PKL SMK BDP DIY

Siswa SMK menjadi salah satu penyumbang untuk tenaga kerja. Siswa SMK biasanya akan mengalami kegiatan PKL demi kelulusan siswa. Hal ini berlaku untuk semua jurusan SMK di indonesia. Salah satunya siswa jurusan BDP di area Yogyakarta (DIY).

Kegiatan PKL dapat berdasarkan permasalahan yang mereka temui ataupun berdasarkan kegiatan perusahaan yang mereka tempati untuk lokasi PKL. Siswa juga dapat melihat perluang melalui kegiatan di internet.

Di zaman sekarang, Internet selalu berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi. Saat ini, penggunaan internet sangat membantu dalam menjalani kehidupan.  Perkembangan ini dapat menjadi peluang apabila dapat masyarakat manfaatkan dengan sebaik baiknya. Hal ini dapat siswa SMK manfaatkan sebagai tujuan setelah lulus dari jenjang sekolah.

Melalui kegiatan PKL, siswa berpotensi untuk dapat mendapatkan peluang tersebut. Lalu bagaimana kegiatan PKL yang tepat agar siswa dapat melihat peluang dari internet? Khususnya untuk jurusan BDP (bisnis daring dan pemasaran). Berikut sedikit ulasannya.

PKL SMK BDP DIY

Jurusan bisnis daring dan pemasaran (BDP)

Bidang keahlian bisnis daring dan pemasaran (BDP) merupakan salah satu jurusan yang masuk dalam bidang bisnis dan manajemen. Bidang ini mempelajari tentang cara melakukan usaha, dan melakukan strategi ritel baik secara langsung.

Dalam bidang ini, siswa juga mempelajari tentang cara marketing yang baik dalam dunia online. Sehingga siswa memiliki peluang yang besar untuk berkarir dalam dunia marketing.

Selain dunia marketing, siswa juga dapat memiliki peluang karir yang lain. Siswa berpeluang untuk menjadi pengusaha atau berwiraswasta dan membuat peluang bisnis baru. Apakah siswa BDP bisa melajutkan kuliah?

Jawabannya tentu bisa. Siswa BDP memiliki potensi untuk melanjutkan kuliah ke beberapa jurusan seperti bisnis, akuntansi, manajemen, dan jurusan lainnya yang masih dalam lingkup ekonomi dan bisnis.

Kondisi DIY untuk BDP

Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu daerah di indonesia yang menjadi sentra produksi kerjinan tangan dan oleh-oleh. Produk tersebut terus berkembang karena DIY juga menjadi salah satu daerah pariwisata primadona turis local dan turis asing. Selain itu, DIY juga kental dengan potensi makanan khasnya yang menarik minat wisatawan untuk datang.

Dengan beragam potensi yang telah ada, Yogyakarta menjadi tempat yang memiliki banyak peluang usaha. Disini siswa BDP dapat memanfaatkan situasi tersebut untuk meningkatkan perekonomian daerah. Siswa BDP dapat menggunakan ilmu yang telah mereka dapat di sekolah agar mampu meningkatkan kualitas produk dan bisnis di kota Yogyakarta. Salah satu tahap awalnya dengan melaksanakan kegiatan PKL.

Tempat PKL di DIY

Sebagai tempat pariwisata dan berkumpul pelancong, DIY menjadi daerah yang memiliki tempat rujukan PKL yang sangat banyak. Tempat PKL dapat berasal dari tempat usaha untuk oleh-oleh ataupun ke perusahaan-perusahaan ritel yang tersebar di daerah tersebut.

Tentunya pemilihan tempat akan bergantung pada pilihan siswa sendiri. Apabila siswa merasa kurang cocok, siswa dapat mencoba menggunakan metode PKL secara online.

PKL secara online saat ini mulai banyak berkembang. Beberapa perusahaan baik di dalam atau di luar bidang marketing menyediakan tempat PKL secara online. Dengan melakukan kegiatan PKL secara online, tentu akan mempermudah siswa.

Siswa tetap dapat melaksanakan PKL dari rumah saja. Siswa juga dapat memilih lokasi lain selain di daerah DIY sendiri untuk melaksanakan PKL. Salah satunya ada di daerah kota Purwokerto yaitu PT. Kombas.

PKL online PT. Kombas

Kombas menjadi salah satu perusahaan jasa yang menyediakan fasilitas PKL online. PT. Kombas menyediakan lokasi PKL secara online menggunakan platform akademi kombas. Kegiatan PKL mulai dari pemberian materi, tugas, dan penilaian akan berlangsung secara penuh dengan menggunakan platform. Hal ini agar mempermudah siswa.

Selain itu siswa juga akan tetap mendapatkan bimbingan dari mentor. Mentor yang ada merupakan orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya. Sehingga ilmu yang siswa dapatkan tidaklah setengah-setengah. Proses

PKL yang ada di PT. Kombas menggunakan mekanisme Project based learning. Dalam sistem ini, siswa dapat lebih aktif karena penyelesaian tugas akan mentor serahkan kepada siswa sepenuhnya. Sehingga untuk melanjutkan ke tugas lain sangat bergantung ke kecepatan siswa itu sendiri. Cara ini juga membuat siswa menjadi lebih berkembang. Tidak hanya dalam kemampuan praktik tapi juga kemampuan analisis.

DIY menjadi lokasi yang sangat berpotensi untuk terjadi pengembangan. Tentu dengan memaksimalkan pemnfaatan internet, potensi ini dapat berkembang lebih jauh. Hal ini juga menjadi peluang untuk siswa khususnya jurusan BDP di DIY untuk lebih berkembang melalui kegiatan PKL.

Sedikit ulasan tentang kegiatan PKL SMK BDP DIY, semoga dapat memberikan informasi untuk anda para pembaca.

Untuk info PKL selangkapnya kunjungi saja htttps://pklsmk.com.

Info PKL SMK lainnya juga dapat anda temukan di akademikombas.co.id

Baca Juga :  PKL SMK AKL Sumatera Barat

Related Article…