Rekomendasi Website Builder Terbaik

Rekomendasi Website Builder Terbaik – Tahukah anda bahwa website tetap harus dibangun dan dibutuhkan perawatan agar menarik untuk dikunjungi. Tidak sembarang orang mahir dalam membuat apalagi mengembangkan website. Tetapi zaman sudah modern dan ada solusi lebih mudah untuk menggunakan nya, yaitu menggunakan Website Builder.

3 Unsur Penting Dalam Pembuatan Website

Agar website siap untuk dipakai, maka ada unsur yang perlu kita siapkan terlebih dahulu. Beberapa unsur ini seperti :

Domain

Domain atau yang biasa disebut dengan URL alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website. Domain diperjualbelikan secara bebas dengan biaya sewa tahunan dan jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka domain itu akan dilepas ketersediaannya untuk umum. 

Hosting

Hosting bisa kita anggap sebagai tempat menyimpan data di dalam website. Bagian ini menjadi sangat penting alasannya karena hosting ini menjadi tempat menyimpan data berupa file, gambar, video, data email, dan lainnya. Hosting bisa kita dapatkan dengan melakukan sewa hosting yang biasanya dihitung pertahun. Kapasitas data yang bisa kita masukkan sangat bergantung pada besarnya hosting yang kita sewa.

Konten

Selain domain dan hosting, Konten juga menjadi unsur penting dalam membangun website. Tanpa adanya konten maka kita tidak bisa mengisi website yang dimiliki. Jika konten yang kita buat bisa bagus maka peluang mendapatkan pengunjung bisa lebih meningkat lagi.

Beberapa Jenis-Jenis Website yang Perlu Anda Ketahui

DI internet, sekarang dikenal beberapa jenis website yang sudah dikategorikan berdasarkan aspek tertentu. Beberapa jenisnya ini meliputi :

Jenis Website Berdasarkan Platform

  1. HTML dan CSS
  2. CMS
  3. Website Builder

Jenis Website Berdasarkan Sifat

  1. Website Statis
  2. Website Dinamis

Jenis Website Berdasarkan Fungsi

  1. Media Sosial
  2. Mesin Pencari
  3. Marketplace
  4. Blog
  5. Website E-Learning, dll.

Beberapa Rekomendasi Website Builder Terbaik yang Bisa Anda Coba

Rekomendasi Website Builder terbaik

Jika anda ingin membuat website maka ada beberapa rekomendasi website builder yang bisa anda gunakan. Beberapa rekomendasi website builder terbaik antara lain :

WordPress

WordPress adalah sebuah mesin blog atau aplikasi sumber terbuka yang paling banyak digunakan saat ini.WordPress merupakan Content Management System (CMS) dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan pangkalan data MySQL. Tak hanya sebagai mesin blog, platform ini juga mulai digunakan sebagai sebuah sistem manajemen konten karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Baca Juga :  Semua Tentang Website

WordPress mempunyai dua alamat yang berbeda yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Perbedaan nya adalah jika di WordPress.com hosting dan domain nya terdapat versi berbayar maupun gratis, sedangkan di WordPress.org harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan platform ini? Kelebihannya yaitu banyak fitur tambahan dari Plugin dan dapat dihubungkan dengan berbagai layanan pihak ketiga, dll. Sayangnya, WordPress dijadikan sasaran para hacker.

Squarespace

Squarespaces merupakan tempat penyedia perancangan situs website yang sistemnya sudah terintegrasi dengan penyedia layanan sistem manajemen yang memiliki basis SaaS, penyedia layanan host, dan juga platform blog. Di Squarespace memungkinkan penggunanya dan berbagai perusahaan agar bisa menciptakan, mengelola situs web dan juga blognya sendiri. Layanan yang diberikan juga tersedia dalam bentuk bundling. Bundling ini wajib menggunakan Host dari Squarspaces, dan pengguna tidak bisa menghost situs squarespacesnya sendiri.

Squarespace terbagi dalam tiga jenis yaitu :

  1. Versi standar yang biasnaya digunakan di smartphone dan dapat diperoleh secara gratis
  2. Squarespace unlimited, harus diperoleh dengan cara membayar.
  3. Squarespace business, harus diperoleh dengan cara membayar.

Kelebihan menggunakan Squarespace adalah blog yang dibuat pada platform lain dapat diimpor ke Squarespace dengan satu klik serta cukup aman terhadap virus dan hacker. Sedangkan, kekurangannya adalah mahal, fleksibilitas yang terbatas, dan tidak dapat memodifikasi kode backend.

Weebly

Weebly adalah platform untuk membuat website gratis paling popular yang telah digunakan oleh 40 juta pengguna. Weebly memungkinkan para pengguna untuk membuat halaman dengan hanya beberapa klik, menyeret dan menjatuhkan elemen halaman yang berbeda ke halaman dan mengisi konten menggunakan format widget. Platform ini juga menawarkan fitur-fitur yang kuat dan menarik, mudah digunakan dan juga ditujukan untuk mereka yang memerlukan situs web bisnis, profesional atau penggunaan pribadi.

Kelebihan Weebly yaitu fleksibilitas desain yang tinggi serta dilengkapi dengan pilihan tema. Namun, masih ada saja kekurangannya yaitu bantuan selengkapnya yang tidak gratis dan tidak berfungsi di semua tempat/platform.

Zyro

Zyro merupakan layanan berbasis web komersial yang dilengkapi dengan hostingnya sendiri. Jadi anda harus mengunjungi situs dan mendaftar akun terlebih dahulu. Zyro memungkinkan pengguna untuk membangun dan meluncurkan situs dasar secepatnya dan sepenuhnya tanpa ribet.

Baca Juga :  Alasan Anda Harus Memiliki Website Toko Online

Meski pengemasannya tidak menggunakan fitur canggih, Zyro mempunya banyak daya tarik tersendiri untuk yang memiliki keinginan membangun kehadiran berupa toko online sedehana. website builder Zyro akan membuat pengguna tidak perlu mempunyai pengetahuan tentang coding atau desain.

Terdapat banyak sekali keunggulan platform ini salah satunya adalah performa situs yang bagus. Namun, lagi-lagi terdapat kekurangan nya yaitu penanganan domain yang relatif rumit serta masih sedikit buggy.

Shopify

Shopify adalah e-commerce website builder berbayar pembuatan toko online dengan fitur untuk  manajemen produk, inventaris harga, pembayaran, hingga shipping. Fitur-fitur ini membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan Shopify.

Shopify merupakan layanan yang bersifat hosted, oleh karena nya semua data yang dimiliki disimpan pada server milik Shopify. Oleh karena itu anda diharuskan membayar secara bulanan layanan dari Shopify. Platform ini menawarkan tiga paket dari yang paling murah yaitu Basic Shopify, Shopify, sampai Advanced Shopify. Di Shopify tersedia trial yang bisa untuk anda gunakan sehingga bisa menilai platform ini cocok atau tidak. Kelebihan Shopify antara lain pengalaman orientasi yang lancar & komprehensif, dilengkapi dengan alat pemasaran yang luar biasa, dan masih banyak lagi. Sedangkan, kekurangan nya yaitu aplikasi pihak ketiga dapat merusak website anda serta Shopify payments terbatas untuk beberapa Negara.

Big Commerce

Big Commerce adalah platform e-commerce yang di-host sepenuhnya dan menawarkan integrasi tanpa batas dengan WordPress. Ini memungkinkan anda untuk menggunakan platform e-commerce yang dapat diukur seraya menggunakan WordPress untuk mengelola konten anda. 

Big Commerce mengalami perombakan signifikan tahun lalu dan memperkenalkan banyak fitur baru. Dan saat ini menguasai lebih dari 90.000 toko online, yang menunjukkan platform ini merupakan pesaing serius di dunia e-commerce. Beberapa pengguna utama Big Commerce termasuk Toyota, Martha Stewart, Original Moxie.

Keunggulan Big Commerce adalah fitur pemasaran yang bagus termasuk kemampuan menjual di platform pihak ketiga di luar kotak, tidak ada biaya transaksi, dan dukungan pemrosesan kartu kredit yang terjangkau. Kelemahan nya adalah tema yang dipilih lebih sedikit, sedikit juga aplikasi yang dapat dipilih saat berhubungan dengan integrasi pihak ketiga,  dan tidak ada aplikasi seluler.

Sekian pembahasan tentang rekomendasi website builder terbaik. Semoga bisa jadi refrensi untuk anda. Kunjungi website https://pklsmk.com untuk dapatkan informasi lainnya seputar teknologi, digital marketing dan smk. sampai jumpa di artikel berikutnya.

Related Article…