SMK Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

SMK jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian – APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) adalah salah satu jurusan SMK yang mempelajari bagaimana mengolah hasil tani menjadi suatu produk dan bagaimana menjual produk tersebut.

Agribisnis pengolahan hasil pertanian merupakan kompetensi keahlian pasca panen dengan mata diklat kompetensi kejuruan meliputi kemampuan menerapkan perlakuan pendahuluan bahan hasil pertanian teknik pengolahan dengan suhu tinggi dan rendah, teknik konversi, fermentasi, teknik perlakuan kimia, mengoperasikan peralatan dan mesin pengolahan, teknik pengilahan menggunakan media penghantar panas, mengemas bahan hasil pertanian, analisa usaha pengolahan serta pemahaman sanitasi dan praktek produksi.

Untuk lebih mengenal tentang jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian, simak artikel berikut ini.

PERKEMBANGAN JURUSAN AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Indonesia merupakan negara agraris yang dimana mayoritas penduduknya adalah kaum tani. Negara yang agraris menjadikan Indonesia memiliki wilayah yang luas serta kaya akan lahan yang subur untuk bertani. Sehingga saat ini Indonesia mulai mengenal agribisnis.

Perkembangan agribisnis di Indonesia secara umum mengalami periode jatuh bangun. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya ketergantungan masyarakat Indonesia dengan bahan pangan impor dari luar negeri. Keadaan tersebut tentunya akan sangat berpengaruh pada perkembangan ekonomi di Indonesia.

Meskipun begitu, perkembangan agribisnis di Indonesia tentu memiliki alasan yang kuat hingga bisa tetap bertahan hingga saat ini. Beberapa prospek agribisnis yang sangat cerah diantaranya adalah tanah di Indonesia yang relatif subur dan cocok dengan tanaman pangan, perlengkapan dan mesin pertanian yang semakin canggih, Indonesia memiliki iklim yang cukup bersahabat, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Syarat Masuk Jurusan Tata Boga SMK dan Manfaatnya

PROSPEK KERJA JURUSAN AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Pada SMK jurusan APHP, kalian akan mendapatkan materi tentang kewirausahaan dan praktik produksi hasil tani. Misalnya, pembuatan kue kering, susu kedelai dan masih banyak lagi. Kalian akan mendapatkan kemampuan seperti penerapan prosedur kerja (Good Manufacturing Procedure) serta pengolahan hasil pertanian dengan berbagai teknik.

Dengan kemampuan kemampuan tersebut, berikut prospek kerja yang bisa anda dapatkan :

  1. Penyuluh pertanian
  2. Manager lapangan
  3. Peneliti pertanian
  4. Distributor atau agen produk pertanian
  5. Pioneer SLM
  6. Supplier sayur dan buah organik
  7. Instansi pemerintah seperti menjadi petugas Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)

KEGIATAN JURUSAN AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

SMK jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian

Sesuai dengan namanya agribisnis pengolahan hasil pertanian menitik beratkan pada ilmu pasca panen. Di APHP akan mempelajari tentang penanganan dan teknologi pasca panen serta agribisnisnya, misalnya pengelolaan biji bijian, serealia, umbi umbian, daging dan perikanan menjadi suatu produk yang mempunyai daya simpan lama serta cara pengemasan dan pelabelannya.

Dalam rangka melatih peserta didik untuk berwirausaha jurusan APHP mengembangkan beberapa unit produksi seperti roti manis, kue kering, susu kedelai, susu jagung manis dan masih banyak produk yang lainnya. Melalui kegiatan unit produksi tersebut kalian akan berlatih mengelola pembuatan produk sampai penjualannya.

Kegiatan kegiatan yang akan kalian lakukan dalam jurusan ini seperti :

  1. Pengolahan hasil pertanian dalam food processor
  2. Penimbangan dan packaging hasil pertanian
  3. Praktik pengemasan hasil pertanian
  4. Serta kegiatan praktik APHP lainnya
Baca Juga :  Keunggulan dan Kelemahan Jurusan OTKP SMK

SMK JURUSAN AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian sangat cocok bagi anda yang ingin memiliki usaha khususnya bisnis produk pangan hasil olahan pertanian.

Salah satu sekolah pertanian terbesar di Jawa tengah yakni SMK NEGERI 1 BAWEN. Di Sekolah ini terdapat 8 jurusan yakni jurusan Perhotelan, Jasa Boga, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Agribisnis Ternak Ruminansia, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, serta jurusan Alat dan Mesin Pertanian.

Sekolah mengajarkan para siswa sebagai petani kreatif dengan menjual sesuai segmen pasar dan melakukan jemput bola dengan penjualan secara daring (dalam jaringan).

Revitalisasi SMK Negeri 1 Bawen mampu menjadikan sekolah ini sebagai sekolah menengah kejuruan rujukan di Jawa tengah. Bahkan salah satu jurusan unggulan yaitu mekanisasi pertanian merupakan yang terbesar di Indonesia. Upaya revitalisasi ini telah didukung oleh pemerintah dan berbagai pihak.

Program revitalisasi ini meliputi enam aspek yaitu, penguatan sarana dan prasarana pendidikan, pengembangan SDM tenaga terpelajar, peningkatan mutu kerjasama dengan dunia industri, metode pembelajaran, manajemen sekolah, serta sertifikasi tamatan agar memiliki daya saing tinggi saat memasuki dunia kerja.

Demikian artikel tentang SMK jurusan Agribisnis pengolahan hasil pertanian. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai jurusan Agribisnis pengolahan hasil pertanian.

Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapat informasi lainnya.

Related Article…