kerja harian atau bulanan, agar tercapai kualitas target kerja yang disyaratkan. Lalu hasil evaluasi akan menjadi bahan informasi kepada pimpinan.
  5. Membuat perkiraan anggaran biaya tahunan yang berkaitan dengan kegiatan office administration, lalu direkomendasikan kepada departemen General Affair untuk pembuatan anggaran kantor.
  6. Menyediakan kebutuhan dan peralatan kantor, seperti alat tulis kantor beserta layanan photocopy dan penjilidan, peralatan kebersihan, serta peralatan keamanan kantor.
  7. Mengawasi pelaksanaan kebersihan dan kenyamanan ruang kantor dan keamanannya.
Baca Juga :  SMK Jurusan Teknik Sipil

Jurusan OTKP ini juga memiliki banyak peluang pekerjaan atau prospek kerja yang luas, berikut diantaranya:

  1. Resepsionis

Setiap perusahaan yang bergerak dibidang apapun pasti akan membutuhkan seorang resepsionis yang akan menjadi front office perusahaan mereka.

  1. Sekretaris

Tugas utamanya yaitu memfilter informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan serta sebagai pengingat kegiatan pimpinan perusahaan.

  1. Staff Administrasi

Bertugas untuk melakukan berbagai pelayanan kantor yang berkaitan dengan administrasi untuk kelancaran operasional perusahaan.

  1. Staff Personalia

Bertugas untuk bertanggung jawab untuk mengelola database karyawan, seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, dan pencatatan cuti tahunan.

  1. Guru SMK

Saat ini jurusan OTKP banyak dibuka di SMK, sehingga akan banyak membutuhkan tenaga kerja untuk mengajar dalam bidang OTKP tersebut. Ini akan menjadi peluang bagi anda lulusan OTKP atau AP.

Dan masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan yang cocok untuk peluang lulusan jurusan OTKP, seperti Asisten Sekretaris, Event Organizer, Staff Operasional, dan Personal Assistant.

Kelebihan Jurusan OTKP SMK

Berikut adalah kelebihan dari jurusan OTKP SMK yang tidak dimiliki oleh jurusan lain:

  1. Prospek Kerja Yang Bagus

Bagi lulusan jurusan OTKP, bisa bekerja sebagai sekretaris perusahaan atau sebagai staff admin, kedua pekerjaan ini sangat banyak dibutuhkan di berbagai industri.

  1. Terbiasa Berpenampilan Rapi

Jika anda masuk ke jurusan OTKP ini, anda akan terbiasa berpenampilan rapi. Dan ini bisa dijadikan bekal yang baik untuk memasuki dunia professional setelah lulus.

  1. Bisa Mengoperasikan Komputer

Anda akan mahir dan terbiasa mengoperasikan komputer, terutama aplikasi perkantoran.

  1. Bisa Mengetik Dengan 10 Jari
Baca Juga :  SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Anda akan bisa dan terbiasa mengetik dengan 10 jari, karena dituntut untuk mengetik dengan cepat.

  1. Ahli Dalam Surat Menyurat

Anda akan memiliki keahlian dalam surat menyurat, dan dijurusan OTKP ini anda akan diajari bagaimana membuat dan menyusun surat yang benar.

  1. Dibekali Bahasa Asing

Di jurusan OTKP ini anda akan dibekali Bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Perancis, yang bisa menjadi bekal untuk terjun ke dunia kerja nantinya.

  1. Ahli Pengarsipan

Jurusan OTKP ini akan mengajarkan bagaimana cara menyusun arsip sesuai kategori sehingga arsip menjadi rapi dan mudah dicari saat dibutuhkan.

  1. Belajar Mengurus Keuangan

Anda juga akan dibekali ilmu akuntansi dasar, dan hal ini akan cocok jika anda nantinya ingin menjadi seorang admin, karena admin seringkali harus membuat laporan keuangan sederhana.

  1. Belajar Table Manner

Disini anda akan belajar tentang aturan yang harus dipatuhi dalam acara jamuan resmi.

  1. Pembelajaran Yang Santai Dan Menyenangkan

Proses pembelajaran di jurusan OTKP ini tergolong santai dan menyenangkan. Maka tidak heran jika jurusan ini banyak diminati.  

Kelemahan Jurusan OTKP SMK

Jurusan OTKP ini juga memiliki beberapa kelemahan.

Berikut diantaranya:

  1. Kemampuan Mengetik 10 Jari Bisa Diperlajari

Kemampuan mengetik 10 jari ini bisa dipelajari dengan mudah oleh siapapun, sehingga bukan hanya lulusan OTKP saja yang memiliki kemampuan ini.

  1. Banyak Pesaingnya

Dengan banyaknya peminat yang ingin masuk ke jurusan ini, menjadikan anda harus berhadapan dengan banyak pesaing jika masuk ke jurusan ini.

  1. Bidang Pekerjaan Bisa Dimasuki Oleh Siapapun

Kelemahan yang terakhir yaitu, bidang pekerjaan OTKP bisa dimasuki oleh siapapun dari berbagai jurusan lain.

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu jurusan OTKP SMK, beserta keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh jurusan OTKP SMK.

Semoga dapat membantu dan memberikan informasi kepada para pembaca, terutama untuk anda yang ingin mengambil jurusan ini.

Related Article…