Ini Dia Jenis Domain Yang Perlu Kamu Tahu

Ini Dia Jenis Domain Yang Perlu Kamu Tahu – Domain umumnya sudah banyak diketahui dan penggunanya pun sudah banyak tersebar di seluruh dunia. Akan tetapi beberapa penggunanya memiliki ekstensi yang berbeda-beda.

Ini Dia Jenis Domain Yang Perlu Kamu TahuTerlebih lagi bagi Anda yang sering membuat website, domain menjadi aspek terpenting dalam pembuatan website. Alamat dari website dapat juga disebut sebagai nama domain.

Beberapa ekstensi domain ada yang cukup terkenal dan banyak digunakan misalnya seperti .com maupun .id. Ada pula beberapa ekstensi domain yang lainnya namun tidak cukup banyak digunakan. Jenis domain begitu banyak sehingga dapat dibedakan melalui fungsinya maupun penggunaannya.

DOMAIN PADA WEBSITE

Umumnya beberapa nama domain ada yang memerlukan syarat untuk pendaftaran dan ada yang tidak. Untuk nama domain yang memerlukan syarat pendaftaran yakni nama domain yang biasanya digunakan oleh instansi resmi.

Sementara untuk nama domain yang tidak digunakan instansi resmi biasanya tidak memerlukan syarat pendaftaran. Jadi nama domain tidak hanya dibedakan melalui fungsi dan pengunaannya saja, melainkan juga melalui syarat pendaftarannya maupun tidak.

Domain dapat dikatakan juga sebagai ekstensi yang menjadi akhir dari nama website misalnya seperti .com, .id yang diketikan untuk membuka website di kolom alamat browser. Nama domain ini menjadi alamat yang digunakan untuk membuat website tertentu.

Baca Juga :  Jalan Ninja Dapat Uang Dari Website

Nama domain yang dipilih ini akan menjadi menjadi identitas bagi server web. Tentunya nama domain ini akan sangat berguna bagi website Anda jadi website lebih mudah dibuka dan diakses tanpa harus mengetikan nomor IP yang panjang.

MACAM-MACAM DOMAIN DAN PENJELASANNYA

Berikut ini dia jenis domain yang perlu kamu tahu diantaranya yakni :

Top Level Domain

Ekstensi ini sangat populer di kalangan orang. Top level domain atau TLD meliputi .com, .net, .gov, .org, .club, .info, .agency, .biz.
Terlebih lagi .com ini memiliki penggunanya yang berkisar 46,5 % dari seluruh pengguna website yang ada di dunia. Alasan jenis domain ini populer dikarenakan mudah diingat.

Generic Top Level Domain

GTLD ini menjadi nama domain yang sering digunakan di penjuru dunia dikarenakan tidak memerlukan syarat pendaftaran serta dapat digunakan untuk pribadi dan dapat digunakan untuk nama domain website fasilitas umum. Umumnya jenis domain ini tidak menggunakan kode negara.

Country Code Top Level Domain

Umumnya pengguna jenis domain ini yakni industri yang membuat situs khusus untuk negaranya. Jenis domain ini berdasarkan kode negara internasional hanya menggunakan dua huruf saja diantaranya yakni .jp untuk jepang dan .us untuk United States.

Baca Juga :  Rekomendasi Website Builder Terbaik

Second Level Domain

Second level domain ini dapat disesuaikan sesuai keinginan pendaftar. Misalnya saja seperti .gov.uk untuk institusi pemerintah inggris.

Third Level Domain

Jenis domain ini hanya digunakan pada keperluan tertentu saja. Jenis domain ini dapat juga disebut sebagai subdomain karena digunakan untuk kepentingan bisnis dalam perusahaan dan untuk membuat sub informasi yang terlepas dari domain utama.

ARTI DOMAIN NEGARA

Top level domain terdiri dari 2 bagian yang salah satunya yakni Country Code Top Level Domain. ccTLD ini memuat kode negara tertentu. ccTLD ini menunjukan hubungan antara situs-situs yang berkaitan dengan negara tertentu.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, alamat internet merupakan domain sementara untuk akhiran domain dinamakan ekstensi lalu ekstensi ini dinamakan top level domain atau domain teratas.

ccTLD ini dikelola oleh 2 lembaga yang berwenang diantaranya yakni ICANN atau Internet Coporation for Assigned Names and Numbers dan NIC atau Network Information Center.

Demikian artikel mengenai ini dia jenis domain yang perlu kamu tahu semoga dapat menambah ilmu pengetahuan Anda. Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk informasi yang lebih menarik. Sekian dan terimakasih.

Related Article…