SMK Jurusan Informatika

SMK Jurusan informatika – Di zaman yang serba canggih dan modern sekarang tentunya semuanya serba online ataupun serba menggunakan teknologi. Kehidupan sehari-hari kita pasti tidak akan jauh dari teknologi dan dengan adanya teknologi kita jadi terbantu dalam melakukan banyak hal apalagi sekarang ini untuk berkomunikasi saja dengan satu sama lain pun diperlukan teknologi. Jurusan informatika juga berkaitan dengan teknologi terlebih lagi berkaitan erat dengan komputer. Lalu apakah kalian tau apa itu teknik informatika? Simak penjelasan berikut.

APA ITU TEKNIK INFORMATIKA?

Teknik informatika atau dapat disebut juga ilmu programming merupakan ilmu yang mempelajari penggunaan teknologi komputer serta menerapkan prinsip ilmu komputer yang meliputi analisis matematis, pengembangan, evaluasi perangkat lunak atau software dan kinerja komputer serta sistem operasinya.

Pada jurusan informatika para siswanya dituntut untuk bisa menerapkan teori yang mereka dapat dalam menggunakan teknologi yang ada. Selain itu, siswanya juga diharuskan berpikir kreatif dan menciptakan ide baru dalam mengoperasikan komputer. Selama pada jurusan informatika ini mereka tidak hanya dibekali oleh pengetahuan tentang pengkajian pemrograman dan komputasi akan tetapi juga dibekali dengan keterampilan merancang perangkat lunak (software).

Pesatnya perkembangan teknologi dan bertambah canggihnya teknologi membuat jurusan informatika semakin dibutuhkan dan diminati oleh para pelajar indonesia. Jurusan informatika merupakan jurusan yang menjanjikan peluang kerja yang baik untuk masa depan.

Baca Juga :  SMK Jurusan Seni Di Bandung

Ditambah lagi besaran pendapatan yang dihasilkan berpotensi besar. Bagi kamu yang tertarik pada dunia teknologi, pengoperasian komputer, pengembangan perangkat lunak, pemrograman, teknik informatika kamu bisa masuk pada jurusan informatika. Mata pelajarannya pun tidak akan jauh dari kata teknologi, komputer, perangkat lunak.

ALASAN HARUS MEMILIH JURUSAN INFORMATIKA

Begitu banyak manfaat yang kita dapatkan dari jurusan informatika yang tidak hanya bermanfaat bagi diri kita juga bermanfaat bagi orang lain jika kita mampu menerapkan teori yang kita dapat pada masa berada di jurusan informatika. Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk masuk ke jurusan informatika kamu bisa liat ulasan berikut ini yang siapatau bisa menjadi referensi kamu untuk masuk ke jurusan informatika.

Prospek Kerja yang Luas

Prospek kerja atau peluang kerja yang luas bisa kamu dapatkan setelah lulus jurusan informatika ini. Ditambah dengan bukti bahwa perkembangan teknologi akan terus berkembang pesat di masa depan membuat prospek kerja lulusan jurusan informatika tidak hanya bekerja secara keren akan tetapi juga bisa menuai jenjang karier yang beragam.

Lulusan Jurusan Informatika Sangat Dibutuhkan

Instansi pemerintah, BUMN, dan juga perusahaan-perusahaan swasta pasti akan sangat membutuhkan lulusan jurusan informatika apalagi sekarang ini revolusi industri 4.0 yang artinya perkembangan teknologi nya sudah sangat pesat.

Baca Juga :  Jurusan Bahasa Inggris

Bisa Menciptakan Lapangan Kerja Sendiri

Kamu bisa memanfaatkan ilmu yang dapat selama masa kamu berada pada jurusan informatika. Ilmu yang kamu dapat bisa kamu kembangkan untuk membuka peluang kerja atau start up bisnis kamu sendiri sekaligus mengurangi angka pengangguran.

LULUSAN JURUSAN INFORMATIKA BISA KERJA APA?

SMK jurusan informatika

Kamu bisa memanfaatkan ilmu yang kamu dapat atau mengembangkan ilmu yang kamu dapat setelah menjadi lulusan jurusan informatika. Buat kamu yang masih bingung pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan jurusan informatika. Simak ulasan di bawah ini.

  1. Game Developer, Kamu bisa menjadi pencipta sebuah game yang bisa digunakan sebagai edukasi dan hiburan.
  2. Programmer, Kamu bisa memprogram sistem atau mengembangkan aplikasi di bidang industri.
  3. Web Engineer atau Web Administrator, Kamu bisa mengelola, mengembangkan, memelihara website suatu perusahaan atau instansi.
  4. Software Engineer, Kamu bisa mengembangkan dan mengoperasikan perangkat lunak.
  5. Konsultan IT, Berperan dalam perencanaan sekaligus pengevaluasian IT.
  6. Database Engineer atau Database Administrator, sebagai pengelola dan pemelihara database.

Referensi SMK yang ada jurusan informatika nya yang siapatau kamu bisa masuk salah satunya.

  1. SMK N 1 Yogyakarta.
  2. SMK Teknologi Industri.
  3. SMK N 2 Yogyakarta.
  4. SMK Teknik Informatika Bandung.

Mungkin itu dulu pembahasan tentang SMK jurusan informatika untuk anda. Semoga bisa menjadi refrensi untuk anda. Dapatkan informasi lainnya dengan mengunjungi website kami.

Related Article…