SMK Negeri 1 Ciruas

SMK Negeri 1 Ciruas – SMK Negeri 1 Ciruas merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan negeri yang berada di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Berdiri pada tahun 2010, kini SMK Negeri 1 Ciruas telah mendapatkan Akreditasi B berdasarkan sertifikat 039/BAN-SM-Prov/SK/2018.

Alamat

Jl. Nambo – Lebak Wangi Km 2,5 Kec. Ciruas Kabupaten Serang, Provinsi Bnten.

Visi-Misi

SMK Negeri 1 Ciraus

Visi

“Terciptanya lembaga pendidikan dan pelatihan berwawasan global dan terwujudnya lulusan yang terampil, mandiri, serta berakhlak mulia.”

Misi 

  1. Mewujudkan pendidikan dan pelatihan yang menyenangkan dan bermutu dengan dukungan sarana dan prasarana yang lengkap.
  2. Menyiapkan dan melatih tenaga kerja yang terampil dan mandiri sesuai dengan standar kompetensi pada masing-masing paket keahlian.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan agar lulusan memiliki kompetensi yang mampu bersaing di era globalisasi.
  4. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang mendorong kreatifitas peserta didik agar setelah lulus mampu untuk berwirausaha.
  5. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia.

 

Jurusan

Meski tercatat baru berdiri selama kurang dari 12 tahun, SMK Negeri 1 Ciruas telah mampu melahirkan lulusan sebagai tenaga kerja yang kompeten pada bidangnya. Berikut adalah 5 Kompetensi Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Ciruas.

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Ketapang

Teknik Permesinan

Teknik permesinan merupakan suatu jurusan yang mempelajari cara memproduksi barang-barang teknik dengan menggunakan berbagai macam mesin serta mendorong siswa untuk memiliki keahlian dalam mengoperasikan, menyeting, serta menentukan ukuran mesin-mesin produksi. 

 

Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Energi  listrik sangan membantu kita dalam menyelesaikan kegiatan sehari-hari. 

Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Ciruas memiliki  fasilitas yang sangat baik dalam menjadikan  SMK unggul membentuk SDM bermutu. Selain itu Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik  memiliki guru – guru yang kompeten di setiap  kompetensi yang di berikan. Jurusan ini mempelajari tentang perencanaan dan pemasangan instalasi penerangan, tenaga pemasangan, dan pengoperasian motor listrik dengan kendali elektromagnetik, elektronik dan PLC (Programable Logic Controller).

 

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Jurusan yang selanjutnya adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Saya yakin pasti teman-teman readers sangat tidak asing dengan jurusan yang satu ini, pasalnya memang hampir di seluruh sekolah kejuruan terdapat jurusan TKRO.

Teknik Kendaraan Ringan adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan system dan subsistem. Oleh karena itu, Teknik Kendaraan Ringan pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua system dan subsistem.

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Tanjung Teja

 

Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Lalu, ada juga jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), dulu jurusan ini lebih umum di sebut sebagai Administrasi Perkantoran (AP).

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) merupakan kompetensi keahlian pada Bidang Studi Bisnis dan Manajemen Program Studi Keahlian Manajemen Perkantoran yang menekankan pada keterampilan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana serta humas dan keprotokolan. Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instansi atau perusahaan maupun pribadi (wirausaha).

 

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Akuntansi adalah segala proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan mulai dari pencatatan, mengklasifikasi jenis transaksi, meringkasnya, mengolah dan menjadikan sebuah data, tujuannya adalah untuk menjadikan sebuah laporan keuangan yang akurat. Katanya ‘sih kudu banget balance, ya?

Banyak yang bilang kalau jurusan ini khususon untuk anak-anak yang suka dengan hitung-menghitung dan matematika, soalnya akan sering menghitung uang berupa angka tanpa wujudnya!

 

Nah, jadi itulah sekilas tentang profil SMK Negeri 1 Ciruas. Temen-temen bisa mengunjungi website resminya di https://www.smkn1ciruas.sch.id/

 

Penulis : Triana Syifa

Related Article…