PKL SMK BDP Jabar

Praktek kerja lapangan atau PKL merupakan salah satu persyaratan untuk kelulusan siswa SMK. Kegiatan ini akan melatih siswa untuk mengenal kondisi dunia kerja setelah lulus nanti. Siswa akan memiliki gambaran tentang bagaimana kegiatan di dunia kerja pada bidang yang mereka geluti. Kegiatan PKL ini juga menjadi tanggungan siswa SMK BDP di daerah Jabar.

Saat ini, perkembangan jaman menunjukkan adanya kemajuan di berbagai bidang terutam tekonologi. Penerapan teknologi di seluruh lini menunjukkan teknologi dapat memenuhi kebutuhan manusia. Kemajuan teknologi ini juga bidang pendidikan manfaatkan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran.

Salah satunya pada kegiatan prakter kerja lapangan yang saat ini mulai merambah dunia online. Lalu, bagaimana jalannya kegiatan PKL secara online di salah satu perusahaan? Berikut penjelasannya

PKL BDP

PKL SMK BDP Jabar

Siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran (BDP) memiliki peluang besar untuk berkembang menjad calon-calon wiraswasta. Siswa jurusan BDP mendapatkan mata pelajaran yang berkaitan dengan cara pengembangan bisnis.

Pengembangan ini mulai dari bisnis ritel hingga yang menggunakan sistem online. Dengan pengetahuan ini, siswa dapat memulai belajar dunia kerja sesungguhnya melalui kegiatan PKL.

Banyak lokasi yang dapat siswa BDP manfaatkan sebagai lokasi PKL. Pemilihan lokasi akan memberikan pengaruh yang berbeda kepada siswa. Beberapa lokasi akan memberikan ilmu yang positif untuk siswa.

Namun, tidak menutup kemungkinan lokasi PKL hanya akan meminta siswa untuk melakukan tugas-tugas sepele.  Hal inlah yang membuat siswa perlu cermat dalam pemilihan lokasi PKL.

PKL di masa pandemi

Di masa pandemic, hampir semua kegiatan mengalami dampak adanya virus covid-19 ini. Untuk beberapa toko terpaksa merumahkan karyawannya atau bahkan menutup tokonya sekaligus. Hal ini tidak hanya berdampak pada pemilik toko, namun juga berdampak pada siswa SMK yang ingin melaksanakan kegiatan PKL.

Dengan adanya pandemic, lokasi yang dapat siswa gunakan untuk melaksanakan PKL juga semakin berkurang. Tentu hal ini membuat siswa perlu pintar pintar dalam mensiasati keadaan ini.

Beberapa tempat kemudian berinisiatif untuk mesiasati agar tetap mampu mengadakan kegiatan PKL untuk siswa SMK. Beberapa perusahaan memberikan solusi dengan mengadakan PKL secara online. Hal ini perusahaan lakukan agar siswa tetap dapat melangsungkan kegiatan PKL di tengah pandemic virus covid-19 yang belum kita ketahui kapan berakhirnya.

Kegiatan PKL Online

Sistem PKL online banyak perusaahan pilih sebagai solusi untuk tetap dapat menampung siswa SMK. Kegiatan PKL online akan memanfaatkan aplikasi teleconference seperti google meet, zoom meeting, dll. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, kegiatan PKL tetap dapat berjalan.

cara PKL ini dapat menggunakan mekanisme penugasan kepada siswa PKL. Penugasan ini telah perusahaan rancang sehingga siswa hanya tinggal melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah perusahaan buat.

Penugasan ini tentu perlu mendapatkan bimbingan terlebih dahulu dari perusahaan sehingga siswa lebih mudah memahami penugasan yang perusahaan maksud. Salah satu perusahaan yang menggunakan sistem ini adalah PT. Kombas

PKL online di PT Kombas

Kombas merupakan salah satu perusahaan yang menerima untuk kegiatan siswa PKL. Selain menggunakan sistem offline, PT. Kombas juga sedang mengembangkan kegiatan PKL dengan sistem online. Kegiatan PKL nantinya akan seperti menggunakan sistem kelas. Kelas akan menggunakan media google meet sebagai media komunikasi ke siswa.

Selain menggunakan google meet, PT. Kombas juga mengembangkan platform bernama akademi kombas untuk membantu kegiatan PKL.

Platform ini akan siswa gunakan untuk mengetahui apa saja yang akan mereka pelajari ketika PKL di PT. Kombas. Materi dan penugasan juga sudah masuk ke dalam platform sehingga tidak membingungkan siiswa dalam pengerjaan tugas.

Kegiatan PKL yang PT. Kombas terapkan berbasiskan pembelajaran berbasis proyek atau Project based learning. Sistem ini akan membuat siswa dapat lebih berkembang selain dari kemampuan praktik mengerjakan tugas. Namun, siswa juga akan berkembang daya analisa dan softskill lainnya.

Hal tersebut dapat terjadi karena, pembelajaran berbasis proyek menuntut siswa untuk bekerja secara mandiri untuk dapat menyelesaikan proyek yang ada. Dengan cara ini, siswa akan lebih berkembang dan lebih dapat bersaing.

Kegiatan PKL merupakan salah satu prasyarat agar siswa dapat lulus dari jenjang SMK. Kegiatan PKL juga menjadi kegiatan yang penting untuk siswa SMK agar dapat mengetahui kondisi dunia kerja salah satunya siswa BDP SMK di jawa barat (Jabar).

Walaupun di masa pandemic, kegiatan PKL tetap dapat berlangsung menggunakan media online. Hal ini tentu akan mempermudah siswa dalam menjalankan kegiatan PKL. Sebagai salah satu yang menerapkan sistem PKL online, PT. Kombas berupaya agar kegiatan PKL tetap dapat berjalan dan siswa mendapatkan manfaat dari menjalani kegiatan tersebut.

Demikian sedikit ulasan tentang kegiatan PKL SMK BDP Jabar. Semoga pembaca mendapatkan gambaran tentang bagaimana kegiatan PKL online untuk siswa SMK BDP. Untuk informasi lainnya tentang kegiatan PKL SMK, kunjungi pklsmk.com. kunjungi juga akademikombas.co.id untuk info PKL lainnya.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Magelang

Related Article…