PKL SMK Multimedia Jabar

Sebagai siswa SMK, salah satu syarat untuk lulus, kalian harus mengalami yang namanya Praktek kerja lapangan. Ketika PKL, kalian bakal tau dunia kerja itu bakalan seperti apa. Masing masing jurusan tentu punya tempat PKL masing-masing. Salah satunya tempat PKL untuk SMK Multimedia di Jabar.

Terus kenapa sih PKL penting? Selain buat tau dunia kerja?

Zaman sekarang, perkembangan teknologi itu berlangsung sangat cepat. tidak hanya di satu bidang. Tapi hampir di semua bidang mengalami hal yang sama. Nah kita, gaboleh sampai kurang update dengan perkembangan teknologi ini biar tidak ketinggalan. Karena faktor ini juga, PKL itu penting untuk kita lakukan.

PKL SMK Multimedia Jabar

Jurusan Multimedia

Jurusan multimedia jadi salah satu jurusan yang sangat bergantung dengan perkembangan teknologi. Multimedia adalah jurusan SMK yang focus pada bagaimana siswa dapat memberikan pesan dengan baik dengan menggunakan media yang ada. Jadi siswa akan berfokus pemanfaatan media agar dapat kita manfaatkan sebaik mungkin.

Siswa jurusan multimedia punya prospek kerja yang cukup cemerlang. Siswa bisa bekerja di semua bidang terutama bidang yang ada hubungannya dengan desain grafis. Apalagi sekarang, yang ada hubungannya sama desain grafis itu bisa pakai media apa saja, mulai dari cetak, pamflet, sampai ke videografi. Maka dari itu, siswa jurusan multimedia prospek kerjanya sangat cemerlang.

Supaya siswa paham sistem kerja ketika udah terjun di dunia kerja, siswa harus melewati PKL terlebih dahulu. PKL untuk siswa multimedia juga bisa dimana saja, yang penting membutuhkan siswa untuk keperluan desain grafis. Jadi pemilihan tempat nantinya juga penting untuk siswa pertimbangkan.

PKL Multimedia di daerah Jawa barat

Sebagai salah satu daerah yang mengalami perkembangan pesat, jawa barat menjadi salah satu provinsi yang menyediakan banyak lokasi PKL. Siswa dapat menempati hampir semua perusahaan baik di bidang desain maupun diluar bidang desain. Akan tetapi, siswa sebaiknya memilih tempat yang memiliki kesamaan bidang supaya ilmu yang siswa dapat lebih banyak dan tepat.

PKL di masa pandemi

Sayangnya, di masa pandemic seperti sekarang, banyak tempat PKL yang terpaksa membatasi kerja di kantor secara langsung. Hal ini untuk mengurangi resiko adanya penyebaran virus covid-19.  Tentu saja ini menjadi salah satu kendala yang sedikit menghambat kegiatan termasuk kegiatan PKL. Lalu bagaimana solusinya?

PKL secara online bisa menjadi solusinya. Siswa tetap bisa melakukan kegiatan PKL walaupun dari rumah. Dengan memanfaatkan media internet, siswa tetap dapat berkegiatan. Lalu bagaimana jalannya kegiatan PKL online itu?

Kegiatan PKL Online

PKL Online menggunakan media komunikasi berupa google meet atau zoom meeting. Dengan memakai fasilitas ini, siswa tetap dapat komunikasi dengan coordinator siswa di tempat PKL mereka. Pemberian tugas ke siswa juga tidak terhambat karena jarak yang jauh.

Beberapa perusahaan menerapkan sistem ini karena mereka mengganggap sistem ini efektif. Perusaaan tetap dapat berkegiatan walaupun mereka lakukan dari rumah. Akhirnya sistem seperti ini juga mereka terapkan ke siswa PKL. Lalu perusahaan mana yang menggunakan sistem seperti ini? Jawabannya adalah PT. Kombas.

PKL online di PT Kombas

Kombas adalah perusahaan yang menerapkan sistem PKL menggunakan sistem online. Cara ini mereka pilih agar siswa tetap dapat melaksanakan PKL walaupun di musim corona. Nantinya siswa akan menggunakan google meet untuk sarana komunikasi dan penjelasan tentang tugas dan pemberian materi dari perusahaan.

Selain google meet, PT. Kombas juga menggunakan platform pendidikan ernama akademi kombas untuk PKL siswa SMK. Platform ini sudah berisi tentang materi dan penjelasan apa saja yang siswa perlu lakukan selama PKL di PT. Kombas. Siswa nantinya juga menggunakan platform ini untuk mengirimkan tugas-tugas mereka.

Terus kenapa sih harus PKL di PT. Kombas?

Kombas itu memakai sistem project based learning. Dengan sistem ini, siswa dapat berkembang dengan lebih baik daripada yang memakai sistem pada umunya. Kemampuan siswa dalam analisa, keaktifan, dan kerjasama akan lebih berkembang berkat sistem ini. Jadi skill siswa pasti bakal lebih dari yang lain dan bisa lebih bersaing nantinya.

Dengan PKL di PT. Kombas kalian bisa dapatin banyak keuntungan. PT. Kombas sudah memiliki mentor yang berasal dari ahlinya. Ilmu yang bakal siswa dapetin pasti paten karena dari ahlinya. Siswa juga punya peluang untuk Kombas salurkan kerja. Sudah banyak lulusan PKL di PT. Kombas yang dapat kerjaan sebelum mereka lulus sekolah. Menarik banget bukan?

Jadi tunggu apalagi PKL di PT.Kombas aja.

Segitu dulu ulasan tentang kegiatan PKL SMK Multimedia Jabar. Semoga kalian  dapat gambaran tentang bagaimana kegiatan PKL online untuk siswa SMK Multimedia. Jangan lupa, pengen tau lebih banyak kegiatan PKL SMK, kunjungi pklsmk.com. kunjungi juga akademikombas.co.id untuk info PKL lainnya.

Baca Juga :  Prakerin SMK OTKP Banjarnegara Terdekat

Related Article…