SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

SMK JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN  – Bisnis daring dan pemasaran adalah sebuah kompetensi jurusan pada bidang Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis dan Manajemen, mempelajari keilmuan dan praktik bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet.
Selama sekolah, siswa diajarkan Bagaimana cara menganalisis pasar dan peluang bisnis. Siswa dibekali mampu memanfaatkan media online sekreatif mungkin serta belajar berwirausaha dengan baik dan benar.

Materi Yang Akan Diajarkan di SMK JURUSAN BDP

Selain materi Muatan Nasional dan materi Muatan Kewilayahan, di SMK pastinya akan diajarkan mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan.
Berikut ini adalah mata pelajaran Muatan Perminatan Kejuruan pada kompetensi keahlian di SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

Penataan Produk

Pelajaran penataan produk ini membahas cara mengelompokkan barang-barang sesuai dengan jenis dan kegunaan dari barang tersebut. Pengelompokan harus memperhatikan keindahan dan kerapihan untuk menarik minat konsumen agar melihat produk dan akan membelinya. Dalam ini siswa dituntun untuk memahami secara detail tentang produk tersebut.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Daerah Batang

Bisnis Online

Pada mata pelajaran ini siswa dibekali cara pemasaran melalui internet yang menarik. Pemasaran ini bisa berupa situs Web atau sosial media lainnya. Berbisnis Online pastinya mudah dan tidak mengeluarkan biaya dan tenaga yang banyak.

Pengelolaan Bisnis Ritel

Mata pelajaran ini siswa akan mempelajarinya pengaturan keseluruhan faktor dalam proses perdagangan ritel. Selain faktor siswa harus bisamengatasi faktor tersebut dengan baik dan tidak merugikan siapapun. Contoh faktor yang mempengaruhi perdagangan jasa pada konsumen atau perdagangan langsung.

Administrasi Transaksi

Administrasi transaksi mempelajari pencatatan keuntungan dan kerugian secara urut dan rapih, agar hasil pencatatan tersebut mudah dipahami. Di sini juga siswa akan belajar membayar dengan berbagai macam contohnya pembayaran langsung dan pembayaran tidak langsung.

Produk Kreatif Kewirausahaan

Pada mata pelajaran ini para siswa SMK dibentuk menjadi pribadi yang siap berkerja. Materi yang disiapkan anatara lain bagiamana caranya memahami karakteristik seorang wirausaha yang sukses, memperhatikan peluang usaha, hingga pengajuan hak atas kekayaan intelektual.

Baca Juga :  SMK Jurusan Perminyakan

Prospek Kerja SMK Jurusan Bisnis daring dan pemasaran

SMK jurusan bisnis daring dan pemasaran

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang telah dibekali selama masa pendidikan, langkah selanjutnya mencari prospek kerja. Berikut ini adalah beberapa prospek kerja lulusan SMK Jurusan Bisnis Daging dan Pemasaran:

1.tenaga pemasaran
2.pramuniaga (tenaga penjual)
3.tenaga pembelian
4.pengelola gudang
5.kasir
6.tenaga administrasi penjualan dan pembelian
7.perantara dagang
8.sosial media marketing
9.wiraswasta

Dengan era digital dimasa ini yang begitu canggih mampu memberikan banyak peluang terutama dibagian sosial media dengan cara mengambil peluang untuk berwirausaha, membuka penjualan secara online dan masih banyak lain.
Tentunya lulusan SMK banyak dibutuhkan. Oleh karna itu belajar dengan rajin memahami setiap praktik yang ada disekolah sehingga setelah lulus nanti dapat berkerja dengan baik sesuai dengan jurusan.

Related Article…