SMK 3 Bekasi

SMK 3 Kota bekasi – untuk anda siswa yang baru lulus dari jenjang SMP terutama yang ada di kota bekasi, ada salah satu sekolah yang bisa menjadi rekomendasi anda. Sekolah ini yaitu SMK 3 kota bekasi. Kira – kira apa saja jurusan yang tersedia di SMK tersebut? Simak pembahasan berikut. 

Jurusan

Di SMK 3 kota bekasi terdapat beberapa jurusan yaitu : 

Akomodasi perhotelan

Jurusan yang pertama yang tersedia di SMK 3 kota bekasi adalah program keahlian akomodasi perhotelan. Jurusan ini merupakan program keahlian yang menggeluti dalam bidang front office dan housekeeping. Kompetensi yang dipelajari seperti kemampuan reservation, reception, operator, dan porter. Selain itu, siswa juga memiliki kemampuan tentang housekeeping. Beberapa lapangan pekerjaan yang cocok untuk jurusan ini seperti hotel, villa, kapal pesiar, golf club, dan bekerja secara mandiri. 

Tata boga

Ada juga jurusan atau program keahlian tata boga. Jurusan ini mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi. Siswa juga akan belajar tentang pengolahan berbagai hidangan daerah dan berbagai macam negara. 

Akuntansi dan keuangan lembaga

Jurusan akuntansi dan keuangan lembaga akan membuat siswa berfokus pada pengelolaan administrasi terutama yang berhubungan dengan keuangan. Beberapa keahlian yang akan dipelajari seperti akuntansi, akuntansi komputer, aplikasi pengelolaan keuangan, dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga :  SMK Negeri 2 Lingsar

Teknik komputer dan jaringan

Jurusan terakhir yang tersedia adalah jurusan teknik komputer dan jaringan. Program keahlian atau jurusan ini akan berfokus pada pembelajaran tentang proses maintenance komputer dan jaringannya. Nantinya siswa akan mendalami tentang cara perbaikan perangkat komputer. Nantinya siswa juga akan mempelajari tentang jaringan internet seperti LAN, dan juga proses pembuatan WEB.

Alamat

SMK 3 Bekasi

Sekolah ini memiliki alamat di perumahan mutiara gading timur Blok L5 No. 1, kota bekasi. Lokasinya yang terletak di daerah padat penduduk membuat sekolah ini mudah diakses. Lokasinya juga dengn mudah diakses menggunakan kendaraan darat.  

Visi misi

Sekolah ini memiliki visi yaitu terwujudnya SMK sebagai pusat pendidikan dan pelatihan kejuruan di bidangnya, yang menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam pasar global dengan dilandasi imtaq yang handal. Untuk mencapai visi tersebut, sekolah menengah kejuruan 3 kota bekasi memiliki misi yaitu : 

  1. Menyajikan iklim berbasis kompetensi, ketaqwaan, dan kecakapan hidup.
  2. Menyajikan siswa dengan mengoptimalkan potensi, minat, dan bakat siswa sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, terdidik, dan profesional. 
  3. Mengembangkan sekolah menengah kejuruan yang adaptif, fleksibel, dengan berakar pada norma dan nilai budaya bangsa indonesia.
  4. Menyiapkan SMK yang mampu mengintegrasikan kurikulum pendidikan menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri yang berwawasan mutu, keunggulan, profesionalisme yang berorientasi masa depan. 
  5. Menyiapkan siswa sebagai aset masyarakat dan bangsa yang mampu mengembangkan diri sejalan perkembangan ilmu, teknologi, dan imtaq. 
Baca Juga :  SMKN 1 Karawang

Adapun tujuan sekolah menengah kejuruan 3 Kota bekasi secara umum yaitu : 

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.
  3. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami, dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa indonesia. 
  4. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efisien.

Ada juga tujuan khusus yang ingin SMK 3 Kota bekasi ingin dicapai yaitu : 

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya. 
  2. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet, dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap professional dalam bidang keahlian yang diminatinya. 
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 
  4. Membekali peserta didik dengan kompetensi – kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih. 

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang kegiatan SMK kunjungi https://pklsmk.com, untuk informasi tentang PKL SMK kunjungi juga http://akademikombas.co.id

Related Article…