Belajar Website

Belajar Website – Website sebenarnya udah ada sejak lama dan terus berkembang hingga saat ini. nah untuk membantu kamu supaya bisa belajar website dengan lebih baik, maka pembahasan yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu. Berikut ulasannya. 

Sejarah Website

Dalam sejarahnya website ditemukan pertama kali oleh Tim Berners-Lee. Ilmuwan komputer asal Inggris itu bekerja di European Organization for Nuclear Research (CERN) di Jenewa, Swiss sebagai insinyur software (perangkat lunak).

ilmuan ini memberanikan diri untuk mengembangkan web dengan konsep hiperteks (HyperText) karena untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat nya bekerja, selain itu juga untuk kebutuhannya untuk menyimpan berkas-berkas pribadinya.

Awal mula munculnya website adalah sebagai media atau alat komunikasi otomatis untuk berbagi informasi antar ilmuwan di berbagai belahan dunia. Pada Oktober 1990, Berners menulis tiga teknologi dasar web, antara lain :

  1. HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa format buat web.
  2. URI (Uniform Resource Identifier) adalah sebutan untuk alamat yang memiliki keunikan tertentu. Fungsinya yaitu untuk mengidentifikasi ke setiap sumber daya yang ada di web. Kini lebih sering disebut dengan  URL.
  3. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) berfungsi untuk memungkinkan kalian mengambil kembali sumber daya yang terhubung dari seluruh web.

Berners juga menulis halaman web editor/browser pertama (“WorldWideWeb.app”) dan server web pertama (“httpd”). Pada akhir tahun 1990, halaman web pertama akhirnya disediakan di internet secara terbuka dan dibuka untuk publik pada tanggal 6 Agustus 1991. Dari tahun ke tahun Tim terus mengembangkan desain web, dan memastikan koordinasi umpan balik dari pengguna di internet.

Pengertian Website

Website sendiri bisa diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan bermacam – macam informasi . informasi ini bisa berupa teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis.

Website dibangun dengan membentuk satu rangkaian yang berkaitan satu sama lain dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Definisi website secara umum adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs yang terangkum di dalam sebuah domain atau subdomain, yang berada di dalam WWW (World Wide Web) Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang penulisannya menggunakan format HyperText Markup Language (HTML).

Baca Juga :  Ketahui Apa Itu Website

Unsur-Unsur Penting Dalam Membuat Website

Belajar Website

Belajar Website

Untuk membangun sebuah website, perlu  berbagai unsur-unsur berikut :

Bahasa Program (Scripts Program)

Bahasa Program merupakan bahasa yang dipakai guna menerjemahkan segala perintah dari website saat diakses. Terdapat banyak jenis dari bahasa program ini. Jenis bahasa pemrograman yang dipakai sangat berpengaruh terhadap statis, dinamis, dan interaktifnya suatu website. Semakin banyak bahasa pemrograman yang digunakan pada website, akan semakin dinamis dan interaktif website tersebut. 

Jenis-jenis bahasa pemrograman website diantaranya, HTML, PHP, ASP, JSP, JavaScript, dan lain lain. HTML merupakan bahasa pemrograman dasar pada setiap website, sedangkan PHP, ASP, JSP, dan lainnya adalah bahasa pendukung yang digunakan untuk mengatur kedinamisan serta keinteraktifan sebuah situs website. 

Domain/ URL

Domain atau URL merupakan alamat sebuah website di internet. Nama domain bersifat unik, karena tidak boleh ada nama domain yang sama. Nama domain inilah yang membuat sebuah website dapat ditemukan di internet. 

Nama domain bisa dibeli di internet, biasanya dengan sistem sewa tahunan. Tetapi, saat ini ada juga yang menyewakan nama domain bulanan. Di belakang nama domain terdapat ekstensi atau akhiran yang menunjukkan lokasi atau lembaga pemilik website tersebut. Contoh nama domain dengan ekstensi internasional diantaranya, .com, .net, .org, .info, .biz, .name, dan sebagainya.

Desain Website

Desain website sangat berpengaruh pada bagus atau tidaknya sebuah website, berdasarkan penilaian dari pengunjung website tersebut. Desain website inilah yang menjadi penentu pada kualitas dan keindahan sebuah website.

Untuk desain nya bisa dilakukan sendiri atau dengan cara membayar jasa website designer. Biaya untuk membayar jasa website designer adalah yang tertinggi dari semua biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah website karena kualitas sebuah website sangat ditentukan oleh kualitas dari seorang website designernya. Semakin banyak penguasaan seorang website designer tentang program pendukung pembuatan website, maka akan semakin bagus kualitas website tersebut.

Hosting

Hosting atau sering disebut juga dengan web hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data, file gambar, video dan lainnya yang ditampilkan pada sebuah website. Web hosting dapat diperoleh dengan cara menyewa. Jumlah besaran data yang disimpan dan ditampilkan di website, tergantung pada berapa besarnya web hosting yang disewa. Jika web hosting yang disewa besar, maka jumlah data yang bisa ditampilkan pada website pun besar.

Penentuan besaran hosting adalah pada ukuran ruangan harddisk. Untuk menggunakan web hosting perlu menyewa dari perusahaan-perusahaan penyewaan web hosting yang sudah banyak tersebar di Indonesia maupun di luar negeri. Untuk bisa menggunakan hosting kita bisa menyewa web hosting dalam jangka waktu per tahun. 

Baca Juga :  Follower dan Filter Instagram

Pemeliharaan Website

Agar sebuah website tidak ditinggal oleh pengunjung, maka diperlukan pemeliharaan setiap saat. Misalnya dengan cara menambahkan berbagai konten atau informasi baru, atau bisa juga dengan memperbaharui tampilan website agar pengunjung tidak bosan. Website yang sering diperbaharui konten dan tampilannya biasanya akan menarik lebih banyak pengunjung baru, dan dapat membuat pengunjung lama untuk kembali mengunjungi website tersebut.

Program Transfer Data Ke Pusat Data

Jika desain website sudah siap, maka website designer per menyiapkan berbagai file pendukung lain seperti teks, gambar, suara, dan lainnya. Dengan menggunakan perangkat lunak pencarian/penjelajah atau browser, pengguna bisa melihat tampilan website secara utuh. Namun hanya secara offline pada komputer yang dipakai seorang  website designer untuk mengerjakan desain website tersebut.

Agar website bisa diakses dari seluruh penjuru dunia perlu disimpan pada sebuah web hosting. Setelah memesan sebuah web hosting, file-file pendukung website tersebut akan dikirim ke pusat data web hosting dengan mengakses FTP (File Transfer Protocol). FTP dapat digunakan dengan sebuah program FTP, seperti WS_FTP, Smart FTP, Cuteftp, dan lain-lain. Program-program FTP ini banyak ditemui di internet dan dapat digunakan dengan cara menyewa maupun gratis.

Publikasi Website

Sebuah website tidak akan ada artinya jika tidak ada pengunjung. Oleh karena itu, setelah website selesai dibuat, diperlukan promosi untuk website tersebut agar website lebih dikenal dan banyak dikunjungi. Promosi untuk publikasi website bisa dilakukan secara online maupun offline. Misalnya dengan cara membuat pamflet, selebaran, ataupun kartu nama.

Namun, promosi secara offline ini dirasa kurang efektif. Untuk lebih efisiennya, promosi website bisa dilakukan secara online. Biasanya dengan cara mempublikasikan langsung di internet melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, MSN, Bing dan sebagainya.

Publikasi pada mesin pencari bisa gratis maupun berbayar. Tentu saja dengan menggunakan versi berbayar, akan lebih mempercepat masuk ke mesin pencari dan lebih cepat juga untuk dapat ditemukan oleh calon pengunjung dibandingkan dengan publikasi secara gratis.

Cara Membuat Website yang Menarik

  1. Pilih platform Website Builder
  2. Pilih nama domain dan penyedia hosting.
  3. Install dan setting WordPress.
  4. Pilih template agar website terlihat profesional.
  5. Kostumisasi template yang kalian pilih.
  6. Install beberapa plugin.
  7. Dikemas menjadi mobile friendly.

 

Related Article…